fbpx
BerandadirektoriPenyakitKomplikasi yang Sering Terjadi akibat Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau kondisi tekanan darah tinggi bisa membahayakan kesehatan Anda. Hal ini bisa memicu terjadinya beragam jenis gangguan kesehatan lainnya yang dapat memberi dampak fatal. Sudah ada banyak kasus komplikasi yang terjadi akibat hipertensi. Apalagi jika kondisi hipertensi ini tidak terkontrol dengan baik dan tidak menerima penanganan yang tepat.

Tekanan_Darah_Tinggi

Dalam dunia medis, hipertensi memang menjadi salah satu kondisi yang wajib diwaspadai. Tak hanya menyerang orang tua, hipertensi dapat dialami oleh siapa saja. Pemeriksaan tekanan darah secara rutin sangat dibutuhkan untuk mendeteksi kondisi ini sedini mungkin agar bisa mendapat penanganan terbaik.

Komplikasi Tekanan Darah Tinggi

Kondisi hipertensi memang sangat mudah memicu terjadinya komplikasi. Ada banyak jenis kejadian komplikasi yang disebabkan oleh tingginya tekanan darah dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis komplikasi yang bisa muncul akibat hipertensi dan harus Anda waspadai.

  1. Serangan Jantung

Salah satu komplikasi paling berat yang bisa terjadi akibat lonjakan tekanan darah adalah meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Saat tekanan darah meningkat maka pembuluh darah arteri akan mengeras dan menebal.

Dokter Lifepack, dr. Irma Lidia, mengatakan “Penyebab sumbatan paling sering adalah aterosklerosis alias penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. ini terjadi ketika kolesterol dan zat lain yang disebut plak terakumulasi di dalam dinding arteri dan menghalangi aliran darah.”

Jaminan Lifepack untuk Anda

“Seiring dengan waktu, plak membuat dinding arteri mengeras dan menyempit sehingga aliran darah terhambat. Plak juga bisa pecah dan menyebabkan gumpalan darah yang menyumbat arteri,” tambah dr. Irma.

Kondisi ini pun akan berpengaruh pada kerja jantung dalam memompa darah. Penebalan dan pengerasan arteri ini bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Parahnya lagi serangan jantung bisa berdampak pada hal-hal buruk lainnya. Kondisi ini bisa memicu stroke dan bahkan bisa membuat seseorang kehilangan nyawa. Itulah mengapa kondisi tekanan darah yang begitu tinggi harus segera ditangani dengan sebaik mungkin.

  1. Gagal Jantung

Tekanan darah memang berhubungan langsung dengan kerja jantung. Saat tekanan darah tidak normal yaitu terlalu tinggi maka kerja jantung pun juga akan terpengaruh. Selain serangan jantung, ternyata tingginya tekanan darah juga bisa menyebabkan gagal jantung. Hal ini sama buruknya dengan serangan jantung dan bisa menyebabkan kematian.

Gagal jantung terjadi akibat jantung harus bekerja lebih keras dalam melawan tekanan yang begitu tinggi. Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan dinding di ruang pompa jantung menjadi lebih tebal. Otot yang menebal kemudian sulit untuk memompa darah dan tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh. 

  1. Kerusakan Mata

Tekanan darah yang terlalu tinggi ternyata juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ mata. Kondisi ini terjadi karena tingginya tekanan darah pada pembuluh kecil yang memasok darah menuju mata. Pembuluh darah bisa pecah akibat tekanan yang begitu besar. Hal ini akan memicu terjadinya kerusakan retina, penumpukan cairan di bagian bawah retina, bahkan bisa menyebabkan saraf mata rusak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Demensia

Hipertensi ternyata bisa pula menyebabkan demensia atau kerusakan memori pada manusia. Ketika tekanan darah meningkat maka akan terjadi penyempitan arteri bahkan bisa saja tersumbat. Hal ini akan menjadi halangan aliran darah menuju otak.

Otak manusia padahal membutuhkan nutrisi agar bisa bekerja secara optimal. Jika otak tidak mendapatkan cukup pasokan darah maka kemampuannya bisa menurun. Gangguan daya ingat pada penderita hipertensi sudah sangat sering terjadi dan bisa berakibat fatal seperti demensia.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mencegah Komplikasi Tekanan Darah Tinggi

Tentunya semua jenis komplikasi akibat hipertensi ini akan merugikan diri sendiri. Kondisi kesehatan tubuh jelas akan terganggu secara menyeluruh jika hipertensi tidak dikontrol dengan baik. Oleh sebab itu, kontrol yang tepat pada pasien penderita hipertensi sangatlah dibutuhkan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah komplikasi hipertensi.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan memiliki pengaruh besar pada tekanan darah Anda. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur, buah, juga susu yang rendah lemak. Hindari alkohol juga rokok demi kesehatan. Ini sangat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh Anda.

  1. Lakukan Olahraga Rutin

Tetaplah berolahraga secara rutin untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari komplikasi akibat hipertensi. Jenis olahraga yang direkomendasikan bagi penderita hipertensi adalah bersepeda, berenang, juga jalan santai.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Kontrol Tekanan Darah

Jangan lupa untuk selalu rutin mengontrol tekanan darah. Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara berkala untuk mengetahui apakah tekanan darah Anda dalam angka normal atau tidak. Jika mulai tinggi maka bisa segera dilakukan upaya untuk mengatasinya.

  1. Kelola Stres

Cobalah sebaik mungkin mengelola stres karena ternyata pikiran juga berpengaruh pada tekanan darah. Jika Anda terlalu stres dan pikirannya tertekan maka risiko komplikasi bisa jadi semakin besar. Jadi usahakan untuk selalu tenang dan jangan terlalu pusing memikirkan masalah yang Anda hadapi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Konsumsi Obat Tekanan Darah Tinggi

Jika memang dokter meresepkan obat, maka konsumsi obat tersebut secara rutin sesuai aturan. Konsumsi obat hipertensi tentu saja akan sangat efektif untuk membantu tekanan darah Anda kembali stabil. Langkah ini jelas akan membantu Anda terhindar dari berbagai jenis komplikasi akibat hipertensi.

Tekanan darah tinggi memang menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Tentunya kondisi ini bisa berkembang parah jika tidak dikontrol dengan cara yang tepat. Konsultasikan kepada dokter agar Anda bisa menerima perlakuan atau tindakan terbaik demi membuat tekanan darah tetap normal. Salah satu obat yang dapat membantu mengatasi hipertensi adalah Ramipril Novell 10MG 30 Tablet – Obat Antihipertensi (Rp 48.000).

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman