Anda pasti sudah familiar dengan nama boraks. Ya, senyawa ini sering disebut-sebut pada kasus penyalahgunaan penggunaannya pada makanan. Disamping kasus tersebut, pada penggunaan yang tepat, boraks bisa Anda gunakan sebagai obat. Biasanya terbentuk pada sediaan natrium borat. 

Informasi 

Natrium borat merupakan salah satu senyawa mineral yang terbentuk secara alami dari sebuah bijih boron. Senyawa ini memiliki warna abu-abu putih, dapat terlihat jelas tanpa sinar matahari, garis putih, dan berminyak. 

Natrium borat biasa digunakan untuk membersihkan larutan. Beberapa sabun tangan juga ditemukan mengandung senyawa ini. Selain itu, senyawa ini juga dapat digunakan sebagai fluks dalam pengelasan.

natrium borat
Natrium borat adalah senyawa mineral yang terbentuk secara alami dari biji boron. Natrium borat biasa digunakan untuk membersihkan larutan.

Untuk bidang kesehatan, natrium borat juga memiliki manfaat. Senyawa ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati encok (artritis), tonsilitis, infeksi pada vagina, luka terbuka, ketombe pada kulit kepala, menghilangkan jerawat, mencegah kerusakan DNA, serta untuk kesehatan jantung. 

Dosis

Natrium borat dalam bidang kesehatan bisa dimanfaatkan untuk mencegah maupun mengobati artritis, tonsilitis, infeksi vagina, dan luka terbuka. Namun penggunaannya harus atas resep dan petunjuk dari dokter. Terutama untuk pengobatan PCOS, kerusakan DNA, dan kesehatan jantung. 

Natrium borat juga digunakan pada produk kosmetik dalam dosis tertentu sesuai prosedur dari BPOM. Biasanya digunakan pada produk shampo untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala serta pada produk krim wajah maupun bedak untuk mengatasi jerawat. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan obat dengan kandungan natrium borat sebaiknya atas resep dan petunjuk dokter. Terlebih mengonsumsinya bersama dengan obat lain, dapat mengakibatkan berkurangnya efektivitas obat, overdosis, hingga efek samping akut lainnya. 

Kelompok Orang Berisiko

Obat yang mengandung natrium borat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui karena dapat mempengaruhi kondisi bayi bahkan dapat menyebabkan keguguran. Bagi wanita yang mengalami masalah pada hormon estrogen juga tidak dianjurkan. Sebaiknya penggunaan obat ini berdasarkan resep dan petunjuk dari dokter. 

Efek Samping

Senyawa ini tidak aman dikonsumsi terutama secara oral, terlebih oleh ibu hamil dan menyusui. Penggunaan yang berlebihan juga dapat membahayakan hormon dan merusak sistem reproduksi laki-laki.

Konsumsi natrium borat berbahaya bagi Anda jika pernah mengidap penyakit apa pun yang mungkin memburuk karena terkena estrogen. Asupan akut 2 sampai 20 gram obat ini secara lisan dapat mengakibatkan gejala-gejala seperti mual, muntah, sakit perut, diare, depresi, dan kejang otot. 

Penggunaan pada jangka panjang dapat mengakibatkan iritasi kulit, hilangnya nafsu makan, mual, dan keracunan. Selain itu juga dapat mengganggu sistem pernapasan. Gejala-gejala lain akibat kontak mata yang akut dan kronis mencakup iritasi mata, kekeringan mulut, hidung, atau tenggorokan. 

Cara Konsumsi

Natrium borat dalam mencegah artritis, biasanya digunakan sebagai obat pembantu dan digunakan bersama senyawa kalsium.  Sedangkan untuk pengobatan tonsilitis  (peradangan yang terjadi pada amandel) yang sering dialami anak-anak, meskipun orang dewasa juga berpotensi, dapat dicampur dengan gargling sehingga efektif mengurangi peradangan. 

Pada penggunaannya untuk PCOS, sebaiknya atas petunjuk dari dokter. Penggunaan natrium borat diteliti dapat meningkatkan fungsi uterine termasuk sekresi ovum dan menstruasi pada wanita yang menderita masalah PCOS,  sehingga sistem reproduksi menjadi lebih sehat.

Penggunaan obat ini untuk infeksi vagina yang diakibatkan oleh infeksi bakteri atau parasit tapi yang paling umum jenis vagina adalah karena candida, jenis ragi. Biasanya terdapat pada sediaan obat salep dan kapsul. Senyawa ini juga bisa digunakan sebagai antiseptik untuk pengobatan luka terbuka. Juga terdapat dalam bentuk salep. Sebelum mengoleskan obat dengan kandungan natrium borat pada luka, pastikan sudah cuci tangan. Anda bisa mengaplikasikannya tipis-tipis pada luka dengan bantuan kapas. 

Natrium borat pada produk sampo bisa digunakan untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Anda bisa menggunakannya ketika keramas selama 10 menit sebelum membilasnya. Usahakan tidak sering menggunakan sampo ini karena dapat menimbulkan efek samping, cukup gunakan 1 – 2 kali seminggu. 

Natrium borat juga digunakan pada produk anti acne. Namun Anda harus teliti melihat kadar senyawa ini yang digunakan pada formula kosmetik. Usahakan pilih yang kadarnya rendah. Hal tersebut karena natrium borat dapat menyebabkan iritasi maupun alergi. 

Natrium borat juga dapat digunakan untuk mencegah kerusakan DNA sehingga tidak menyebabkan perubahan genetik penyakit kronis. Juga berguna dalam kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan merupakan stimulator yang efisien dari antioksidan alami, sehingga mengurangi risiko peroksidasi lipid yang bertanggung jawab atas aterosklerosis dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, natrium borat juga terdapat pada produk obat kumur untuk sariawan maupun bau mulut, pasta gigi, obat tetes mata, dan tetes telinga. Penggunaannya sebaiknya atas saran dan petunjuk dokter. Jika tidak, sebaiknya ikuti instruksi pemakaian atau penjelasan dari apoteker.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?