fbpx
BerandadirektoriPenyakitProsedur dan Cara Membaca Tes Laju Endap Darah Tinggi

Dalam dunia medis ada beberapa jenis tes yang biasa dilakukan untuk memeriksa kondisi tubuh seseorang. Salah satunya adalah tes laju endap darah atau LED. Jenis tes ini dilakukan dengan mengukur kecepatan eritrosit atau sel darah merah untuk menggumpal. Laju endap darah tinggi bisa menjadi indikasi bahwa sedang ada penyakit dalam tubuh yang memicu peradangan atau kerusakan sel tubuh.

Laju_Endap_Darah_Tinggi

Pada dasarnya hasil LED yang tinggi tidak selalu menunjukkan bahwa pasien menderita masalah medis tertentu. Namun, nilai LED yang tinggi ini akan menjadi acuan bagi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan ini nantinya akan digunakan sebagai alat untuk membuat diagnosis yang pasti.

Potensi Laju Endap Darah Tinggi

Tidak semua orang membutuhkan pemeriksaan LED ini. Dokter biasanya akan merekomendasikan pemeriksaan LED untuk orang-orang tertentu. Berikut adalah beberapa jenis kasus yang biasanya membutuhkan pemeriksaan LED karena diduga memiliki nilai LED yang tinggi:

  • Pasien demam
  • Penderita nyeri sendi yang biasanya berlangsung setiap pagi paling tidak selama 30 menit
  • Pasien dengan nyeri di bagian bahu, leher, dan panggul
  • Orang dengan kondisi kehilangan nafsu makan
  • Orang yang mengalami sakit kepala serta nyeri bahu
  • Pasien dengan kondisi penurunan berat badan yang drastis
  • Penderita gangguan pencernaan seperti BAB berdarah, nyeri perut, dan diare

Kelompok orang-orang ini biasanya akan langsung diminta untuk melakukan pemeriksaan laju endap darah oleh dokter. Jika nilai laju endap darah tinggi maka dokter bisa memberikan rekomendasi tes lanjutan untuk menentukan diagnosis pasti dari penyakit yang diderita. Diagnosisnya bisa bervariasi mulai dari infeksi, inflamasi, kanker, hingga autoimun.

Prosedur Uji Laju Endap Darah Tinggi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dalam proses penilaian LED tinggi atau tidak, dibutuhkan prosedur tes yang tepat. Tes LED ini bisa dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan mulai dari klinik, laboratorium, juga rumah sakit. Berikut adalah prosedur yang akan dilakukan:

  1. Pemeriksaan Kondisi Umum

Pertama, petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan kondisi umum pasien terlebih dahulu. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh pasien secara keseluruhan. Anda bisa mengungkapkan kepada petugas kesehatan apabila mengalami kondisi tertentu seperti hamil dan menstruasi. Ceritakan juga kepada petugas apabila Anda mengonsumsi obat, suplemen, maupun produk herbal khusus.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Pengambilan Sampel Darah

Tahap berikutnya adalah pengambilan sampel darah. Petugas medis akan melakukan pengambilan sampel, dimulai dengan pembersihan lengan memakai antiseptik. Selanjutnya darah akan diambil menggunakan jarum steril. Biasanya lokasi pengambilan darah adalah di bagian siku dalam. Pastikan untuk tetap rileks selama proses pengambilan sampel tersebut.

Proses pengambilan sampel ini mungkin akan terasa sedikit sakit. Beberapa orang akan merasakan nyeri setelah proses pengambilan sampel dilakukan. Selain nyeri, mungkin juga akan muncul sensasi panas atau terbakar pada area kulit yang disuntik. Namun nyeri serta rasa terbakar ini merupakan efek yang biasa dirasakan dan akan hilang dengan sendirinya.

  1. Uji Pengendapan

Selanjutnya darah akan dipindahkan ke tabung reaksi dan disimpan di laboratorium. Sampel darah akan didiamkan selama 1 jam untuk melihat seperti apa kecepatan sel darah merah atau eritrosit mengendap ke dasar tabung. Kecepatan endap ini akan dihitung dengan satuan mm/jam.

Penentuan Laju Endap Darah Tinggi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Prosedur pengambilan sampel dan proses uji laju endap darah ini memang tergolong sederhana. Prosesnya juga tergolong cepat dan tidak membutuhkan peralatan canggih. Jika sudah didapatkan hasilnya maka bisa langsung dilihat apakah hasil tersebut masuk kategori LED tinggi atau tidak. Berikut adalah hasil uji LED yang dianggap normal:

  • Anak-anak: 0-10 mm/jam
  • Wanita <50 tahun: 0-20 mm/jam
  • Wanita >50 tahun: 0-30 mm/jam
  • Pria < 50 tahun: 0-15 mm/jam
  • Pria > 50 tahun: 0-20 mm/jam

Dari data ini bisa langsung dibandingkan dan ditarik kesimpulan apakah nilai LED tergolong tinggi atau tidak. Jika sel darah cepat mengendap maka dinyatakan bahwa LED tinggi. Orang yang nilai LED-nya tinggi terindikasi mengalami penyakit dalam tubuh yang terjadi akibat adanya inflamasi serta kerusakan sel.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Meskipun begitu, hasil tes ini juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Bukan hanya dipengaruhi oleh adanya kemungkinan inflamasi semata. Hasil tes bisa dipengaruhi oleh usia pasien, jenis kelamin, serta riwayat kesehatan di masa lampau. Selain itu, obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien juga bisa mempengaruhi hasil akhir pengujian LED tersebut.

Jika hasil LED tinggi, belum bisa dipastikan pasien menderita penyakit tertentu. Dokter akan menggunakan hasil tes ini sebagai acuan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Tentunya langkah ini dilakukan agar bisa diketahui secara pasti jenis penyakit apa yang sedang diderita oleh pasien tersebut. 

Laju endap darah tinggi bisa saja menjadi sebuah indikasi penyakit tertentu. Pastikan untuk mendapatkan rekomendasi dokter terlebih dahulu jika ingin menjalani pemeriksaan ini. Tidak semua orang membutuhkan pemeriksaan LED sehingga akan jauh lebih baik jika dikonsultasikan dulu.

Dokter Lifepack, dr. Irma Lidia, menambahkan “tes ini tidak spesifik, dan hanya menandakan ada tidaknya inflamasi pada tubuh, sehingga sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk hasilnya, untuk dipertimbangkan dengan gejala sakit pasien, lab lanjutan juga mungkin dibutuhkan.”

Jaminan Lifepack untuk Anda

Salah satu obat hipertensi yang dapat Anda beli di Lifepack adalah Lodoz 2.5MG/6.25MG 30 Tablet (Rp 255.000). Obat ini dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan laju kerja jantung. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman