fbpx
BerandaHidup SehatPentingnya Vitamin untuk Imunitas Anak Saat Pandemi

Meluasnya pandemi COVID-19 di berbagai belahan dunia, menyebabkan banyaknya korban jiwa yang berjatuhan, salah satunya pada anak-anak. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), per 18 Mei 2020 terdapat 3.324 anak yang berstatus sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan), 129 anak berstatus PDP meninggal, 584 anak terkonfirmasi positif COVID-19, dan sebanyak 14 anak yang terkonfirmasi COVID-19 meninggal.

Pentingnya Asupan Vitamin untuk Imunitas Anak Saat Pandemi

COVID-19

COVID-19 merupakan infeksi pernapasan akut yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Penyakit ini merupakan menyebabkan risiko kematian yang lebih tinggi pada orang dengan usia ≥ 60 tahun, dan orang dengan penyakit lain seperti penyakit jantung, penyakit pernapasan kronis, diabetes, dan kanker. 

Penularan virus COVID-19 memiliki dua jalur utama, yaitu pernapasan dan kontak. Percikan cairan dari saluran pernapasan (droplet) dapat menginfeksi orang yang sehat ketika penderita COVID-19 batuk atau bersin. Selain itu baru-baru ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan tidak menutup kemungkinan bahwa COVID-19 merupakan airborne disease atau penyakit yang dapat menular melalui udara terutama di ruangan tertutup.

Risiko COVID-19 tentu semakin tinggi, mengingat kini bisa menular hanya melalui udara saja. Ditambah, saat ini kita sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru yang memungkinkan Anda dan anak telah melakukan kegiatan di luar rumah.

Vitamin Untuk Imunitas Anak

Selain menjaga kebersihan dan pembatasan sosial, asupan nutrisi merupakan faktor penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Ya, jika nutrisi anak tidak terpenuhi dengan baik, akan membuat kekebalan tubuh anak menurun dan rentan terhadap berbagai penyakit termasuk COVID-19. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk memerhatikan asupan nutrisi anak-anak agar kesehatan anak tetap terjaga.

Namun apa saja vitamin harian untuk imunitas anak yang perlu dipenuhi untuk menjaga kekebalan tubuh anak? Simak pada ulasan berikut ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Vitamin A

Vitamin A merupakan zat gizi mikro yang sangat penting bagi tubuh. Sehingga kebutuhan tubuh akan vitamin ini perlu dipenuhi. Vitamin A memiliki peran yang sangat penting untuk banyak proses fisiologis, yaitu menjaga fungsi semua jaringan permukaan (epitel) seperti kulit, lapisan saluran pernapasan, usus, kandung kemih, telinga bagian dalam dan mata.

Nutrisi ini juga memiliki peran yang penting dalam menjaga sistem dalam tubuh. Jika anak kekurangan vitamin A, anak akan mengalami kondisi Vitamin A Deficiency (VAD). Jika seorang anak mengalami VAD, anak akan memiliki risiko yang sangat tinggi untuk terkena infeksi penyakit dan kebutaan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Vitamin B6

Vitamin B6 secara alami terkandung dalam beberapa makanan seperti sayuran hijau, daging, ikan, kacang-kacangan atau buah. Nutrisi yang satu ini memiliki manfaat yang cukup penting bagi tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk melakukan metabolisme protein dan karbohidrat, dan pembentukan sel darah merah. Proses-proses tersebut mempengaruhi proses dan perkembangan otak, fungsi kekebalan tubuh dan aktivitas hormon steroid. Oleh karena itu, vitamin ini memiliki peran penting bagi tubuh.

Vitamin C

Selain vitamin A dan B6, vitamin C juga memiliki peran yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan zat mikro lain yang penting bagi tubuh. Zat mikro yang satu ini memiliki antioksidan dan berkontribusi dalam pertahanan kekebalan dengan mendukung berbagai fungsi seluler baik sistem kekebalan tubuh bawaan dan adaptif. 

Vitamin C mendukung fungsi penghalang epitel terhadap patogen dan meningkatkan aktivitas pembuangan oksidan kulit, sehingga bersifat protektif terhadap stres oksidatif. Vitamin C terakumulasi dalam sel fagosit yang dapat membunuh mikroba dalam tubuh. Tubuh tidak menyimpan vitamin C, namun tetap memerlukan vitamin C setiap harinya, oleh karena itu pastikan kecukupan asupan vitamin C harian pada anak.

Vitamin D

Vitamin D juga merupakan salah satu vitamin yang memiliki pengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Anak yang mengalami kekurangan vitamin D memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap infeksi penyakit. dr. Irma Lidia, salah satu dokter Lifepack juga menambahkan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit pernapasan seperti asma, tbc, juga infeksi virus dan bakteri terhadap saluran pernapasan. Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dalam usus, dan merangsang reabsorbsi kalsium.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Vitamin E

Vitamin lainnya yang dapat memengaruhi kekebalan tubuh adalah vitamin E. Vitamin E berperan dalam menjaga kekebalan tubuh. Nutrisi ini memiliki antioksidan yang melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sel yang rusak akibat radikal bebas dapat meningkatkan risiko seseorang terhadap penyakit jantung dan kanker.

Untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin anak, Anda dapat memberikan suplemen multivitamin seperti Youvit Multivitamin Anak – 7 tablet – Youvit Multivitamin For Kids (Rp91.800).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah informasi mengenai vitamin untuk imunitas anak dan pentingnya asupan nutrisi bagi kekebalan tubuh. Pantau asupan nutrisi anak agar anak tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan kemudahan konsultasi dokter gratis dan tebus resep obat tanpa antri. Gunakan kode promo BOBOCWLP di aplikasi Lifepack dan dapatkan diskon 10% untuk setiap pembelian produk Lifepack. Berlaku dari 25 Juli 2020 – 31 Agustus 2020.

Referensi:

Community Eye Health Journal. What is vitamin A and why do we need it?. Diakses pada 2020

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman