fbpx

Penyebab dan Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan

Okt 8, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Obesitas merupakan suatu hal yang dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. Obesitas dapat diakibatkan oleh genetik, namun kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Terkadang obesitas juga dapat menimbulkan masalah kesehatan mental yang kebanyakan menimpa remaja. 

Menurut WHO pada tahun 2016 lebih dari 1,9 miliar orang dewasa yang berusia 18 tahun ke atas memiliki berat badan berlebih. WHO mendefinisikan obesitas sebagai kondisi abnormal jumlah lemak di dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan. 

Biasanya Body Mass Index (BMI) merupakan klasifikasi yang sering digunakan untuk mengukur berat badan seseorang apakah sudah memasuki kategori normal, kurang, berlebih, dan obesitas. Cara menghitung BMI adalah dengan membagi berat tubuh dengan tinggi tubuh dalam satuan meter.

Anda dapat mengenali ciri-ciri obesitas dengan mengetahui level BMI Anda. Klasifikasi BMI di Asia Pasifik adalah sebagai berikut :

  1. Underweight : <18.5
  2. Normal : 18.5–22.9
  3. Overweight : 23–24.9
  4. Obesitas : ≥25

Oleh karena itu Anda dapat memulai gaya hidup sehat untuk setelah mengenali ciri-ciri obesitas tersebut.

Faktor-Faktor yang Dapat Menyebabkan Obesitas

penyebab-obesitas

Obesitas ditimbulkan oleh berbagai faktor yaitu faktor genetik dan faktor perilaku. Namun Kebanyakan orang mengalami obesitas diakibatkan oleh faktor perilaku atau gaya hidup yang buruk. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang dapat menyebabkan obesitas.

Genetik

Menurut CDC, genetik memiliki peran dalam kejadian obesitas seseorang. Gen memberikan instruksi kepada tubuh untuk merespon perubahan lingkungan. Memang belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini, ini dan kebanyakan obesitas merupakan hasil dari interaksi kompleks antara beberapa gen dan faktor lingkungan. 

Faktor Perilaku

Faktor perilaku yang dapat menyebabkan obesitas adalah aktivitas fisik yang kurang dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Menyeimbangkan konsumsi makanan sehat merupakan hal yang sangat penting, Terkadang Anda perlu menghitung jumlah kalori yang digunakan tubuh untuk beraktivitas dan jumlah kalori yang masuk untuk menghindari konsumsi makanan berlebih. Selain itu aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat membantu Anda dalam membakar kalori dan lemak-lemak berlebih dalam tubuh. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari obesitas dan menurunkan risiko penyakit-penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke, dan diabetes.

Penyakit atau Penggunaan Obat-obatan

Beberapa penyakit dapat menyebabkan peningkatan berat badan hingga obesitas. Penyakit-penyakit tersebut diantaranya adalah Penyakit Cushing dan Sindrom Ovarium. Penggunaan obat-obatan seperti steroid dan beberapa jenis obat antidepresan juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang yang dapat membuat Anda mengalami obesitas. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, obesitas dapat menimbulkan permasalahan kesehatan yang dapat menurunkan kualitas hidup. Apa saja permasalahan yang dapat timbul? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini. 

Dampak Berbahaya Obesitas

Efek obesitas memiliki pengaruh yang besar terhadap kondisi kesehatan Anda. Banyak sekali masalah kesehatan yang timbul sebagai dampak obesitas bagi tubuh.

Diabetes

Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh obesitas adalah diabetes melitus tipe 2. Diabetes melitus tipe 2 terjadi akibat peningkatan kadar gula darah yang terjadi akibat konsumsi makanan tidak sehat secara berlebih.

Hipertensi

Lemak berlebih dalam tubuh akibat obesitas dapat menimbulkan plak pada pembuluh darah. Hal ini dapat menimbulkan kan tekanan darah menjadi tinggi akibat munculnya plak plak dalam pembuluh darah. Selain itu jantung juga mendapatkan beban yang lebih besar ketika memompa darah akibat munculnya plak tersebut.

Penyakit Jantung

Efek obesitas lainnya adalah risiko akan terkena penyakit jantung. Lemak berlebih dan munculnya plak dalam pembuluh darah dapat membuat jantung mengalami beban yang lebih berat ketika memompa darah. Hal ini dapat menurunkan fungsi jantung dan membuat jantung sewaktu-waktu mengalami serangan jantung.

Stroke

Stroke merupakan kematian mendadak beberapa sel otak karena kekurangan oksigen ketika aliran darah ke otak hilang karena penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah ke otak, yang juga merupakan penyebab utama demensia dan depresi. Penyakit ini menyebabkan sebagian atau seluruh bagian tubuh mengalami kelumpuhan. Salah satu faktor risiko yang menyebabkan penyakit ini adalah obesitas. Penyumbatan pembuluh darah yang terjadi akibat plak-plak yang muncul dapat mengganggu aliran darah ke otak dan membuat otak kekurangan oksigen.

Kematian

Siapa yang sangka obesitas juga berdampak pada kematian? Meski tidak menjadi penyebab secara langsung, obesitas merupakan faktor risiko dari banyak penyakit-penyakit kronis jangka panjang yang sangat berbahaya.

Itulah daftar dampak obesitas bagi tubuh. Jika Anda mengalaminya, Anda dapat memulai gaya hidup sehat untuk menurunkan berat badan.

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Nada Karisma Oktavia

Referensi:

CDC. 2020. Adult Obesity Causes & Consequences. Diakses pada 2020.

WHO. 2020. Obesity and Overweight. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis