fbpx

Neuropyron V Methampyrone

Okt 7, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf N | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ketika Anda mengalami demam atau habis terjatuh ataupun pasca menjalankan prosedur operasi, Anda bisa mengalami nyeri. Rasa nyeri apalagi yang tak tertahankan sangat mengganggu ketika Anda ingin beraktivitas. Karena itu Anda bisa meredakannya dengan mengonsumsi Neuropyron V Methampyrone

Informasi

Neuropyron V Methampyrone merupakan suatu obat untuk mengatasi nyeri sedang hingga berat serta demam. Obat ini termasuk golongan obat analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (pereda demam) yang cukup kuat sehingga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri berat akibat kolik atau pasca operasi.

Perlu Anda ingat, bahwa ini termasuk obat keras sehingga penggunaannya harus dengan resep dokter. Neuropyron V Methampyrone memiliki formula methampyrone yang dikombinasikan dengan vitamin B1, B6 dan B12. Berbeda dengan neuropyron biasa yang hanya terbuat dari methampyrone dan obat penenang. 

Formula Methampyron pada obat ini berperan sebagai OAINS yang digunakan untuk mengatasi nyeri akut dan demam. Sedangkan vitamin B1 membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi  untuk otak dan saraf, vitamin B6  untuk menjalankan fungsi darah, kulit dan sistem saraf pusat, serta vitamin B12 untuk pembentukan darah dan menyokong fungsi normal otak (Baca juga Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin).

Penggunaan neuropyron v methampyrone untuk meredakan nyeri berat. Lebih khususnya untuk mengatasi nyeri berat yang berhubungan dengan saraf  seperti pada neuritis dan neuralgia (nyeri kronis akibat terganggunya saraf trigeminal).

Dosis

Obat neuropyron v methampyrone tersedia dalam bentuk tablet dengan formula methampyron 500 mg, vitamin B1 50 mg, vitamin B6 100 mg dan vitamin B12 100 mg. Penggunaan obat ini pada pasien dewasa untuk meredakan nyeri akibat neuritis dan neuralgia dapat diberikan dosis 1 tablet 3 kali sehari. Sedangkan penggunaan pada anak-anak harus atas petunjuk dan resep dokter. 

Kontraindikasi

neuropyron-v-methampyrone2

Interaksi dengan Obat Lain

Harus selalu Anda ingat, bahwa obat ini hanya boleh digunakan atas resep dan petunjuk dari dokter. Neuropyron V Methampyrone tidak bisa digunakan bersama dengan obat chlorpromazine, karena dapat meningkatkan risiko efek samping yang ditimbulkan.

Obat ini juga tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat yang menekan sistem saraf pusat karena dapat meningkatkan efek buruk obat ini. Jangan kombinasikan obat ini dengan obat simetidin, karena dapat meningkatkan risiko iritasi dan tukak pada saluran pencernaan. Perlu Anda ingat, selama konsumsi obat ini, jangan dibarengi dengan konsumsi alkohol, karena dapat meningkatkan efek samping obat ini.

Kelompok Orang Berisiko

Beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu tidak diperbolehkan mengonsumsi obat ini. Supaya lebih aman, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Gunakan obat ini sesuai petunjuk dari dokter. 

Anda tidak disarankan menggunakan obat ini jika memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat ini, memiliki tekanan darah di bawah 100 mmHg, sedang menderita psikosis akut, mengalami depresi parah, serta memiliki kelainan fungsi darah.

Sebelum menggunakan obat ini, pastikan Anda tidak memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat. Bagi Anda yang menderita gangguan fungsi hati dan ginjal serta kelainan fungsi darah, harap hati-hati selama penggunaan karena akan memperparah kondisinya.

Obat ini juga berisiko jika digunakan bagi seseorang dengan depresi parah, sebaiknya dalam perhatian dokter saat diberikan obat ini. Sebaiknya Anda menghindari berkendara atau menjalankan alat berat yang membutuhkan konsentrasi tinggi saat menggunakan obat ini. Dan berhentilah konsumsi alkohol saat mengonsumsi obat ini.

Efek Samping

Sebagaimana obat OAINS lainnya, neuropyron v methampyrone juga memiliki efek samping bila digunakan. Efek samping ringan yang biasa muncul seperti mengantuk, ataksia, mudah lelah, konstipasi, dan depresi. Jika efek samping ringan sering Anda alami dalam masa konsumsi obat, hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter supaya diberikan resep lainnya. 

Namun, konsumsi obat ini juga dapat memunculkan efek samping parah dengan muncul gejala hipertensi, jaundice (kulit dan mata kekuningan), mual dan muntah, agranulositosis, dan vertigo. Jika muncul efek samping serius, hentikan pemakaian obat dan segera dapatkan bantuan medis. 

Cara Konsumsi

Perlu Anda perhatikan, konsumsi obat ini harus atas resep dan petunjuk dokter. Jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa pemberitahuan dokter. Obat ini bisa Anda konsumsi setelah makan atau bersamaan dengan makan.

Anda harus mengatur konsumsi obat ini antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 6-8 jam. Sehingga untuk memudahkan Anda, usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari dengan membuat jadwal. 

Jika Anda melewatkan suatu dosis akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Jangan sampai Anda menggandakan dosis neuropyron v methampyrone pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis