fbpx

Pheniramine Maleate

Nov 4, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf P | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Pheniramine Maleate merupakan salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi dan mengobati gejala alergi yang diakibatkan oleh makanan, obat-obatan, gigitan serangga, paparan debu atau bulu binatang serta serbuk sari. Jika anda mengalami gejala alergi yang disebabkan oleh beberapa faktor tersebut, anda bisa menggunakan obat ini untuk mengatasi dan menyembuhkannya (Baca juga Cara Mengatasi Alergi Dengan Cepat Namun Tetap Efektif).

Informasi

Pheniramine Maleate bekerja dengan cara menghambat kerja dari histamin yang merupakan senyawa di dalam tubuh sebagai pemicu terjadinya gejala alergi. Pada saat terjadi, produksi histamin di dalam tubuh akan meningkat secara berlebihan sehingga akan menyebabkan gejala dari reaksi alergi seperti mata berair, hidung tersumbat, pilek, bersin-bersin, gatal, ruam pada kulit, serta pembengkakan pada beberapa daerah tubuh misalnya wajah, bibir, lidah, dan kerongkongan. Anda bisa menemukan Pheniramine Maleate dalam merek dagang Brontusin, Ceteme, Chlorpheniramine, Cough-En Plus, Decolgen, Etaflusin, Kontrasmu, Molexflu, Nalgestan, Omecough, Samcodin, dan Zacoldine.

Dosis

Berikut ini dosis umum yang biasanya diberikan untuk penggunaan obat Pheniramine Maleate :

  1. Anak-anak usia 1 tahun hingga kurang dari 2 tahun sebanyak 1 mg diminum 2x sehari.
  2. Anak-anak usia 2 hingga 5 tahun sebanyak 1 mg, diminum setiap 4-6 jam dengan batas maksimal dosis per hari adalah 6 mg.
  3. Sedangkan anak-anak usia 6 hingga 11 tahun sebanyak 2 mg, diminum setiap 4-6 jam dengan batas maksimal dosis per hari adalah 12 mg.
  4. Anak-anak usia diatas 12 tahun hingga dewasa sebanyak 4 mg, diminum setiap 4-6 jam dengan batas dosis per hari adalah 24 mg dan 12 mg bagi orang berusia diatas 65 tahun.

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada di dalam obat ini. Hipersensitivitas merupakan suatu kondisi dimana munculnya sebuah reaksi yang berlebihan karena terlalu lemah atau sensitifnya respon imun tubuh. Akibatnya akan terjadi kerusakan, ketidaknyamanan, dan dapat mengakibatkan kondisi yang sangat fatal bagi tubuh. Reaksi ini dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu hipersensitivitas tipe 1, hipersensitivitas tipe 2, hipersensitivitas tipe 3, dan hipersensitivitas tipe 4 semakin tinggi tingkat hipersensitivitas, maka dampak yang akan muncul semakin bertambah buruk. Oleh karena itu pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat-obatan lainnya untuk menghindari reaksi ini.

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan Pheniramine Maleate bersamaan dengan obat lain seperti obat pereda rasa nyeri tingkat sedang hingga berat (analgesik opioid) misalnya morfin, obat anti cemas misalnya clonazepam, antipsikosis misalnya haloperidol, obat antimuskarinik misalnya atropin dan antidepresan trisiklik misalnya amitriptyline harus dihindari. Hal ini dikarenakan mengonsumsi Pheniramine Maleate bersamaan dengan obat-obat tersebut akan meningkatkan efek dari Pheniramine Maleate. Hindari juga penggunaan obat ini bersama dengan phenytoin karena dapat mengurangi dan menghambat kinerja phenytoin.

Kelompok Orang Berisiko

Pengguna yang memiliki riwayat atau sedang mengalami kondisi medis seperti dibawah ini akan sangat beresiko jika mengonsumsi Pheniramine Maleate :

  • Pernah atau sedang menderita asma
  • Pernah atau sedang menderita emfisema
  • Sedang atau pernah menderita bronkitis kronis atau jenis penyakit paru-paru lainnya.
  • Pernah atau sedang menderita glaukoma
  • Pernah atau sedang menderita bisul, diabetes, kesulitan buang air kecil, pembesaran kelenjar prostat, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kejag, atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Selain itu, beritahukan kepada dokter jika anda sedang dalam kondisi hamil atau sedang menyusui dan berencana untuk hamil. Penggunaan Pheniramine Maleate untuk ibu hamil dan ibu menyusui harus digunakan dengan sangat hati-hati.

Efek Samping

Efek samping yang bisa muncul setelah penggunaan Pheniramine Maleate adalah sebagai berikut :

  • Sakit kepala
  • Mengantuk
  • Mual
  • Muntah
  • Tidak nafsu makan
  • Sembelit
  • Konstipasi
  • Mulut, hidung, dan tenggorokan kering
  • Penglihatan kabur
  • Sulit buang air kecil

Efek samping tersebut merupakan efek samping yang ringan dan dapat mereda jika tubuh sudah beradaptasi dengan efek obat. Namun jika muncul efek samping yang lebih parah, atau efek samping diatas tidak segera mereda maka hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter atau kunjungi penyedia layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Konsumsi

Cara mengonsumsi Pheniramine Maleate dengan benar adalah dengan mengikuti anjuran dari dokter atau petunjuk penggunaan yang ada di dalam kemasan sebelum mulai mengonsumsinya. Untuk Pheniramine Maleate dalam sediaan bentuk tablet dan sirup dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dan dibantu menggunakan air minum. Pastikan untuk selalu memberi jarak yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Segera hentikan penggunaan Pheniramine Maleate jika gejala alergi sudah mereda karena obat ini tidak digunakan untuk konsumsi jangka panjang.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis