fbpx
BerandaDiabetesAyah Bunda, Yuk Mulai Mencegah Diabetes Tipe 2 Pada Anak!

Diabetes seringkali mengancam usia rawan 45 tahun ke atas. Tapi jangan salah! Penyakit ini juga dapat mengancam anak-anak, khususnya dengan pola makan yang tidak seimbang dan pola hidup yang tidak sehat. Bahkan, menurut Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, angka kejadian faktor risiko diabetes tipe 2 sudah sebesar 18,8% anak usia 5-12 tahun yang mengalami kelebihan berat badan dan 10,8% menderita obesitas. Lalu bagaimana cara mencegah diabetes tipe 2 pada anak? Yuk, baca tipsnya sampai tuntas!

mencegah diabetes tipe 2 pada anak

Faktor risiko dan penyebab

Pertama-tama, diabetes melitus (DM) dibedakan menjadi tipe 1 dan 2. Pada diabetes tipe 1, pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan oleh gangguan kerja insulin yang juga dapat disertai kerusakan pada sel pankreas sehinga insulin tidak cukup.

Insulin sendiri adalah hormon penting yang diperlukan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi. Ketika tubuh kekurangan insulin, tubuh justru menjadi letih dan menghambatnya untuk bekerja secara optimal.

Jika diabetes tipe 1 disebabkan oleh kecenderungan genetik, faktor lingkungan, dan sistem imun, diabetes tipe 2 sangat dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat khususnya jika seseorang memiliki berat badan berlebih (overweight). 

Cara mencegah diabetes tipe 2

Dilansir langsung dari situs resmi Kemenkes, diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan menjaga gaya hidup sehat yang meliputi olah raga rutin dan penurunan berat badan. 

Sebaiknya berolahraga rutin, minimal 150 menit perminggu yang bisa dilakukan dalam rentang waktu 3-4 kali seminggu. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ini dikarenakan olahraga dapat memperbaiki resistensi insulin yang terjadi pada pasien prediabetes, meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), dan membantu mencapai berat badan ideal. 

Dianjurkan pula untuk menjaga pola makan yang sehat, yang terdiri dari karbohidrat kompleks, mengandung sedikit lemak jenuh dan tinggi serat larut. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tips pencegahan diabetes tipe 2 pada anak

  • Jaga pola makan

Sebisa mungkin, atur pola makan anak Anda agar terhindar dari resiko obesitas. 

Pola makan yang dianjurkan adalah makanan mengandung karbohidrat kompleks, protein hewani serta nabati yang rendah akan lemak jenuh. Selain itu bahan makanan dengan lemak jenuh seperti daging dan susu tanpa lemak juga baik untuk anak, namun pastikan jumlah yang diberikan tidak berlebihan sehingga manfaat dapat dirasakan. 

  • Hindari junk food

Junk food atau fast food memiliki gizi yang tidak seimbang, dikarenakan makanan ini cenderung tinggi kalori, garam, dan gula tanpa rendah akan kandungan nutrisi penting. Ini termasuk makanan cepat saji serta makanan dan minuman ringan seperti kue, donat, dan permen. 

  • Buat snack sendiri

Daripada memberikan makanan ringan instan atau olahan yang dijual di warung atau kedai makanan, sebaiknya buat snack Anda sendiri. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bahan-bahan yang direkomendasikan adalah susu tanpa lemak, kacang-kacangan, buah segar, wortel bayi, tomat ceri, keju rendah lemak, dan sereal sarapan gandum rendah gula.

  • Jangan lupa sayur dan buah

Berikan anak buah dan sayuran di dalam porsi kecil setiap hari. Tak perlu disajikan secara langsung setiap hari, Anda bisa mengubahnya menjadi pudding atau dessert lain yang tidak terlalu tinggi gula. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Kurangi gorengan

Hindari menggoreng untuk setiap makanan, Anda bisa memberikan variasi makanan dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus. 

  • Ajak untuk tetap aktif

Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin turun resiko obesitas anak. Dalam masa perkembangan, anak setidaknya harus aktif selama 60 menit dalam sehari. 

Anda bisa mencobanya dengan cara membatasi pemakaian gadget, berikan pekerjaan rumah yang dapat dikerjakan bersama dengan orang tua seperti menyapu, mengajaknya berjalan kaki ke sekolah, atau bermain dan berolahraga bersama.

Itulah tadi penjelasan seputar mencegah diabetes tipe 2 pada anak. Di samping itu, rutinlah periksa gula darah anak dan keluarga Anda. Jangan lupa untuk selalu sedia suplemen daya tahan tubuh dan obat-obatan umum kemanapun Anda pergi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.


Referensi

American Diabetes Association. 2005. Diabetes Spectrum: Preventing Type 2 Diabetes in Children and Teens. https://diabetesjournals.org/spectrum/article/18/4/249/2496/Preventing-Type-2-Diabetes-in-Children-and-Teens

Jaminan Lifepack untuk Anda

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. 2013. Pencegahan Diabetes Melitus. https://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/pencegahan-diabetes-melitus

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. 2018. Anak Juga Bisa Diabetes. https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/anak-juga-bisa-diabetes

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Image by Freepik

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

penanganan diabetes tipe 1

Penanganan Diabetes Tipe 1: Mulai dari Insulin Sampai Olahraga

Diabetes   16/12/2022
olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
detak jantung janin

Kapan Detak Jantung Janin Muncul? Ketahui Fase Perkembangan Jantung Janin!

Ibu dan Anak   12/12/2022
janin tidak berkembang

Penyebab Janin Tidak Berkembang, dan Ciri-Cirinya

Ibu dan Anak   08/12/2022
nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman