fbpx
BerandadirektoriObatObat Darah Tinggi Generik yang Umum Diresepkan Dokter

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu kondisi yang wajib untuk diwaspadai. Tingginya tekanan darah ternyata bisa sangat berbahaya karena dapat memicu berbagai jenis komplikasi. Oleh sebab itu dokter biasanya akan meresepkan obat darah tinggi generik untuk membantu mengontrolnya. Jika tekanan darah terkontrol maka berbagai risiko komplikasi bisa diminimalkan.

Obat_Darah_Tinggi_Generik

Konsumsi obat memang menjadi salah satu langkah terbaik untuk mengendalikan hipertensi. Terutama bagi pasien yang telah lama menderita hipertensi. Agar tekanan darah tidak melonjak tajam dan menyebabkan berbagai dampak negatif bagi tubuh maka dibutuhkan konsumsi obat yang tepat.

Obat Darah Tinggi Generik yang Biasa Diresepkan

Konsumsi obat untuk mengatasi darah tinggi tentu harus dikonsultasikan oleh dokter terlebih dahulu. Pasien yang mengalami hipertensi sebaiknya menerima rekomendasi obat-obatan apa saja yang dapat dikonsumsi dari dokter terpercaya. Berikut ini adalah beberapa jenis obat hipertensi yang sangat umum diresepkan oleh dokter:

  1. Captopril

Pertama ada obat Captopril yang hadir dalam bentuk tablet. Obat ini masuk ke golongan ACE inhibitor yang akan bekerja menghambat enzim yang bertugas memproduksi hormon angiotensin II. Hormon ini diketahui akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

  1. Fosinopril

Obat Fosinopril juga memiliki cara kerja yang sama dengan Captopril. Obat ini memang masuk ke golongan yang sama dengan Captopril yaitu kelompok ACE inhibitor. Berupa tablet, jenis obat ini diketahui dapat efektif menurunkan tekanan darah jadi lebih stabil.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Clonidine

Berikutnya ada Clonidine yang merupakan obat golongan alpha-2 receptor agonist. Obat ini bisa didapatkan dalam bentuk tablet minum dan injeksi. Obat-obatan yang masuk ke kelompok ini bekerja dengan cara menekan aktivitas jaringan yang tugasnya memproduksi hormon adrenalin. Jika hormon adrenalin turun maka tekanan darah juga ikut menurun. 

  1. Diltiazem

Selanjutnya ada kelompok obat calcium channel blocker atau antagonis kalsium. Jenis obat ini akan bekerja dengan menghambat kalsium masuk ke otot jantung. Dengan begitu maka pembuluh jantung akan melebar dan denyut jantung sedikit melambat. Kondisi ini akan membuat tekanan darah menurun hingga kembali stabil.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Candesartan

Dokter juga sering meresepkan Candesartan seperti Candesartan Dexa 16 mg – 30 tablet (Rp 280.400) pada pasien penderita hipertensi. Ini merupakan jenis obat yang masuk ke dalam golongan angiotensin II receptor blocker atau ARB. Obat ini akan menghambat proses pengikatan angiotensin II. Dengan begitu pembuluh darah akan melebar dan tekanan darah jadi lebih stabil lagi. 

Aturan Konsumsi Obat Darah Tinggi Generik

Perlu diketahui bahwa obat darah tinggi generik memang bisa bekerja efektif untuk mengatasi hipertensi. Hanya saja konsumsi obat ini juga tetap tidak bisa dilakukan asal-asalan. Berikut adalah beberapa aturan yang perlu dipahami terkait konsumsi obat-obatan penurun tekanan darah:

  • Komunikasikan dengan dokter jika memiliki riwayat alergi terhadap jenis obat tertentu.
  • Pemberian obat harus dilakukan dengan melihat riwayat kondisi tubuh atau riwayat penyakit yang pernah diderita.
  • Proses pengobatan ini harus disertai dengan kontrol rutin untuk memeriksa kondisi tekanan darah.
  • Konsultasikan pada dokter jika ingin mengonsumsi obat lain atau suplemen bersamaan dengan obat hipertensi yang diresepkan.
  • Konsumsi obat pada orang dengan kondisi tertentu seperti ibu hamil dan menyusui harus dikonsultasikan.
  • Semua bentuk efek samping yang berlebihan seperti alergi atau overdosis harus segera dikonsultasikan pada dokter agar bisa mendapat pertolongan terbaik.

Pada intinya, konsumsi obat hipertensi ini harus sesuai dengan arahan dokter. Dokter juga harus melakukan pemeriksaan secara berkala sehingga bisa diketahui apakah memang konsumsi obat tersebut memberikan efek atau tidak. Jika memang memberi efek penurunan dan tidak ada reaksi alergi, maka obat bisa terus dikonsumsi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek Samping Konsumsi Obat Darah Tinggi Generik

Setiap jenis obat tentu bisa mendatangkan efek samping yang berbeda-beda. Efek samping yang muncul setiap kali mengonsumsi obat sebaiknya benar-benar diwaspadai agar tidak berkembang parah. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah konsumsi obat darah tinggi :

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Pusing
  • Diare
  • Konstipasi
  • Lelah dan lemas
  • Mengantuk
  • Disfungsi ereksi
  • Penurunan atau peningkatan berat badan
  • Ruam kulit
  • Mual dan muntah
  • Hipotensi

Pada dasarnya efek samping memang wajar terjadi setelah konsumsi obat. Biasanya efek samping tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun Anda perlu menemui dokter apabila ditemukan efek samping yang bertahan lama dan justru berkembang semakin parah. 

Pasien yang mengonsumsi obat juga harus waspada dengan risiko hipersensitivitas. Jika muncul tanda-tanda alergi obat maka sebaiknya konsumsi obat segera dihentikan. Setelah itu catat baik-baik jenis obat apa yang membuat alergi agar tidak perlu diresepkan kembali. 

Obat darah tinggi generik memang beragam jenisnya namun pada dasarnya memiliki tujuan yang sama. Jangan lupa lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mendapatkan obat. Konsumsi obat tidak boleh sembarangan dan harus diimbangi dengan gaya hidup sehat, istirahat cukup, serta kelola stres agar tekanan darah selalu stabil.

Dokter Lifepack, dr. Irma Lidia, menambahkan “minumlah obat hipertensi dengan rutin dan teratur sesuai resep dokter dan  kontrol secara teratur untuk menghindari komplikasi penyakit.”

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Obat Ketoprofen: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   15/11/2021

Suplemen Asthin Force: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   15/11/2021

Obat Cedocard: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Penyakit Cacar Ular: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

direktoriObat   11/11/2021

Obat Papaverin: Dosis, Manfaat Dan Efek Samping

direktoriObat   11/11/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman