fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Placenta extract atau ekstrak plasenta adalah obat yang digunakan untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan kulit, yang disebabkan karena kekurangan placenta, luka bakar, bekas sayatan operasi, meregenerasi kulit agar tidak mudah keriput, sindrom menopause, penyakit hati kronis, kronis luka kulit-non penyembuhan dan kondisi lainnya seputar kulit (Baca juga Ekstrak Belladonna). 

Informasi

Placenta extract bekerja dengan cara membantu mempercepat pembentukan jaringan yang baru pada kulit, agar kulit dapat kembali seperti sedia kala. Beberapa merek dagang obat mencampur bahan placenta extract dengan bahan lain sebagai obat kulit yang tentu sesuai dengan kadar yang telah diteliti sebelumnya.

Obat ini dipakai atas anjuran dari dokter mengingat efek samping yang ditimbulkan. Harus melalui pantauan dokter apabila memiliki riwayat alergi pada kandungan atau obat tertentu. Beberapa merek dagang seperti Bioplacenton dan Plasenta memiliki kandungan plasenta dari domba. Untuk itu selama placenta tersebut berasal dari hewan yang aman untuk dikonsumsi sehingga aman untuk digunakan pada penderita. 

Placenta extract adalah obat yang harus disimpan pada suhu temperatur ruangan, jauh dari panas dan cahaya langsung. Jangan melakukan pembekuan pada obat ini dan jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan membuang obat placenta extract ke toilet atau membuang ke pembuangan air kecuali diinstruksikan dokter atau apoteker seperti itu. Alasan dilarang membuang obat placenta extract ke dalam toilet atau saluran air karena dengan cara ini dapat mencemari lingkungan. 

placenta extract, ekstrak plasenta
Placenta extract atau ekstrak plasenta adalah obat yang digunakan untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan kulit.

Hati-hati dalam mengonsumsi obat placenta extract harus diperhatikan label tanggal kadaluarsa karena meskipun mengonsumsi satu dosis dari placenta extracts yang kadaluarsa tidak akan berefek mematikan, namun tetap menggunakan obat yang telah kadaluarsa sangat beresiko. Dalam hal ini harus selalu waspada dan selalu mengecek. 

Obat yang kadaluwarsa dapat menjadi tidak efektif dalam menangani kondisi penyakit yang diderita. Agar selalu berada di sisi yang aman, penting untuk tidak mengonsumsi obat yang kadaluwarsa. Karena ditakutkan memiliki penyakit kronis yang memerlukan konsumsi obat terus menerus seperti kondisi jantung, kejang, dan alergi yang mengancam nyawa. Untuk itu penting sekali untuk selalu waspada meskipun obat tersebut diberikan oleh petugas apoteker.

Dosis

Dosis penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk aturan dokter. Untuk salep yang mengandung ekstrak plasenta dapat dioleskan 4 sampai 7 kali atau sesuai kebutuhan kulit. Dosis setiap orang berbeda untuk itu ikuti petunjuk aturan dari dokter.

Kontraindikasi

Kontraindikasi ekstrak plasenta pada orang yang mempunyai hipersensitif pada obat ini. Untuk itu sebelum memberikan resep obat ini, dokter akan menggali riwayat penyakit yang pernah diderita oleh penderita. Jika dirasa aman, maka dokter akan memberikan resep obat placenta extract.

Interaksi dengan Obat Lain

Tidak disarankan menggunakan placenta extract disertai penggunaan obat lain. Agar hasil maksimal, harus menggunakan sesuai petunjuk aturan dokter. Interaksi dengan obat lain tanpa sepengetahuan dokter tentu dokter tidak dapat mengetahui efek sampingnya, namun yang ditakutkan justru obat tersebut bisa mengakibatkan keracunan jika dicampur dengan obat lain di luar sepengetahuan dokter atau apoteker.

Kelompok Orang Berisiko

Kelompok orang yang beresiko menggunakan obat placenta extract diantaranya yakni sebagai berikut.

  • Hipersensitif adalah orang yang memiliki hipersensitif. Hipersensitif adalah alergi atau
  • sensitif pada penggunaan obat tersebut. Hipersensitif banyak ditandai dan ciri setiap orang berbeda-beda. 
  • Ibu hamil dan menyusui, dokter akan memberikan resep jika memang dirasa dibutuhkan.  
  • Jangan mengonsumsi placenta extract melebihi dari dosis yang diresepkan dokter,
  • karena menggunakan obat ini dalam dosis banyak tidak akan mempercepat penyembuhan, namun ditakutkan justru terjadi keracunan. 
  • Jika terjadi overdosis segera menghubungi dokter agar dapat segera ditangani 
  • Jangan memberikan obat placenta extract pada orang lain meskipun dianggap memiliki riwayat yang sama, karena ditakutkan terjadi overdosis 

Efek Samping

Efek samping yang ditimbulkan setelah menggunakan placenta extract adalah sebagai berikut.

  • Beberapa obat yang dikonsumsi, maka akan lebih baik jika segera mengonsultasikan pada dokter jika terdapat tanda-tanda efek samping yang lebih serius.

Cara Konsumsi

Placenta extract adalah obat luar untuk penderita masalah pada kulit,untuk itu obat ini digunakan dengan cara dioleskan rutin pada bagian kulit yang sedang bermasalah. Gunakan sesuai petunjuk aturan dokter. Penggunaan obat di luar resep dokter tidak disarankan, karena obat ini didapatkan atas rekomendasi dosis yang telah disesuaikan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis