fbpx

Pseudoephedrine Sulphate

Sep 28, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf P | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Flu merupakan salah satu penyakit akibat virus yang memang tergolong sepele. Hanya saja, jika dibiarkan flu bisa menjadi penghambat dalam setiap aktivitas. Salah satu obat yang biasanya dipakai saat sedang mengalami flu adalah Pseudoephedrine Sulphate. Perlu Anda ketahui lebih dulu, flu ini bisa ditandai dengan gejala seperti hidung tersumbat, batuk atau bahkan juga pusing.

Tak jarang, orang juga menyebut flu ini dengan pilek. Terlebih flu juga sering berimbas pada beberapa masalah pernafasan. Sehingga, apabila dibiarkan dan tidak segera diobati malah bisa berbahaya untuk kondisi tubuh Anda. Maka dari itu, jika sudah mengalami gejala dari flu alangkah baiknya jika langsung diobati agar tidak menjadi semakin parah.

Informasi

Pseudoephedrine Sulphate memang menjadi obat yang biasa dipakai untuk mengatasi flu ini. Namun, tak jarang masih ada beberapa orang yang belum tahu mengenai obat ini. Bagi Anda yang belum tahu, Pseudoephedrine sendiri adalah obat yang biasa dikonsumsi untuk mengatasi gejala hidung tersumbat pada kasus flu atau pilek dengan cepat.

Tak hanya untuk flu saja, tapi obat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pernapasan lainnya. Anda bisa menemukan obat ini sebagai kandungan tunggal atau juga kandungannya dikombinasikan dengan obat lain sebagai sarana penyembuhan yang maksimal. Belum lagi, Pseudoephedrine juga merupakan obat yang masuk ke dalam golongan dekongestan.

Golongan dekongestan sendiri adalah obat yang cara kerjanya sama dengan cara meredakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di dalam hidung. Jadi nantinya, saluran pernafasan Anda pun akan lebih terbuka dan nafas bisa menjadi lebih lega. Maka tak heran, Pseudoephedrine Sulphate memang sangat ampuh untuk mengatasi flu dengan sangat baik.

Obat ini pun juga masuk ke dalam kategori obat resep dokter. Selain itu, Anda bisa menjumpai obat ini dalam bentuk tablet atau juga sirup yang siap diminum. Pseudoephedrine juga dapat digunakan untuk anak-anak mulai dari usia empat tahun ke atas dan orang dewasa. Hanya saja, tetap dalam pemakaiannya harus sesuai dosis yang telah dianjurkan.

Dosis

Karena Pseudoephedrine Sulphate merupakan obat yang harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter, maka dalam pemakaiannya pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda pun juga wajib untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis dan usia Anda agar penyembuhan dapat berjalan maksimal. Berikut ini adalah dosis pemakaiannya :

Dewasa

  1. Dosis awal pemakaian : 30–60 mg, setiap empat sampai enam jam sekali
  2. Dosis maksimal pemakaian : 240 mg per hari

Anak-anak Usia 12 Tahun ke Atas

  1. Dosis awal pemakaian : 30–60 mg, setiap empat sampai enam jam sekali
  2. Dosis maksimal pemakaian : 240 mg per hari

Anak-anak Usia 6-12 Tahun

  1. Dosis awal pemakaian : 30 mg, setiap empat sampai enam jam sekali
  2. Dosis maksimal pemakaian : 120 mg per hari

Anak-anak Usia 4–5 Tahun

  1. Dosis awal pemakaian : 15 mg, setiap empat sampai enam jam sekali
  2. Dosis maksimal pemakaian : 60 mg per hari

Kontradiksi

Dalam pemakaiannya, Pseudoephedrine Sulphate juga memiliki beberapa kontradiksi apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat lain. Beberapa kontradiksi tersebut adalah seperti :

  • Peningkatan risiko kirisis hipertensi dan efek samping yang fatal bila digunakan bersamaan dengan obat seperti ixocarboxazid atau seleginil.
  • Peningkatan risiko mengalami hipertensi, bila dikonsumsi bersama obat dihydroergotamine, ergotamine, ergonovine, amitriptilin atau juga doxepin.
  • Penurunan efek dari obat-obatan penurun tekanan darah.

Kemudian yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi Pseudoephedrine Sulphate adalah beberapa kelompok orang yang memiliki risiko lebih. Bagi Anda yang memiliki riwayat alergi terhadap obat kategori dekongestan. Selain itu, bagi ibu hamil dan menyusui harap melakukan konsultasi terhadap dokter apabila hendak mengonsumsi obat ini.

Efek Samping

Kemudian perlu Anda ketahui, Pseudoephedrine Sulphate juga berpotensi menyebabkan beberapa efek samping ketika Anda konsumsi. Beberapa efek samping yang nantinya bisa timbul ini antara lain :

  • Mual dan muntah
  • Rasa lelah
  • Lemas
  • Sakit kepala
  • Mual

Selanjutnya, segera hubungi dokter bilamana efek samping yang Anda rasakan tersebut tidak kunjung reda atau semakin bertambah parah. Pasalnya, jika tidak segera ditangani hal ini akan menyebabkan beberapa masalah seperti alergi dan gejala lain seperti diantaranya :

  • Mudah gelisah
  • Pusing yang berkepanjangan
  • Sulit tidur atau insomnia
  • Detak jantung terasa cepat dan tidak teratur
  • Nyeri dada
  • Sulit bernafas
  • Diare disertai darah
  • Halusinasi
  • Kesemutan pada tangan dan kaki
  • Kesulitan untuk buang air kecil
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Pingsan

Cara Konsumsi

Pastikan Anda mengikuti anjuran dokter dan membaca petunjuk yang sudah tertera pada kemasan obat ini sebelum mengonsumsinya. Konsumsilah sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Apabila ingin mengurangi atau menambah dosis konsumsi, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Lalu, Pseudoephedrine Sulphate juga dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Perlu Anda perhatikan, selama mengonsumsi obat ini ada baiknya jika Anda menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi karena dapat meningkatkan risiko munculnya efek samping dari obat

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis