fbpx

Neomisin Sulfat 0,5%

Nov 13, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf N | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Neomisin sulfat atau neomycin merupakan obat bergolongan antibiotik aminoglikosida sehingga hanya bisa dikonsumsi apabila mendapatkan resep dari dokter. Obat ini bisa digunakan baik oleh anak-anak dengan usia lebih dari dua tahun serta orang dewasa. Obat Neomisin biasa digunakan untuk mengatasi gangguan berupa infeksi kulit, telinga dan juga mata. Neomisin Sulfat tersedia dalam berbagai bentuk atau sediaan seperti tetes telinga, krim, serbuk, gel dan tetes atau salep mata.

Informasi

Obat Neomisin Sulfat adalah obat yang berfungsi untuk mencegah timbulnya risiko infeksi sesudah dijalankan prosedur operasi. Tugas obat Neomisin adalah dengan menghentikan tumbuhnya bakteri pada organ usus yang menjadi penyebab timbulnya infeksi. Selain itu, obat Neomisin juga bekerja sebagai obat tetes untuk mengatasi infeksi oleh bakteri.

neomisin sulfat, neomycin
Neomisin sulfat atau neomycin merupakan obat bergolongan antibiotik aminoglikosida yang hanya bisa dikonsumsi dengan resep dari dokter.

Dosis 

Obat Neomisin tergolong obat resep sehingga untuk penggunaan obat yang tepat harus mengikuti petunjuk dari dokter. Rincian dosis berdasarkan usia dan juga penyakit adalah sebagai berikut:

Antisepsis Usus Setelah Sebelum Operasi

Pemberian pada dewasa adalah sebanyak 1 gram diberikan setiap jam. Kemudian pada 2 hingga 3 hari sebelum dijalankannya prosedur operasi diberikan setiap 4 jam. Pemberian pada anak-anak usia 6 hingga 12 tahun adalah sebanyak 250-500 mg diberikan setiap 4 jam pada 2 hingga 3 hari sebelum dijalankannya prosedur operasi. Sementara untuk anak usia lebih dari 12 tahun maka diberikan sebanyak 1 gram setiap 4 jam pada 2 hingga 3 hari sebelum dijalankannya prosedur operasi.

Encephalopathy Hepatic

Pada anak diberikan dosis sebanyak 50 hingga 100 mg/kg perhari selama lima hingga tujuh hari diberikan dalam dosis terbagi. Untuk dewasa diberikan sebanyak 4 hingga 12 gram per hari selama lima hingga tujuh hari diberikan dalam dosis terbagi. Sementara untuk mengatasi insufisiensi hati kronis diberikan sebanyak 4 gram pada periode pemberian yang tidak terbatas. 

Infeksi Kulit Topikal atau Cutaneous

Untuk mengatasi gangguan berupa infeksi kulit topikal atau cutaneus dewasa diberikan sebanyak 2 kali pengolesan dalam sehari. Pastikan area yang akan diberi krim sudah dibersihkan. Untuk mengatasi gangguan pada anak dengan usia di atas dua tahun maka dosis yang diberikan sama dengan orang dewasa.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Obat Neomisin bisa berinteraksi dengan obat-obatan lainnya seperti berikut:

  • Pemberian bersama obat Antikoagulan dapat berisiko menyebabkan pendarahan
  • Pemberian bersama obat Acarbose dapat berisiko menyebabkan peningkatan efek obat
  • Jika pemberian bersamaan obat Bifosfonat dapat berisiko menyebabkan peningkatan risiko hipokalemia
  • Pemberian bersama obat Digoxin dapat berisiko menyebabkan terganggunya penyerapan obat
  • Pemberian bersama vaksin untuk tifoid oral dapat berisiko menyebabkan penurunan efektivitas vaksin
  • Jika pemberian bersamaan obat Furosemide dapat berisiko menyebabkan timbulnya efek racun atau toksisitas pada neomycin.

Kelompok Orang Berisiko

Wanita hamil serta sedang menyusui termasuk ke dalam golongan orang yang berisiko apabila mengkonsumsi obat dengan kandungan Neomisin sulfat. Obat ini masuk ke dalam kategori D yakni kategori obat yang cukup berbahaya bagi wanita hamil karena dapat menimbulkan risiko gangguan pada janin. 

Hanya saja, apabila dokter melihat manfaat obat Neomisin lebih besar kepada pasien ketimbang risiko yang mungkin diterima, maka dokter bisa saja menyarankan penggunaan obat ini. Selain itu, obat Neomisin juga tidak disarankan untuk diberikan pada mereka yang memiliki riwayat alergi. Oleh sebab itu Anda disarankan untuk selalu memberitahu dokter mengenai riwayat alergi pada obat. 

Pasien juga tidak boleh diberikan vaksinasi atau imunisasi saat menggunakan obat Neomisin. Mereka yang memiliki riwayat penyakit vertigo serta gangguan ginjal dan organ hati disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat ini. 

Efek Samping 

Penggunaan obat Neomisin Sulfat atau Neomycin dapat meningkatkan beberapa efek samping ringan seperti sakit kepala, mual serta muntah. Sementara itu, ada beberapa efek samping serius yang jarang muncul namun tetap memiliki risiko terjadi sebagai berikut:

  • Fatalitas: Obat Neomisin dapat menyebabkan timbulnya nefrotoksisitas yakni depresi pada area pernapasan bahkan penghentian napas yang disebabkan blokade neuromuskular.
  • Ototoksisitas: Efek samping yang bisa timbul seperti meningkatnya produksi air liur, muntah dan mual, stomatitis, diskrasia darah, reaksi hipersensitivitas, sindrom malabsorbsi, diare, peningkatan kadar bilirubin serta enzim pada organ hati. 

Apabila Anda mengalami salah satu dari efek samping di atas Anda harus segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. 

Cara Konsumsi 

Cara konsumsi yang tepat dibagi berdasarkan jenis obat Neomisinnya. Untuk obat berjenis Neomisin topikal maka untuk memberikannya maka penderita harus mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun. Selanjutnya area yang akan diberikan obat harus dibersihkan dan dikeringkan. Selanjutnya obat Neomisin bisa dioleskan pada kulit. 

Sementara untuk obat Neomisin sebagai tetes telinga dan tetes mata, maka area yang akan diberi obat yakni mata serta telinga harus dibersihkan terlebih dulu dan dikeringkan. Selanjutnya obat bisa langsung diteteskan mengikuti petunjuk dokter.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis