fbpx

Naftidrofuryl Oxalate

Nov 13, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf N | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Naftidrofuryl Oxalate merupakan jenis obat yang mampu untuk meningkatkan aliran darah pada suatu daerah yang spesifik. Obat ini juga berguna untuk memperbaiki sirkulasi oksigen yang ada pada darah. cara kerja Naftidrofuryl Oxalate ini adalah dengan membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar (Baca juga Inilah Daftar Makanan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat).

Informasi

Naftidrofuryl Oxalate memang memiliki kegunaan untuk meningkatkan suplai darah bagi pasien yang mengalami suplai darah buruk. Bagi pasien yang mengalami kondisi ini, akan menyebabkan beberapa risiko penyakit yang muncul seperti kram yang bisa saja terjadi pada area betis atau otot kaki lainnya ketika Anda sedang berolahraga atau berjalan. 

Naftidrofuryl Oxalate
Naftidrofuryl Oxalate merupakan jenis obat yang mampu untu meningkatkan aliran darah guna memperbaiki sirkulasi oksigen yang ada pada darah.

Kondisi lain yang bisa disebabkan adalah rasa nyeri pada kaki, gangren, bisul pada kulit, jari yang terasa sakit atau justru mati rasa serta dingin atau mengalami kebiruan. Kondisi lain bisa saja muncul karena suplai darah Anda tidak baik.

Dosis

Penggunaan dosis yang tepat untuk obat ini bisa saja berbeda. hal ini dapat dipengaruhi karena kondisi maupun usia atau faktor lainnya. Namun, secara umum penggunaan dosis obat ini untuk orang dewasa dengan gangguan perdarahan pada otak adalah dengan obat jenis oral dengan dosis 100 mg yang digunakan 3 kali sehari. Sedangkan untuk orang dewasa yang memiliki kondisi penyakit pembuluh darah tepi, dosis yang dianjurkan adalah sekitar 100 hingga 200 mg dengan jadwal tiga kali sehari.

Sedangkan untuk anak-anak, dosis yang diberikan belum ditentukan. Anda perlu mengkonsultasikannya dengan dokter supaya dosis yang digunakan untuk anak adalah dosis yang tepat dan sesuai dengan kondisinya. Obat ini tersedia dalam bentuk oral atau kapsul dengan dosis 100 mg.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Interaksi obat bisa terjadi jika Anda mengkonsumsi obat Naftidrofuryl dengan obat lainnya dalam kurun waktu yang bersamaan. Interaksi yang terjadi juga bisa menyebabkan perubahan kinerja obat sampai menyebabkan efek samping. 

Pastikan untuk mengkonsultasikan kepada dokter jika Anda menggunakan obat lain, baik obat dengan resep, obat tanpa resep, maupun obat herbal serta suplemen dan jenis obat lainnya. Tujuannya adalah untuk menghindari interaksi obat itu sendiri. Selain itu pastikan Anda tidak mengkonsumsi alkohol selama menggunakan obat ini. jangan mengubah dosis maupun menggunakan obat lainnya tanpa persetujuan dokter Anda terlebih dahulu.

Kelompok Orang Berisiko

Selain karena interaksi dengan obat lain, kontraindikasi pun bisa disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu. Sama halnya dengan penggunaan obat lain yang perlu Anda konsultasikan, Anda juga perlu mengkonsultasikan kondisi kesehatan Anda kepada dokter termasuk riwayat penyakit yang pernah dialami. 

Kondisi kesehatan yang dapat menimbulkan kontraindikasi adalah gangguan ginjal. Sebelum menggunakan obat, pastikan Anda telah membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan termasuk peringatan penggunaan obat untuk kondisi penyakit tertentu.

Efek Samping

Efek samping memang selalu ada pada setiap obat termasuk Naftidrofuryl.  Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat ini bisa berupa diare, muntah atau merasa tidak enak badan, muncul ruam serta sakit perut. gejala tersebut termasuk gejala tidak umum atau jarang terjadi. Bisanya hanya 1 dari 100 bahkan 1000 orang yang dapat mengalami efek samping ini.

Sedangkan untuk efek samping berat dari penggunaan obat ini adalah menimbulkan peradangan pada hari atau hepatitis, mengalami gagal hati, atau bisa mengalami gagal ginjal. Namun efek berat ini juga tergolong sangat langka. Jika Anda mengalami efek samping setelah penggunaan obat Naftidrofuryl, segera konsultasikan kondisi tersebut dengan dokter Anda untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang dapat mengalami efek samping dari Naftidrofuryl. Namun ada pula orang yang mengalami efek samping diluar daftar yang sudah dicantumkan. Jika Anda khawatir mengenai efek sampingnya, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada apoteker atau dokter untuk memperoleh penjelasan yang lebih lengkap.

Cara Konsumsi

Cara mengkonsumsi obat Naftidrofuryl Oxalate adalah dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter. Selain itu, pastikan Anda juga membaca informasi secara lengkap yang tertera pada kemasan obat Naftidrofuryl ini. informasi tersebut selain menunjukan cara konsumsi juga ada peringatan serta efek samping yang disertakan.

Selain itu, Anda harus menelannya sesuai dengan dosis dan jadwal penggunaan yang sudah diberikan oleh dokter Anda. Jangan mengubah dosis baik menambahkan atau mengurangi karena dapat menyebabkan gangguan kinerja obat atau justru dapat menyebabkan overdosis.

Anda bisa menggunakan segelas air untuk membantu menelan kapsul obat ini. selain untuk mempermudah menelan obat, cara konsumsi seperti itu juga dapat membantu Anda terhindar dari risiko efek samping termasuk batu ginjal. Pastikan juga untuk minum air yang cukup selama pengobatan. Selain itu juga dapat mencegah kapsul untuk tidak tersangkut dalam tenggorokan sehingga dapat membuat iritasi.

Langsung telan obat ini dan jangan mengunyah maupun membuka kapsul karena dapat menyebabkan efektifitas obat menjadi berkurang. Simpanlah obat di tempat yang aman atau jauh dari jangkauan binatang peliharaan Anda maupun jauh dari jangkauan anak-anak. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami efek samping setelah mengkonsumsi Naftidrofuryl.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis