fbpx

Phenazopyridine HCl

Nov 4, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf P | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Phenazopyridine HCl merupakan salah satu jenis obat yang biasanya digunakan untuk meredakan gejala yang disebabkan oleh adanya iritasi pada saluran kencing seperti nyeri dan panas saat buang air kecil, serta rasa yang mendesak untung buang air kecil secara berlebihan atau sering. Phenazopyridine HCl akan menghilangkan rasa sakit untuk menenangkan lapisan saluran kemih (Baca juga Mengenal Fungsi Obat Urotractin 400 MG 10 Kapsul).

Informasi

Meskipun Phenazopyridine HCl dapat secara efektif menghilangkan nyeri pada infeksi saluran kemih, namun obat ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu, umumnya obat ini hanya diresepkan bersama dengan antibiotik dan obat pereda nyeri untuk bisa mengobati secara menyeluruh infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan. Masalah yang terjadi pada saluran kemih biasanya akan muncul karena adanya infeksi yang terjadi saat pasca operasi, cedera, ataupun efek samping yang disebabkan oleh penggunaan kateter. Obat ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, apabila dikombinasikan dengan antibiotik maka hanya bisa digunakan maksimal selama 2 hari saja atau bisa saja lebih lama dari itu jika sudah diresepkan oleh dokter.

phenazopyridine hcl
Phenazopyridine HCl merupakan obat untuk meredakan gejala yang disebabkan iritasi saluran kencing seperti nyeri & panas saat buang air kecil.

Phenazopyridine HCl akan bekerja dengan cara memberikan efek analgesik topikal secara langsung pada lapisan mukosa saluran kemih. Akan tetapi, penggunaannya sangat dibatasi karena adanya efek toksisitasnya yang dapat menyebabkan kelainan darah dan potensi terjadinya karsinogenetisnya. Obat ini digunakan untuk mengatasi dan mengobati gejala yang diakibatkan dari adanya iritasi atau infeksi pada saluran kemih yang biasanya akan ditandai dengan adanya nyeri saat buang air kecil,  rasa panas yang membakar pada area kandung kemih, dan perasaan yang selalu ingin buang air kecil namun dalam jumlah urin yang sedikit dan disertai dengan rasa perih. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri pada uretritis dan radang prostat.

Dosis

Dosis yang biasanya diberikan secara umum untuk mengatasi nyeri dan iritasi yang terjadi pada infeksi saluran kemih, radang prostat, dan uretritis adalah sebagai berikut :

  1. Dewasa : Dalam bentuk Phenazopyridine HCl sebanyak 200 mg, dikonsumsi selama 3x dalam sehari. Jika dikombinasikan dengan antibiotik makan maksimal bisa dikonsumsi selama 2 hari dan jika menggunakan dosis yang lebih rendah maksimal bisa dikonsumsi selama 1 minggu.
  2. Anak-anak di atas 6 tahun : Dalam bentuk hidroklorida sebanyak 12 mg/kgBB per hari dibagi dalam 3 dosis untuk penggunaan maksimal selama 2 hari.

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada di dalam obat ini. Hipersensitivitas merupakan suatu kondisi dimana munculnya sebuah reaksi yang berlebihan karena terlalu lemah atau sensitifnya respon imun tubuh. Akibatnya akan terjadi kerusakan, ketidaknyamanan, dan dapat mengakibatkan kondisi yang sangat fatal bagi tubuh. Reaksi ini dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu hipersensitivitas tipe 1, hipersensitivitas tipe 2, hipersensitivitas tipe 3, dan hipersensitivitas tipe 4 semakin tinggi tingkat hipersensitivitas, maka dampak yang akan muncul semakin bertambah buruk. Oleh karena itu pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat-obatan lainnya untuk menghindari reaksi ini.

Interaksi dengan Obat Lain

Beberapa jenis obat lain yang dapat menimbulkan adanya interaksi jika dikonsumsi secara bersamaan dengan Phenazopyridine HCl adalah :

  • Sodium nitrat akan meningkatkan resiko methemoglobinemia.
  • Leflunomide, mipomersen, teriflunomide, lomitapide, dan teriflunomide dapat menekan fungsi hati dan meningkatkan resiko kerusakan pada hati.
  • Prilocaine, phenazopyridine meningkatkan toksisitas, dan meningkatkan risiko methemoglobin

Kelompok Orang Berisiko

Sebenarnya tidak semua orang dapat mengonsumsi obat ini, beberapa orang dengan kondisi medis di bawah ini yang disarankan untuk tidak menggunakan obat ini adalah :

  • Memiliki riwayat atau sedang menderita hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan yang ada di dalam obat Phenazopyridine HCl atau obat lain.
  • Memiliki riwayat atau sedang menderita gangguan fungsi ginjal dan liver yang parah.
  • Laju filtrasi glomerulus kurang dari 50 ml/menit.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin saja bisa terjadi akibat penggunaan Phenazopyridine HCl adalah sebagai berikut :

  • Pusing
  • Gangguan pencernaan.
  • Ruam kulit.
  • Perubahan warna urin dan cairan ekskresi lainnya.
  • Perubahan pada warna lensa kontak.
  • Anemia hemolitik.
  • Hepatotoksisitas.

Cara Konsumsi

Cara mengonsumsi Phenazopyridine HCl adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Mengonsumsi obat ini setelah makan dan di iringin dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.
  • Selalu mengikuti anjuran dan petunjuk penggunaan serta resep yang diberikan oleh dokter.
  • Menggunakan obat Phenazopyridine HCl antara satu dosis dengan dosis yang lain pada jarak jam yang sama. Misalnya dua kali sehari berarti dikonsumsi setiap 12 jam sekali. Gunakan alarm untuk dapat mengingat dengan lebih tepat.
  • Jika dosis tidak sengaja terlewat dikarenakan lupa, maka anda boleh meminumnya ketika ingat asalkan dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis