fbpx
BerandaHidup SehatCiri Kanker Payudara Stadium 1, Apa Saja?

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Ciri Kanker Payudara Stadium 1

Kanker payudara stadium 1 sering juga dikatakan sebagai kanker payudara stadium awal. Apa saja ciri kanker payudara stadium 1? Pada kanker stadium awal umumnya akan muncul benjolan pada payudara dengan ukuran sekitar 2 cm. Benjolan tersebut umumnya belum mengalami penyebaran ke area lain termasuk pada area getah bening yang ada pada area ketiak atau pada struktur lain yang letaknya di sekitar payudara.

Kanker payudara sendiri tidak bisa dianggap remeh Karena termasuk kedalam jenis kanker yang cukup berbahaya, kanker ini juga dinilai sebagai kanker bahaya kedua bagi wanita setelah kanker serviks. Nantinya, sel kanker tersebut akan menyerang serta tumbuh pada bagian jaringan payudara. Contohnya pada saluran air susu. Sayangnya untuk penyebab pasti kanker ini belum diketahui sampai dengan sekarang. Namun hal yang pasti dari kanker payudara adalah kondisi ini dapat dialami karena terdapat kerusakan pada sel serta adanya perubahan dari sifat genetic di jaringan payudara tersebut.

Beberapa hal memang sering dikaitkan dengan risiko terjadinya kanker yang umumnya menyerang wanita ini, diantaranya adalah, gaya hidup yang tidak sehat, merupakan seorang perokok aktif, sering mengkonsumsi alkohol serta risikonya lebih tinggi dialami oleh orang di atas usia 50 tahun. Selain itu penyakit ini juga disebut lebih berisiko dialami oleh mereka yang menderita obesitas, memiliki gangguan hormone, terkena paparan radiasi, mengalami menstruasi di usia sebelum 12 tahun, mengalami menopause di usia yang lebih tua serta adanya faktor keturunan. Wanita yang memiliki riwayat keluarga pengidap kanker payudara dikatakan lebih rentan untuk menderita penyakit ini nantinya.

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Anda Kenali

Terlepas dari adanya risiko atau tidak, namun tidak ada salahnya jika Anda dapat mengenali ciri dari kanker payudara khususnya pada kanker stadium awal atau kanker payudara stadium 1 ini. hal ini dimaksudkan supaya Anda dapat mengantisipasi jika ada tanda yang dirasakan sehingga pengobatan akan lebih cepat dilakukan karena Anda tahu betul ciri atau gejalanya. Berikut beberapa ciri dari kanker payudara stadium 1.

1 Munculnya benjolan pada area payudara

Benjolan yang muncul pada area payudara dapat menjadi tanda awal bahwa sel kanker telah muncul. Benjolan tersebut tidak selalu disertai dengan rasa sakit. Namun yang perlu diketahui pula, bahwa benjolan yang muncul di payudara tersebut tidak berarti pasti kanker. Biasanya benjolan dapat dirasakan jika Anda melakukan pemeriksaan pribadi di area payudara.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2 Warna kulit payudara menjadi berbeda atau berubah

ciri selanjutnya dari kanker yang satu ini adalah adanya perubahan warna kulit pada payudara. Tak jarang orang menyangka bahwa perubahan warna tersebut hanyalah infeksi. Padahal, ciri kedua ini bisa mengarah pada kanker terutama jika Anda juga menemukan adanya benjolan pada payudara Anda. 

Pada tahap tersebut, kulit pada bagian payudara akan berubah menjadi kemerahan layaknya terkena iritasi, selain itu tekstur serta warnanya pun menyerupai kulit jeruk. Selain itu pada area permukaan kulit payudara pun akan terlihat lebih berlekuk dan disertai dengan penebalan pada kulit.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3 Terasa sakit pada area puting

Ciri kanker payudara pada stadium awal selanjutnya adalah rasa sakit yang terasa di area puting. Selain timbul rasa yang nyeri, biasanya gejala juga diiringi dengan keluarnya cairan dari puting yang tak normal. Puting pun akan lebih melesak ke bagian dalam.

4 Muncul benjolan pada ketiak

kanker payudara juga dapat dicirikan dengan adanya benjolan yang muncul pada bagian bawah ketiak. Hal ini bisa menjadi ciri jika jaringan kanker tersebut telah mulai meluas hingga ke daerah bawah ketiak. Hal ini dikarenakan kanker memang dapat menyebar dengan melewati kelenjar getah bening yang letaknya di bawah ketiak.

Itulah beberapa ciri dari kanker payudara stadium 1. Supaya dapat mengetahui ciri tersebut Anda dapat sesekali melakukan pemeriksaan payudara secara mandiri setidaknya selama satu bulan. Anda dapat melakukan pemeriksaan SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri. Caranya adalah dengan menggunakan tangan serta penglihatan Anda untuk lebih peka terhadap perubahan fisik yang terjadi di area payudara. Pemeriksaan ini dapat membantu Anda untuk mengenali gejala atau ciri awal payudara sehingga kondisi Anda akan lebih cepat mendapatkan penanganan.

Untuk pemeriksaan dini dari kanker payudara umumnya meliputi melakukan pemeriksaan ke dokter, melakukan USG payudara atau mamografi. Waktu paling tepat untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri adalah ketika selang seminggu setelah haid selesai.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kanker payudara terbilang sebagai penyakit yang mematikan tak kalah berisiko dengan kanker serviks. Semakin cepat Anda menyadari dan mampu mendeteksi gejala awal, maka semakin tinggi pula kemungkinan keberhasilan pengobatan yang dilakukan. Untuk mengurangi risiko, Anda bisa hidup lebih sehat dengan menjaga pola makan sehat dan jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan secara mandiri setiap bulannya agar kanker payudara yang dialami pun dapat lebih cepat terdeteksi.

Salah satu obat yang biasa digunakan untuk kanker payudara adalah Femara (mulai dari 2juta). FEMARA 2.5 MG TABLET obat yang di gunakan untuk mengobati kanker payudara stadium awal pada wanita menopause. Femara mengandung Letrozole yang berfungsi mengatur konsentrasi hormon pada wanita. Dalam penggunaan obat ini HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman