fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf D6 Cara Mengatasi Darah Tinggi di Usia Muda

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bukanlah kondisi yang hanya menyerang orang tua saja, melainkan kondisi yang juga rentan dialami oleh yang masih muda usianya. Faktanya, hampir setengah orang dewasa berusia di atas 20 tahun, mengalami prahipertensi serta hipertensi. Agar tak berakibat buruk, simak 6 cara mengatasi darah tinggi di usia muda berikut ini.  

cara_mengatasi_darah_tinggi_di_usia_muda

Apa Itu Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi? 

Hipertensi merupakan kondisi yang ditandai dengan tingginya tekanan darah terhadap dinding pembuluh arteri, pada saat darah dipompa ke seluruh tubuh. Tingginya tekanan darah yang terjadi secara terus-menerus dalam waktu yang lama, di antaranya akan membuat jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah serta membuat pembuluh arteri jadi menyempit. 

Jika tak segera ditangani, bukan tak mungkin kondisi ini memicu terjadinya gangguan pada kesehatan. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor pemicu utama terjadinya penyakit jantung di usia paruh baya. Oleh sebab itu, seseorang yang menderita tekanan darah tinggi, harus segera ditangani agar kondisi kesehatannya tak makin memburuk.

Mengapa Harus Mengetahui Cara Mengatasi Darah Tinggi di Usia Muda

Orang yang masih tergolong muda usianya, kerap kali tak peduli dengan kondisi kesehatannya. Padahal, tubuh yang tampaknya terlihat sehat di luar, belum tentu sehat di dalam. Makanya, tak mengherankan jika penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, menjadi pembunuh dalam diam bagi para generasi muda, yang kelihatannya baik-baik saja kondisinya dari luar. 

Menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi di usia muda, tentu sangat disayangkan. Kualitas hidup orang yang masih muda usianya, namun sudah menderita tekanan darah tinggi ini, tentu saja lebih rendah dibandingkan orang yang masih sehat kondisinya. Apalagi tekanan darah tinggi ini akan meningkatkan risiko penderitanya mengalami strok, serta kerusakan pada ginjal dan otak. 

Maka dari itu, Anda yang masih muda usianya, pastikan untuk menjalani pola hidup yang bisa menghindarkan Anda dari risiko meningkatnya tekanan darah, misalnya seperti malas olahraga dan obesitas. Carilah cara untuk mengatasi darah tinggi di usia muda, agar Anda bisa menikmati dan memanfaatkan seoptimal mungkin masa muda yang Anda miliki.    

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bagaimana Cara Mengatasi Darah Tinggi di Usia Muda

Memiliki tekanan darah yang tinggi, memang bukanlah kondisi yang baik, apalagi saat kondisi ini terjadi di usia yang masih tergolong muda. Namun, tekanan darah tinggi bukanlah akhir dari segalanya. Anda yang memiliki tekanan darah tinggi bisa coba ikuti deretan cara berikut ini, untuk mengontrol tekanan darah, sehingga tekanannya tak lagi membumbung tinggi. 

  1. Capai Berat Badan Ideal 

Obesitas atau berat badan berlebihan merupakan salah satu pemicu meningkatnya tekanan darah. Maka dari itu, jika Anda ingin tekanan darah turun, kurangilah berat badan yang berlebihan tersebut. Mengurangi berat badan merupakan salah satu gaya hidup yang terbukti sangat efektif untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Cara Mengatasi Darah Tinggi di Usia Muda dengan Aktif Berolahraga 

Jika selama ini Anda sangat jarang berolahraga, maka mulailah kebiasaan berolahraga ini dari sekarang untuk mengontrol tekanan darah. Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi akan bisa mengurangi tekanan darahnya hingga 8 mmHg, jika rutin berolahraga selama sekitar 150 menit dalam seminggu. 

  1. Mengonsumsi Makanan yang Menyehatkan

Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol, untuk bisa menurunkan tekanan darah Anda. Perbanyak mengonsumsi buah, sayuran, produk olahan susu yang rendah lemak, serta serelia utuh, untuk membantu Anda mengontrol tekanan darah, sehingga kualitas hidup pun menjadi meningkat. 

  1. Kurangi Konsumsi Sodium 

Mengurangi konsumsi makanan yang kaya akan sodium, akan bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda, serta menurunkan tekanan darah yang tinggi. Pengurangan sodium bisa dilakukan di antaranya dengan mengurangi penggunaan garam dalam makanan, serta mengonsumsi makanan olahan lebih sedikit dibandingkan sebelumnya. 

  1. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok merupakan salah satu pemicu meningkatnya tekanan darah. Setiap rokok yang dihisap, akan meningkatkan tekanan darah hingga beberapa menit setelah rokok habis digunakan. Berhenti merokok juga akan bisa mengurangi risiko seseorang menderita penyakit jantung, serta meningkatkan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Jauhi Stres

Stres merupakan salah satu pemicu meningkatnya tekanan darah. Apalagi jika stress ini dibarengi dengan konsumsi makanan yang tak sehat. Oleh sebab itu, jauhilah stres agar tekanan darah bisa menurun. Anda bisa menghindari stres dengan cara melakukan hal yang disenangi, menghindari hal yang bisa memicu stres, serta melakukan aktivitas yang bisa membuat rileks. 

Dokter Lifepack, dr. Irma Lidia, menambahkan, “Mengubah pola makan dan kebiasaan olahraga (setidaknya 30 menit aktivitas aerobik intensitas sedang setidaknya lima hari per minggu) dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan bila perlu mengonsumsi obat hipertensi sesuai anjuran dokter.”

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Salah satu obat yang dapat dikonsumsi oleh penderita hipertensi adalah Acetensa 50MG 30 Tablet – Obat Hipertensi (Rp372.000) yang bisa didapatkan dengan resep dokter.

Jangan sampai gaya hidup Anda yang tak sehat di usia muda, membuat tekanan darah tinggi atau hipertensi membayangi hidup Anda hingga tua. Anda bisa ikuti deretan cara mengatasi darah tinggi di usia muda yang disebutkan di atas, untuk bisa mengontrol dan menurunkan tekanan darah Anda yang tinggi di usia yang terbilang muda.  

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman