fbpx
BerandaIbu dan AnakKapan Detak Jantung Janin Muncul? Ketahui Fase Perkembangan Jantung Janin!

Ketika sedang mengandung, setiap orang tua pasti tidak sabar untuk mengetahui kesehatan tumbuh kembang janinnya. Salah satu cara untuk mengetahui janin mulai berkembang dengan sehat adalah dengan munculnya detak jantung. Lalu, kapan detak jantung janin dapat muncul? Bagaimana cara mendeteksinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

detak jantung janin

Kapan detak jantung janin mulai terdengar?

Detak jantung janin pertama kali dapat dideteksi mulai dari minggu ke 5 hingga minggu ke 6 masa kehamilan. Namun, awal fase detak jantung akan paling signifikan pada minggu ke 6 atau minggu ke 7 setelah awal kehamilan.

Dokter akan memeriksa detak jantung janin Anda dengan melakukan USG. USG yang merupakan kepanjangan dari Ultrasonografi (USG) adalah prosedur pengambilan gambar yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi. Anda dapat melihat detak jantung yang sudah mulai bergerak di layar monitor.

Perkembangan detak jantung janin

Detak jantung penting untuk diperiksa dan dikontrol karena dapat memengaruhi kesehatan tumbuh kembang janin. 

Pada umumnya, detak jantung janin normal adalah sekitar 110 dan 160 detak per menit. Namun, variasi detak jantung bayi juga dapat disebabkan oleh rahim yang berkontraksi sehingga memengaruhi aliran darah ke plasenta.

Sebelum detak jantung dapat berfungsi secara penuh, ada pun fase-fase perkembangan organ jantung seperti berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Minggu ke-5

Pada fase pertama, organ jantung mulai terbagi menjadi dua tabung yang bagian tengahnya masih menyatu, dengan empat tabung bercabang di atasnya. 

Saat ini, jaringan di organ jantung mulai berkontraksi dan berdetak pelan. Detak jantung berjalan sekitar 80-103 detak per menit.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Minggu ke-6

Memasuki minggu setelahnya, jantung janin mulai berkembang lebih kompleks. Tabung dari organ jantung akan berbentuk melingkar.

Di sini, jantung janin berdetak 103-126 detak per menit.

  • Minggu ke-7

Selanjutnya, ventrikel dan atrium di dalam jantung mulai terpisah dan berkembang menjadi jauh lebih besar. Selain itu pembuluh darah yang keluar dan masuk ke jantung mulai terbentuk.

Atrium adalah dua ruang di bagian atas jantung, di mana atrium kiri menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru, sedangkan serambi kanan menerima darah dengan kandungan oksigen rendah dari seluruh tubuh. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ventrikel sendiri adalah dua ruang yang berada di bagian bawah jantung. Ruang bawah ini bertugas untuk menerima darah dari atrium untuk dikeluarkan dari jantung.

Jantung berdetak 126-149 detak per menit.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Minggu ke-8

Di tahapan ini, katup antara atrium dan ventrikel jantung mulai terbentuk dan bersekat satu dengan yang lainnya.

Jantung berdetak 149-172 detak per menit.

  • Minggu ke-9 dan ke-12

Setelah lebih dari 8 minggu, organ jantung janin telah berkembang. Lalu pada minggu ke 12, jantung janin berdetak 120-160 per menit.

Apakah detak jantung janin perempuan dan laki-laki berbeda?

Jenis kelamin janin tidak dapat diindikasikan melalui detak jantungnya. Tidak ada penelitian yang menemukan bahwa adanya perbedaan dari detak jantung janin perempuan dengan detak jantung janin laki-laki.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika Anda ingin mengetahui jenis kelamin janin, lakukan prosedur USG di rumah sakit. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan darah seperti Non Invasive Prenatal Testing (NIPT) yang digunakan umumnya untuk melihat ada tidaknya kelainan genetik pada janin. 

Itulah tadi penjelasan seputar detak jantung janin. Yang perlu diperhatikan adalah jika janin tidak memiliki detak jantung normal, karena dapat mengindikasikan adanya gangguan kesehatan. Tak perlu terlalu cemas dan khawatir, rutinlah periksa kesehatan janin Anda dan konsultasi seputar kesehatan kehamilan Anda ke dokter. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.


Allyse, M, et al. 2015. Non-invasive prenatal testing: a review of international implementation and challenges. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4303457/

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Babyheart Australia. Fetal Heartbeat By Week Chart. https://babyheart.com.au/blogs/news/fetal-heartbeat-by-week-chart

Healthline. 2018. How Early Can You Hear Baby’s Heartbeat on Ultrasound and By Ear? https://www.healthline.com/health/pregnancy/when-can-you-hear-babys-heartbeat#first-ultrasound

Image by rawpixel.com on Freepik

Jones, MSN-ED RN-BC, B. 2022. What’s a Normal Fetal Heart Rate During Pregnancy? https://www.verywellhealth.com/normal-fetal-heart-rate-5216868

Jaminan Lifepack untuk Anda

Malachi Bsc, R. 2022. When Can You Hear Fetal Heartbeat: A Week-By-Week Chart. https://www.momjunction.com/articles/fetal-heartbeat_00475982/

Medical News Today. 2022. When does a fetus have a heartbeat? https://www.medicalnewstoday.com/articles/when-does-a-fetus-have-a-heartbeat#timeline

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Miles, K. 2021. When does the heart develop in a fetus? https://www.babycenter.com/pregnancy/your-baby/fetal-development-your-babys-heart_20005022

NHS North Bristol. Listening to your Baby’s Heartbeat. https://www.nbt.nhs.uk/maternity-services/labour-birth/listening-your-babys-heartbeat

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

mencegah diabetes tipe 2 pada anak

Ayah Bunda, Yuk Mulai Mencegah Diabetes Tipe 2 Pada Anak!

Diabetes   15/12/2022
janin tidak berkembang

Penyebab Janin Tidak Berkembang, dan Ciri-Cirinya

Ibu dan Anak   08/12/2022
nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022
stimulasi tumbuh kembang anak

Bagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Ibu dan Anak   11/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman