fbpx
BerandadirektoriPenyakitPenyakit Gastroenteritis: Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati

Gastroenteritis atau flu perut adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan di bagian usus dan lambung. Untuk orang awam, penyakit Gastroenteritis lebih dikenal dengan nama Muntaber karena memiliki gejala muntah dan diare. Penyakit ini lebih sering disebabkan oleh infeksi virus dan penularannya terjadi dengan sangat mudah dan juga cepat.

Selain itu, Gastroenteritis juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan lain. Muntaber dapat sembuh tanpa menggunakan obat khusus. Agar terhindar dari Gastroenteritis, Anda harus menerapkan pola hidup bersih dan juga menjaga lingkungan agar tetap sehat dan juga bersih.

Gejala Penyakit Gastroenteritis

Berikut gejala Gastroenteritis yang umumnya dirasakan.

·         Muntah dan Diare

Gejala yang timbul akibat Gastroenteritis adalah diare yang disertai dengan muntah. Gejala ini biasanya akan muncul 1-3 hari setelah seseorang terinfeksi. Gejala ini biasanya akan berlangsung selama 2 hari tapi juga bisa berlangsung lebih lama hingga 10 hari.

·         Flu Perut

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain merasakan mual dan muntah, penderita Gastroenteritis juga akan mengalami flu perut yang akan menimbulkan gejala tambahan seperti demam sampai menggigil, sakit kepala, berkurangnya nafsu makan, sakit perut, dan juga nyeri otot.

Penyebab Penyakit Gastroenteritis

Penyakit Gastroenteritis disebabkan oleh infeksi virus. Ada 2 jenis virus yang biasa menjadi penyebab penyakit ini yaitu Norovirus dan Rotavirus. Selain itu virus lainnya yang juga bisa tetapi tidak umum menjadi penyebab adalah Adenovirus dan Astrovirus.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara penularan Gastroenteritis adalah melalui kontak langsung seperti pada saat berjabat tangan dengan penderita atau juga bisa dari cipratan air liur yang terhirup pada saat penderita bersin. Penyakit ini juga bisa menular dari makanan, minuman, dan juga benda yang telah terkontaminasi oleh virus dari penderita muntaber.

Seseorang yang jarang mencuci tangan setelah atau sebelum makan akan memiliki resiko terkena Gastroenteritis lebih besar. Maka dari itu usahakan selalu menjaga kebersihan diri dan juga kebersihan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Cara Mengobati Gastroenteritis

Sebagian penderita Gastroenteritis tidak memerlukan penanganan khusus menggunakan obat-obatan sebab penyakit dapat sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Pengobatan yang dilakukan untuk penderita Gastroenteritis hanya ditujukan agar kondisi penderita tidak memburuk dan tidak mengalami dehidrasi.

Dehidrasi yang berkepanjangan saat menderita Gastroenteritis dapat menyebabkan kematian terutama pada anak-anak. Langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih dan juga makanan yang bernutrisi dan bergizi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda juga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang akibat muntaber dengan meminum larutan Oralit. Oralit terdapat dalam bentuk cair ataupun sachet yang dapat dilarutkan seperti Oralit Sachet – 1 sachet – Larutan obat diare dan dehidrasi (Rp36.400). Larutan ini baik dikonsumsi saat muntaber karena mengandung elektrolit dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Jika masih tidak sembuh juga maka pasien perlu mendapatkan perawatan jika mengalami dehidrasi yang parah. Perawatan di rumah sakit berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan nutrisi yang hilang dengan cara pemberian cairan infus agar Gastroenteritis sembuh.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

dr. Irma Lidia menambahkan, “Jaga kebersihan untuk mengurangi terjadinya diare, selalu cuci tangan dengan air dan sabun, saat sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh daging mentah, setelah menggunakan toilet. Menggunakan air bersih untuk memasak, menyiapkan makanan dengan bersih dan sehat, mengonsumsi makanan dan minuman yang matang atau sudah dimasak.”

Ingin membeli obat untuk penyakit muntaber yang ampuh dan aman? Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store dan App Store. Aplikasi apotek untuk tebus obat rutin terbaik di Indonesia.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman