fbpx

Natrium Hyaluronate

Nov 10, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf N | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Ada banyak senyawa yang berfungsi untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Salah satu senyawa yang banyak digunakan untuk kecantikan dan kesehatan kulit adalah Natrium hyaluronate. Senyawa ini dengan nama lain asam hialuronat atau hyaluronic acid memiliki fungsi untuk mengencangkan serta melembabkan kulit manusia. Oleh karena fungsinya yang sangat baik untuk kulit, Natrium hyaluronate banyak diterapkan ke dalam produk kecantikan (Baca juga Natrium Metamizol).

Informasi 

Natrium hyaluronate sebenarnya tersedia secara alami pada jaringan ikat dan kulit manusia. Senyawa ini atau sodium hyaluronate terdapat dalam wujud garam natrium yang bisa larut dalam air. Senyawa ini memiliki bentuk molekul yang lebih kecil ketimbang asam hialuronat sehingga dapat menembus hingga ke bagian terdalam kulit. 

Kemampuan senyawa Natrium hyaluronate adalah mencegah terjadinya penuaan dini serta dapat menghidrasi kulit. Oleh karena kemampuannya yang menakjubkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit, Anda mungkin dapat menemukan senyawa ini di dalam krim pelembab wajah dan kulit, serum serta krim perawatan lainnya. 

natrium hyaluronate, sodium hyaluronate
Senyawa Natrium hyaluronate dengan nama lain asam hialuronat memiliki fungsi untuk mengencangkan serta melembabkan kulit manusia.

Kemampuan Natrium hyaluronate dapat menghilangkan garis-garis halus di kulit seperti garis keriput dan kerutan. Kemampuan lainnya dapat mencegah timbulnya jerawat. Pasalnya, Natrium hyaluronate tersedia dalam molekul halus sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit. 

Natrium hyaluronate ternyata juga memiliki kemampuan untuk meredam kejut di tulang rawan serta persendian. Penggunaannya dalam dunia medis dimanfaatkan sebagai obat untuk luka bakar, melindungi borok, serta luka iritasi agar segera sembuh. Cara bekerjanya adalah sebagai pelindung dari area yang terluka.

Dosis 

Dosis Natrium hyaluronate tergantung dari sediaan obat. Secara umum dapat ditemukan dalam bentuk sediaan gel dan juga suntikan. Untuk penggunaan dalam bentuk gel maka bergantung kepada tujuan dan sediaan. Misalnya obat dalam sediaan krim kecantikan maka tinggal mengikuti petunjuk penggunaan. Umumnya digunakan sekali hingga dua kali sehari.

Sementara untuk obat dalam sediaan suntikan maka dosis yang tepat sebaiknya mengikuti anjuran dokter. Obat ini diinjeksi sebanyak 2 ml ke intra-articular ke bagian lutut. Pemberian dilakukan selama lima minggu dan diberikan satu kali seminggu untuk sediaan Hyalgan. 

Sementara untuk sediaan Supartz maka diberikan dengan cara injeksi secara intra-articular ke bagian lutut sebanyak 2,5 ml. Pemberian dilakukan selama periode 5 minggu satu kali seminggu. Dosis Natrium hyaluronate pada anak-anak belum dapat ditentukan. 

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain 

Penggunaan obat-obatan tertentu mungkin dapat saling berinteraksi dan menimbulkan efek samping maupun penurunan kinerja obat. Anda sebaiknya selalu berkonsultasi ke dokter apabila Anda tengah mengkonsumsi obat-obatan lainnya di saat yang bersamaan. Dokter akan melakukan evaluasi apakah penggunaan Natrium hyaluronate bersamaan dengan obat tertentu aman atau tidak.

Kelompok Orang Berisiko 

Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap penggunaan obat Natrium hyaluronate sangat dilarang menggunakan obat ini. Sementara pada ibu hamil dan menyusui belum terdapat informasi lebih lengkap terkait efek penggunaan obat ini. Untuk itu penggunaan obat Natrium hyaluronate harus selalu mengikuti anjuran dokter agar mendapatkan dosis yang sesuai. 

Efek Samping

Efek samping yang ditimbulkan oleh obat Natrium hyaluronate sangat bervariasi bergantung kepada kondisi setiap pasien. Contoh efek sampingnya berupa reaksi alergi yang mungkin timbul adalah pembengkakan pada area bibir, wajah, tenggorokan dan juga lidah. Timbul ruam-ruam merah yang terasa gatal pada beberapa bagian tubuh. Sulit untuk bernapas

Penggunaan obat Natrium hyaluronate juga bisa menimbulkan efek samping yang cukup serius seperti:

  • Detak jantung yang lebih cepat, 
  • Tubuh terasa menggigil hingga terasa gemetar 
  • Berkeringat berlebihan 
  • Bengkak pada bagian tubuh seperti lutut setelah pemberian obat secara injeksi
  • Kebingungan dan rasa cemas mengganggu

Penggunaan Natrium hyaluronate juga bisa menimbulkan efek samping ringan seperti:

  • Sakit perut dan mual
  • Sakit kepala
  • Mati rasa serta perasaan geli
  • Kekakuan pada persendian serta bengkak pada beberapa area yang mendapat suntikan
  • Rasa lelah
  • Iritasi dan gatal pada sekitar area lutut 
  • Timbul gejala seperti akan pilek seperti sakit pada tenggorokan, bersin dan hidung tersumbat

Cara Konsumsi

Penggunaan obat mengandung Natrium hyaluronate dalam bentuk gel adalah dengan mengoleskannya ke area kulit. Sebelum dan setelah menggunakan obat Anda diharuskan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Daerah yang terluka harus disterilkan terlebih dahulu sehingga obat tidak akan mengenai kotoran di kulit. Obat dioleskan tipis-tipis ke daerah yang terluka atau bermasalah. 

Penggunaan obat umumnya dua sampai tiga kali dalam sehari. Penggunaan obat sebaiknya secara teratur di waktu yang sama setiap hari. Tujuannya agar Anda mendapatkan manfaat obat secara optimal. Penyimpanan obat adalah pada suhu ruangan dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Jangan menyimpan obat dengan cara dibekukan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis