fbpx
BerandaHidup Sehat5 Pantangan Asam Lambung yang Harus Diketahui

Kambuhnya asam lambung dapat dipengaruhi banyak faktor, mulai dari gaya hidup hingga asupan makanan. Maka dari itu penderita asam lambung harus serba hati-hati dalam memilih bahan makanan dan minuman. Simak 5 pantangan asam lambung beserta penjelasannya yang harus Anda ketahui.

Pengertian Asam Lambung

Dalam dunia kesehatan, asam lambung lebih dikenal dengan istilah GERD yang merupakan singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease. Asam lambung adalah suatu kondisi di saat asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan atau sfingter esofagus bawah (Lower Esophageal Sphincter atau LES) yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, menyebabkan mulas, dan gejala pencernaan lainnya.

Gejala Asam Lambung

Pada umumnya, gejala-gejala yang dirasakan penderita asam lambung adalah nyeri ulu hati, sensasi panas pada dada, atau rasa nyeri pada dada. Di samping itu, gejala juga dapat berupa mual atau muntah.

Pantangan Asam Lambung

Jaminan Lifepack untuk Anda

Setiap makanan atau minuman yang dikonsumsi harus dipilih secara seksama supaya asam lambung tidak kambuh. Berikut beberapa pantangan asam lambung:

  1. Makanan Pedas

Pantangan pertama yang harus diketahui penderita Asam Lambung adalah makanan pedas. Makanan pedas pada umumnya memiliki senyawa kimia bernama Capsaicin. Jika dikonsumsi, senyawa ini dapat mengiritasi bagian kerongkongan dan dapat menyebabkan asam lambung.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sebuah penelitian di Korea Selatan pada tahun 2017 menemukan bahwa makanan yang pedas menjadi penyebab gejala GERD pada lebih dari 50% orang yang memakannya. Dengan begitu, penderita dengan sejarah Asam Lambung sebaiknya menghindari makanan pedas secara keseluruhan.

  1. Makanan Berlemak

Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi seperti junk food dan goreng-gorengan pada umumnya akan meningkatkan potensi gejala asam lambung untuk muncul. Lemak yang tinggi akan menekan kerongkongan atau LES Anda dan asam dari lambung akan naik ke permukaan.

Selain goreng-gorengan, daging merah dengan lemak tinggi seperti sirloin atau iga memiliki resiko yang sama. Untuk itu, hindari asupan lemak yang akan Anda konsumsi secara keseluruhan. 

  1. Minuman bersoda, berkafein, dan beralkohol

Soda memiliki tingkat keasaman yang tinggi, yang tentunya akan meningkatkan asam lambung. Karbonasi atau gelembung soda dapat meningkatkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, sehingga meningkatkan risiko asam untuk naik kembali ke kerongkongan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kafein dari kopi dan teh juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga sebaiknya penderita asam lambung mengurangi atau bahkan tidak minum minuman dengan kandungan kafein yang tinggi, khususnya di saat perut kosong.

Konsumsi alkohol dapat memicu Asam Lambung karena alkohol dapat menyebabkan kerusakan langsung pada mukosa esofagus dan lambung. Selain itu, asetaldehida beracun yang dimetalisasi dari alkohol dapat mempengaruhi fungsi kerongkongan dan lambung untuk bekerja dengan sewajarnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Buah Masam

Buah masam pada umumnya dapat memperburuk asam lambung karena memiliki kandungan asam yang tinggi. Buah-buahan ini seperti lemon, jeruk, dan nanas, dan berbagai macam buah lainnya yang mengandung asam sitrat. Buah-buahan dalam bentuk jus juga tidak dianjurkan jika diminum dalam keadaan perut kosong

Tetapi bukan berarti penderita asam lambung tidak boleh mengkonsumsi buah masam sama sekali karena banyak kandungan yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit atau wajar dan juga setelah makan berat.

  1. Produk susu

Produk susu yang terbuat dari susu sapi merupakan salah satu pemicu paling umum asam lambung , khususnya untuk sebagian orang yang memiliki alergi terhadap susu. Susu memang tidak menjadi penyebab langsung, tetapi dapat memperburuk beberapa gejala asam lambung. 

Beberapa produk susu yang dapat memicu asam lambung adalah minuman susu, yogurt, keju, es krim, dan milkshake. Anda dapat menghindarinya dengan cara mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu tanpa lemak. Anda juga bisa mencoba susu berbahan alternatif lainnya seperti susu kedelai, almond, atau kelapa.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat Asam Lambung

Asam lambung pada umumnya dapat diobati dengan obat-obatan yang memiliki kandungan Antasida. Obat Asam Lambung dapat berupa tablet kunyah seperti Mylanta tablet – 100 tablet – Tablet Kunyah Pereda Maag (Rp75.600) atau sirup seperti Polysilane Sirup – 180 ml – Obat lambung (Rp63.900). Kedua obat ini dapat dibeli tanpa resep dokter dan dapat diminum setelah maupun sebelum makan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Hindari obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin), atau naproxen (Aleve, Naprosyn). Minum acetaminophen (Tylenol) untuk menghilangkan rasa sakit.

Dr. Irma Lidia menambahkan, “Hindari makanan yg memicu, makan dalam porsi kecil, kunyah dengan baik, dan jangan terburu-buru saat makan. Yang terpenting, jaga berat badan ideal.”

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antre. Asli, Lengkap, Mudah

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman