fbpx

Kekurangan Vitamin A Sebabkan Gangguan Penglihatan Anak

Jul 28, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Vitamin A merupakan zat gizi mikro yang memiliki peran penting bagi tubuh. Hal ini membuat kita harus memasukkannya ke dalam makanan yang kita konsumsi. Vitamin A berperan penting dalam banyak proses fisiologis, yaitu menjaga fungsi semua jaringan permukaan (epitel) seperti kulit, lapisan saluran pernapasan, usus, kandung kemih, telinga bagian dalam dan mata.

Vitamin A juga penting bagi penglihatan, menjaga sistem kekebalan tubuh, untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta kesehatan reproduksi. Karena vitamin ini sangat penting bagi tubuh, orang yang kekurangan vitamin A akan mengalami kondisi Kekurangan Vitamin A (KVA).

Namun seberapa bahayakah kondisi KVA? Apa gejalanya? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Apa itu Kekurangan Vitamin A?

KVA umumnya terjadi pada anak-anak, terutama pada usia 6 bulan hingga 5 tahun. Anak yang mengalami KVA berisiko tinggi untuk terinfeksi penyakit dan mengalami gangguan penglihatan. Seorang anak dikatakan mengalami KVA jika serum retinol dalam darahnya kurang dari  0,70 µmol/L. 

Defisiensi vitamin A biasanya dimulai ketika anak masih bayi. Hal ini umumnya disebabkan oleh bayi yang tidak diberikan ASI dengan baik. Selain itu, KVA juga bisa disebabkan diare kronis sehingga kadar vitamin A dalam tubuh berkurang. 

Gejala Kekurangan Vitamin A

KVA mempengaruhi jaringan mata dengan memperlambat regenerasi pigmen visual setelah terpapar cahaya terang dan dengan mengganggu integritas jaringan epitel. Oleh karena itu, gejala KVA umumnya berupa ketidakmampuan untuk melihat dengan baik terutama dalam pencahayaan redup (rabun senja).

Rekomendasi Asupan Vitamin A

Dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A, diperlukan jumlah asupan nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuh. berikut rekomendasi asupan vitamin A berdasarkan usia dan gender oleh U.S National Institute of Health.

UsiaLaki-lakiPerempuanHamilMenyusui
0-6 bulan400 mcg400 mcg
7-12 bulan500 mcg500 mcg
1-3 tahun300 mcg300 mcg
4-8 tahun400 mcg400 mcg
9-13 tahun600 mcg600 mcg
14-18 tahun900 mcg700 mcg750 mcg1.200 mcg
19 tahun ke atas900 mcg700 mcg770 mcg1.300 mcg

Sumber Vitamin A

Untuk memenuhi kebutuhan anak akan vitamin A, Anda perlu menyediakan beberapa makanan yang tinggi kandungan vitamin A. Berikut beberapa sumber vitamin A yang dapat Anda coba sebagai menu makanan si kecil.

  • Daging
  • Kentang manis
  • Bayam
  • Labu
  • Wortel
  • Keju
  • Susu

Itulah informasi mengenai KVA atau kekurangan vitamin A. Jika buah hati Anda merasakan gejala di atas, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pastikan si kecil mendapat asupan nutrisi yang baik sehingga tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan konsultasi dokter gratis sekarang juga.

Gunakan kode promo BOBOCWLP di aplikasi Lifepack dan dapatkan diskon 10% untuk setiap pembelian produk Lifepack. Berlaku dari 25 Juli 2020 – 31 Agustus 2020.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

U.S National Institute of Health. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis