Ciri Kanker Payudara Stadium 1

Jul 27, 2020 | Uncategorized | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Kanker payudara stadium 1 sering juga dikatakan sebagai kanker payudara stadium awal. Pada kanker stadium awal umumnya akan muncul benjolan pada payudara dengan ukuran sekitar 2 cm. benjolan tersebut umumnya belum mengalami penyebaran ke area lain termasuk pada area getah bening yang ada pada area ketiak atau pada struktur lain yang letaknya di sekitar payudara.

Kanker payudara sendiri tidak bisa dianggap remeh Karena termasuk kedalam jenis kanker yang cukup berbahaya, kanker ini juga dinilai sebagai kanker bahaya kedua bagi wanita setelah kanker serviks. Nantinya, sel kanker tersebut akan menyerang serta tumbuh pada bagian jaringan payudara. Contohnya pada saluran air susu. Sayangnya untuk penyebab pasti kanker ini belum diketahui sampai dengan sekarang. Namun hal yang pasti dari kanker payudara adalah kondisi ini dapat dialami karena terdapat kerusakan pada sel serta adanya perubahan dari sifat genetic di jaringan payudara tersebut.

Beberapa hal memang sering dikaitkan dengan risiko terjadinya kanker yang umumnya menyerang wanita ini, diantaranya adalah, gaya hidup yang tidak sehat, merupakan seorang perokok aktif, sering mengkonsumsi alkohol serta risikonya lebih tinggi dialami oleh orang di atas usia 50 tahun. Selain itu penyakit ini juga disebut lebih berisiko dialami oleh mereka yang menderita obesitas, memiliki gangguan hormone, terkena paparan radiasi, mengalami menstruasi di usia sebelum 12 tahun, mengalami menopause di usia yang lebih tua serta adanya faktor keturunan. Wanita yang memiliki riwayat keluarga pengidap kanker payudara dikatakan lebih rentan untuk menderita penyakit ini nantinya.

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Anda Kenali

Terlepas dari adanya risiko atau tidak, namun tidak ada salahnya jika Anda dapat mengenali ciri dari kanker payudara khususnya pada kanker stadium awal atau kanker payudara stadium 1 ini. hal ini dimaksudkan supaya Anda dapat mengantisipasi jika ada tanda yang dirasakan sehingga pengobatan akan lebih cepat dilakukan karena Anda tahu betul ciri atau gejalanya. Berikut beberapa ciri dari kanker payudara stadium 1.

1 Munculnya benjolan pada area payudara

Benjolan yang muncul pada area payudara dapat menjadi tanda awal bahwa sel kanker telah muncul. Benjolan tersebut tidak selalu disertai dengan rasa sakit. Namun yang perlu diketahui pula, bahwa benjolan yang muncul di payudara tersebut tidak berarti pasti kanker. Biasanya benjolan dapat dirasakan jika Anda melakukan pemeriksaan pribadi di area payudara.

2 Warna kulit payudara menjadi berbeda atau berubah

ciri selanjutnya dari kanker yang satu ini adalah adanya perubahan warna kulit pada payudara. Tak jarang orang menyangka bahwa perubahan warna tersebut hanyalah infeksi. Padahal, ciri kedua ini bisa mengarah pada kanker terutama jika Anda juga menemukan adanya benjolan pada payudara Anda. 

Pada tahap tersebut, kulit pada bagian payudara akan berubah menjadi kemerahan layaknya terkena iritasi, selain itu tekstur serta warnanya pun menyerupai kulit jeruk. Selain itu pada area permukaan kulit payudara pun akan terlihat lebih berlekuk dan disertai dengan penebalan pada kulit.

3 Terasa sakit pada area puting

Ciri kanker payudara pada stadium awal selanjutnya adalah rasa sakit yang terasa di area puting. Selain timbul rasa yang nyeri, biasanya gejala juga diiringi dengan keluarnya cairan dari puting yang tak normal. Puting pun akan lebih melesak ke bagian dalam.

4 Muncul benjolan pada ketiak

kanker payudara juga dapat dicirikan dengan adanya benjolan yang muncul pada bagian bawah ketiak. Hal ini bisa menjadi ciri jika jaringan kanker tersebut telah mulai meluas hingga ke daerah bawah ketiak. Hal ini dikarenakan kanker memang dapat menyebar dengan melewati kelenjar getah bening yang letaknya di bawah ketiak.

Itulah beberapa ciri dari kanker payudara stadium 1. Supaya dapat mengetahui ciri tersebut Anda dapat sesekali melakukan pemeriksaan payudara secara mandiri setidaknya selama satu bulan. Anda dapat melakukan pemeriksaan SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri. Caranya adalah dengan menggunakan tangan serta penglihatan Anda untuk lebih peka terhadap perubahan fisik yang terjadi di area payudara. Pemeriksaan ini dapat membantu Anda untuk mengenali gejala atau ciri awal payudara sehingga kondisi Anda akan lebih cepat mendapatkan penanganan.

Untuk pemeriksaan dini dari kanker payudara umumnya meliputi melakukan pemeriksaan ke dokter, melakukan USG payudara atau mamografi. Waktu paling tepat untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri adalah ketika selang seminggu setelah haid selesai.

Kanker payudara terbilang sebagai penyakit yang mematikan tak kalah berisiko dengan kanker serviks. Semakin cepat Anda menyadari dan mampu mendeteksi gejala awal, maka semakin tinggi pula kemungkinan keberhasilan pengobatan yang dilakukan. Untuk mengurangi risiko, Anda bisa hidup lebih sehat dengan menjaga pola makan dan jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan secara mandiri setiap bulannya agar kanker payudara yang dialami pun dapat lebih cepat terdeteksi.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Artikel Terkait

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis