fbpx
BerandaDiabetesOlahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Pasien diabetes seringkali direkomendasikan untuk berolahraga rutin. Namun apa sebenarnya manfaat dari olahraga pengidap diabetes? Serta apa jenis olahraga yang bagus untuk diabetes? Tak perlu bingung, berikut rangkuman penjelasan dari tim Lifepack.

olahraga pengidap diabetes

Mengapa pengidap diabetes harus berolahraga?

Rutin olahraga meringankan gejala diabetes, karena mendukung tubuh untuk dapat memproduksi insulin lebih banyak, serta meningkatkan penggunaan insulin pada jaringan. Umumnya, pasien diabetes tidak memiliki jumlah insulin yang cukup untuk mengubah gula darah untuk menjadi energi.

Namun, manfaat utama dari olahraga rutin pada pasien diabetes adalah membantu mencegah dan mengurangi risiko  diabetes tipe 2, menurut penelitian tahun 2019 oleh Abushamat, et al.

Manfaat lainnya yang juga termasuk adalah menjaga berat badan agar ideal, penurunan tekanan darah, peningkatan sensitivitas insulin dan kontrol glukosa, serta optimalisasi profil lipoprotein.

Selain itu, olahraga rutin juga bantu menurunkan risiko kematian akibat kardiovaskular sebesar 40%. Angka ini penting untuk dicatat karena pasien diabetes memiliki angka 2-6 kali lipat lebih besar untuk meninggal akibat penyakit kardiovaskular. 

Jenis olahraga yang bagus untuk diabetes

Dari penelitian yang dilakukan oleh Colberg, et al. (2016) ditemukan bahwa rekomendasi jenis olahraga yang efektif sebenarnya berbeda-beda tergantung dari jenis diabetes. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jenis olahraga yang paling direkomendasikan untuk pengidap diabetes adalah aerobik dan latihan ketahanan atau resistance training.

American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan pasien diabetes dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik dalam seminggu dan 2-3 kali latihan ketahanan (resistance training) dalam seminggu.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Aerobik

Pelatihan aerobik membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular serta kematian pada diabetes tipe 1 dan 2.

Pada diabetes tipe 1, aerobik meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, menurunkan resistensi insulin, dan meningkatkan kadar lipid dan fungsi endotel.

Pada diabetes tipe 2, olahraga teratur ini bantu menurunkan kadar hbA1C, trigliserida, tekanan darah, dan resistensi insulin. 

Untuk pasien yang mampu, pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) bantu meningkatkan kapasitas oksidatif otot rangka, sensitivitas insulin, dan kontrol glikemik pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Resistance training

Sedangkan latihan ketahanan bantu mendukung kekuatan otot agar dapat berfungsi dengan normal.

Resistance training yang rutin bantu peningkatan massa otot, komposisi tubuh, kekuatan, fungsi fisik, kesehatan mental, kepadatan mineral tulang, sensitivitas insulin, tekanan darah, profil lipid, dan kesehatan jantung. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain itu, latihan ketahanan dapat membantu meminimalkan risiko hipoglikemia akibat olahraga pada diabetes tipe 1. Hipoglikemia adalah gula darah yang berada di bawah kadar normal.

Manfaat latihan ketahanan bagi pasien dengan diabetes tipe 2 adalah peningkatan kontrol glikemik, menurunkan resistensi insulin, massa lemak, tekanan darah, dan meningkatkan kekuatan, dan massa tubuh tanpa lemak.

  • Jenis olahraga lainnya

Untuk dapat mengontrol kadar glikemik atau gula darah tubuh, Anda juga bisa mencoba yoga dan tai chi. 

Kedua olahraga ini bantu memperbaiki kontrol glikemik, keseimbangan, gejala neuropatik, kadar lipid, dan komposisi tubuh pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2. Walaupun begitu, olahraga ini masih tidak sestabil aerobik dan resistance training

Jaminan Lifepack untuk Anda

Latihan peregangan serta keseimbangan juga dapat membantu meringankan masalah mobilitas sendi yang dimiliki pasien diabetes lanjut usia. Namun, latihan seperti ini tak begitu berdampak untuk kadar glikemik tubuh.

Sebaiknya, konsultasikan kondisi Anda dan cari tahu rekomendasi olahraga yang tepat dengan konsultasi dokter atau sharing sesama pasien diabetes, terutama pada pasien dengan diabetes tipe 1. Perlu diperhatikan gula darah sebelum dan setelah olahraga untuk menghindari komplikasi lain.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah tadi penjelasan seputar olahraga untuk pengidap diabetes serta jenis olahraga yang bagus untuk diabetes. Di samping itu, rutinlah periksa gula darah Anda. Jangan lupa untuk selalu sedia obat-obatan yang diresepkan oleh dokter kemanapun Anda pergi. 

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack


Abushamat, L. A. The Role of Exercise in Diabetes. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK549946/

Centers for Disease Control and Prevention. Get Active. https://www.cdc.gov/diabetes/managing/active.html#:~:text=If%20you%20have%20diabetes%2C%20being,heart%20disease%20and%20nerve%20damage.

Colberg, et al. 2010. Diabetic Care. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2992225/

Colberg, et al. 2016. Physical Activity/Exercise and Diabetes: A Position Statement of the American Diabetes Association. https://diabetesjournals.org/care/article/39/11/2065/37249/Physical-Activity-Exercise-and-Diabetes-A-Position

Jaminan Lifepack untuk Anda

Image by Freepik

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
penanganan diabetes tipe 1

Penanganan Diabetes Tipe 1: Mulai dari Insulin Sampai Olahraga

Diabetes   16/12/2022
mencegah diabetes tipe 2 pada anak

Ayah Bunda, Yuk Mulai Mencegah Diabetes Tipe 2 Pada Anak!

Diabetes   15/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman