fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Parkinson membuat penderita mengalami kesulitan untuk melakukan sebuah gerakan tubuh. Bahkan penderita tidak dapat berdiri sama sekali dan mengalami waham (delusi) dan halusinasi. Penyakit ini rentan pada jenis kelamin laki-laki dibandingkan wanita.

Informasi

Penyakit Parkinson merupakan penyakit yang berhubungan dengan saraf. Secara bertahap penderita mengalami gangguan fungsi otak untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh seperti berbicara, berjalan, dan menulis. Akibatnya penderita penyakit ini memiliki gerak tubuh yang terbatas.

Penyakit ini tidak mematikan tetapi dapat menurunkan kualitas hidup dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.  Karena sifatnya yang progresif, penyakit ini dapat berkembang dan semakin menjadi berat. Penyakit parkinson disebut penyakit penuaan karena dapat mengurangi kualitas hidup seseorang. Parkinson dianggap berbahaya karena dapat menggerogoti penderitanya secara perlahan-lahan.

Gejala 

Gejala yang umum pada penderita parkinson mengalami gerak tubuh melambat dan otot menjadi kaku. Penderita penyakit ini memiliki gerakan berjalan dengan posisi membungkuk dan lemahnya ayunan pada lengan atau bahkan tidak ada ayunan lengan sama sekali. Seiring berjalannya waktu pengidap penyakit parkinson memiliki gejala-gejala seperti:

  1. Tremor pada saat istirahat 
  2. kekakuan atau rigiditas pada otot-otot
  3. Lamban dalam melakukan gerakan 
  4. Terganggunya keseimbangan tubuh
  5. Kegelisahan
  6. Depresi
  7. Demensia

Penyebab 

Zat dopamin merupakan bertindak sebagai pembawa pesan pada area otak, yaitu substantia nigra dan korpus striatum, untuk dapat menghasilkan gerakan yang halus dan terkendali. Jika jumlah dopamin rendah dapat mempengaruhi kontribusi substantia nigra dan korpus striatum pada otak menjadi tidak efektif. 

Produksi dopamin yang rendah atau berkurang membuat tubuh menghasilkan gerakan lambat. Dopamin yang rendah disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan.

1. Faktor genetik

Parkinson disebabkan oleh mutasi pada gen. Penderita yang mengalami penyakit parkinson memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit yang sama. Sehingga memungkinkan anggota lainnya mengidap penyakit parkinson.

2. Faktor lingkungan

Lingkungan menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan tubuh. Polusi udara terjadi akibat aktivitas industri yang dapat mencemari udara. Polusi atau udara yang kotor juga dapat disebabkan oleh volume kendaraan bermotor dapat meningkatkan polusi udara.

Faktor Risiko 

Berikut beberapa risiko seseorang mengidap parkinson:

Usia

Orang dewasa muda jarang mengalami penyakit ini. Penyakit ini biasanya mulai menyerang usia paruh baya hingga usia lanjut, dengan peningkatan risiko seiring bertambahnya usia. Usia 60 tahun atau lebih akan lebih berisiko terserang penyakit ini.

Keturunan

Penyakit parkinson dapat disebabkan olef kerabat atau anggota dalam keluarga yang memiliki riwayat penyakit parkinson.

Jenis kelamin

Berdasarkan jenis kelamin, penyakit ini lebih dominan menyerang pria daripada wanita. Karena laki-laki sering melakukan pekerjaan berat dan memungkinkan dirinya mengalami cedera. Cedera ringan seperti terkilir hingga cedera di kepala atau bagian saraf yang dapat menghambat gerakan tubuhnya. 

Diagnosis 

Penyakit ini tidak memiliki prosedur pemeriksaan seperti tes-tes khusus. Dokter yang bekerja sebagai ahli saraf mendiagnosis penderita berdasarkan riwayat medis berupa pemeriksaan saraf dan pemeriksaan fisik. Tes laboratorium seperti tes darah yang dilakukan fungsinya untuk menyingkirkan penyebab gejala. 

Pengobatan 

Pengobatan yang tepat untuk penyakit parkinson adalah antara lain: 

Obat

Pengobatan penyakit parkinson dapat ditempuh dengan cara mengkonsumsi obat-obatan. Obat yang dapat dikonsumsi adalah levodopa untuk mengobati penyakit parkinson. Levodopa mampu meredam gejala-gejala utama penyakit parkinson seperti tremor, bradikinesia, dan rigiditas. Efeknya dapat membantu mengendalikan gerakan tubuh.

Selain levodopa, obat lainnya seperti Agonis dopamin. Agonis dopamin merupakan obat untuk mengurangi penyakit parkinson. Contoh golongan agonis dopamin adalah pramipexole, rotigotine, dan ropinirole yang dikonsumsi sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter ahli saraf atau neurologis.

Terapi dini 

Terapi dini dilakukan untuk memperbaiki gejala motorik dan menurunkan risiko timbulnya kekakuan pada anggota tubuh. Terbaik dini baik bagi kesehatan tubuh pada tahap non-motorik dapat menurunkan risiko gejala parkinson dan juga memperbaiki kualitas hidup. Terapi dini yang dapat dilakukan seperti terapi fisik, terapi okupasi, dan terapi wicara.

Operasi 

Penderita dengan tahap lanjut dianjurkan untuk melakukan operasi sebagai pilihan. Operasi menjadi pilihan terakhir yang akan ditempuh oleh penderita untuk mengurangi risiko parkinson. 

Pencegahan 

Penyakit parkinson tidak akan bisa disembuhkan secara total. Solusi yang terbaik ialah dengan cara mencegah risiko penyakit parkinson dengan cara perubahan gaya hidup sehat, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

Istirahat yang cukup

Tubuh membutuhkan istirahat untuk melakukan regenerasi sel termasuk juga saraf. Ketika tubuh dipaksa untuk melakukan kegiatan di atas kemampuan atau melampaui batas. Saraf akan mengalami kekakuan sehingga membuat tubuh menghasilkan gerakan yang lambat. Salah satu pencegahan penyakit ini adalah dengan memenuhi istirahat yang cukup.

Olahraga teratur 

Olahraga menjadi alternatif pencegahan dini untuk menurunkan resiko penyakit parkinson. Tubuh membutuhkan gerakan dengan pola teratur sehingga tidak mengganggu sistem saraf. Bekerja juga dapat menimbulkan gerakan teratur tetapi tidak signifikan untuk kebutuhan tubuh.

Pola makan yang sehat

Gaya hidup sehat dimulai dengan pola makan yang sehat. Konsumsi buah-buahan dan sayuran serta mencukupi kebutuhan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis