fbpx
BerandaDiabetesPenyakit Gula Kering dan Cara Penanganannya

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

penyakit gula kering

Penyakit gula atau diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Salah satu risiko yang ditimbulkannya adalah timbulnya luka gangren kering. Jika tak segera mungkin ditangani, maka luka gangren kering ini bisa menyebabkan anggota tubuh harus diamputasi. “Apabila Anda menderita kencing manis sebaiknya selalu kontrol gula darah ikuti anjuran dokter  untuk mengurangi resiko komplikasi. Bila terlanjur mengalami luka, segera rawat sehingga tidak berkembang menjadi parah.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter dari Lifepack. Simak artikel berikut untuk mengetahui obat penyakit gula kering sebagai penanganan gangren kering. 

Mengenal Luka Gangren

Selama ini, banyak orang yang menggolongkan penyakit gula atau diabetes menjadi 2 tipe, yakni gula basah dan gula kering. Padahal, dalam dunia kesehatan tidak ada yang namanya penyakit gula basah dan kering tersebut. Istilah gula basah dan gula kering ini muncul di tengah masyarakat dengan mengacu pada tipe luka atau gangren yang kerap dialami oleh penderita diabetes. 

Gangren merupakan luka yang ditandai dengan kondisi di mana jaringan di dalam tubuh telah mati karena kehabisan darah. Luka gangren ini dapat diakibatkan oleh penyakit, luka, atau infeksi. Luka gangren ini umumnya muncul pada jari tangan, jari kaki, lengan, dan kaki. Namun, tak menutup kemungkinan juga kalau luka gangren ini terjadi pada organ dan otot tubuh. 

Penyakit gula atau diabetes merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami luka gangren. Baik penderita penyakit gula tipe 1 atau pun tipe 2 sama-sama berisiko mengalami luka gangren. Perawatan sedini mungkin atas luka gangren ini dapat menghindarkan penderitanya dari risiko amputasi pada bagian tubuh yang mengalami luka. Kamu bisa kontrol gula darah Anda menggunakan obat seperti Glucotrol XL 10 MG 30 Tablet – Obat Diabetes Glipizide (Rp213.000). Gunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter Anda.

Mengapa Penderita Penyakit Gula Berisiko Mengalami Luka?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, diabetes merupakan salah satu kondisi yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami luka gangren. Hal ini disebabkan karena kadar gula dalam darah yang begitu tinggi, dimana kondisi tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada saraf, terutama yang berada di kaki. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu, tingginya kadar gula dalam darah juga dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Tingginya kadar gula dapat menghambat suplai darah ke area kaki penderita penyakit gula. Suplai darah yang kurang di bagian kaki inilah yang akan membuat kaki menerima lebih sedikit sel untuk memerangi infeksi, sehingga luka jadi sembuh lebih lama dan berisiko mengalami infeksi.   

Luka Gangren Kering

Berdasarkan bentuk lukanya, luka gangren dibagi ke dalam 2 tipe, yakni gangren kering dan gangren basah. Gangren kering inilah yang banyak disalah artikan sebagai penyakit gula kering. Gangren kering dapat berujung pada matinya jaringan tubuh pada area luka tersebut. Hal ini ditandai dengan perubahan warna kulit pada luka gangren menjadi biru keunguan hingga hitam. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Luka gangren kering ditandai dengan gejala seperti permukaan kulit yang mengkerut atau mengisut, perubahan warna kulit menjadi biru hingga hitam, mati rasa, dan rasa sakit. Pada beberapa kondisi, penderita penyakit gula bahkan tak lagi merasakan sakit pada gangren tersebut akibat matinya saraf dan pembuluh darah di area luka tersebut.  

Penanganan untuk Gangren Kering Pada Penderita Diabetes

Ada beberapa bentuk perawatan yang biasa diberikan pada luka gangren kering. Obat penyakit gula kering ini bisa berupa pemberian antibiotik, hingga pengangkatan jaringan kulit yang telah mati. Semakin cepat gangren ditangani, maka akan semakin menurunkan risiko amputasi pada bagian tubuh pada area gangren tersebut. Berikut ini adalah beberapa penanganan untuk gangren kering. 

  1. Antibiotik 

Pemberian antibiotik merupakan salah satu bentuk penanganan atas luka gangren pada penderita diabetes. Antibiotik ini bisa diberikan melalui jarum infus untuk mencegah ataupun mengatasi infeksi pada luka gangren tersebut. Antibiotik yang diberikan ini akan berguna untuk membunuh bakteri yang berpotensi menginfeksi area luka gangren.  

  1. Pengangkatan Jaringan Tubuh yang Terkena Gangren

Operasi pengangkatan jaringan kulit yang terkena gangren biasa dikenal juga dengan istilah debridemen. Debridemen merupakan salah satu opsi yang banyak juga dipilih untuk menangani gangren ini. Debridemen akan mencegah gangren menyebar ke jaringan tubuh lain yang masih sehat di sekitarnya. Cara penanganan ini dapat mencegah dilakukannya amputasi akibat gangren yang sudah terlanjur menyebar.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Terapi Oksigen Hiperbarik

Terapi oksigen hiperbarik merupakan terapi di mana penderita diabetes yang mengalami gangren akan ditempatkan pada ruangan dengan tekanan oksigen murni yang tinggi. Tingginya tekanan oksigen ini memungkinkan oksigen untuk masuk ke dalam area tubuh tempat luka gangren berada. 

Terapi oksigen hiperbarik ini dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka gangren dan juga membantu membunuh bakteri yang berisiko menyebabkan infeksi pada luka gangren tersebut. Dengan begini, luka gangren dapat sembuh lebih cepat dan tak akan menyebar ke jaringan tubuh lain yang masih sehat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Gangren kering merupakan tipe luka yang kerap dialami oleh penderita diabetes yang selama ini kerap disalahartikan sebagai penyakit gula kering. Luka gangren kering salah satunya ditandai dengan permukaan kulit pada area gangren yang berubah warna menjadi  kebiruan hingga kehitaman. Obat penyakit gula kering ini mulai dari pemberian antibiotik hingga debridemen. 

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman