fbpx
BerandaTelemedikGejala Alergi Dingin dan Pemilihan Obat yang Tepat

Kondisi tubuh yang mengalami alergi terhadap cuaca dingin ternyata bisa terjadi ketika adanya pelepasan histamin maupun zat kimia lain dalam aliran darah. Kebanyakan tidak diketahui penyebab dari alergi dan obat alergi yang tepat.

obat alergi

Kondisi tubuh yang memunculkan reaksi alergi dingin paling parah yaitu ketika tubuh berada di dalam suhu dingin. Misalnya ketika berada di ruangan ber-ac, berenang, berada di daerah dataran tinggi, ataupun yang lainnya. Secara umum alergi dingin memang bisa menghilang dengan sendirinya pada beberapa pekan ataupun bulan. Akan tetapi saat reaksi alergi tersebut muncul tentunya ada gejala yang membuat penderitanya merasa kurang nyaman (Baca juga 5 Faktor Penyebab Munculnya Alergi yang Perlu Anda Waspadai).

Gejala Alergi Dingin

Gejala yang timbul pada setiap orang mungkin berbeda-beda. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, termasuk faktor sistem kekebalan tubuh. Bagi diri seseorang yang mengalami alergi terhadap cuaca dingin akan merasakan beberapa gejala seperti berikut ini:

Tubuh Terasa Gatal dan Muncul Ruam Kemerahan

Reaksi alergi dingin pertama yang seringkali ditimbulkan yaitu adanya rasa gatal dan seringkali muncul ruam kemerahan. Hal ini memang menjadi ciri khas yang paling mudah dikenali bagi penderita alergi. Termasuk seseorang yang mengalami alergi terhadap suhu dingin. Seseorang yang mengalami gejala ini memang sulit dihilangkan walaupun sudah berpindah ke ruangan yang lebih hangat

Mengalami Pembengkakan

Selain tubuh mengalami ruam kemerahan dan terasa gatal, gejala alergi dingin juga dapat muncul adanya pembengkakan. Pembengkakan tersebut terjadi di beberapa bagian tubuh. Misalnya pada bagian kaki, tangan, wajah ataupun anggota tubuh lainnya. Masing-masing orang akan mengalami pembengkakan yang tidak sama. Sehingga hal ini perlu diwaspadai ketika Anda mengalami pembengkakan akibat alergi dingin.

Kemunculan Bentol-Bentol Berwarna Merah

Bentol-bentol berwarna merah seperti biduran juga menjadi reaksi alergi terhadap suhu dingin. Salah satu penyebabnya yaitu paparan alergennya yang menjadikansel darah putih akan melepaskan histamin ke dalam aliran darah. Dengan demikian tubuh mampu memberikan respon terhadap peradangan dengan cara memunculkan bengkak, bentol merah, gatal maupun adanya perubahan kulit.

Jaminan Lifepack untuk Anda

obat alergi
Dampak reaksi alergi dingin paling parah yaitu ketika tubuh berada di dalam suhu dingin. Simak penjelasan gejala dan obat alergi berikut ini.

Pada kondisi ini, saat Anda berkonsultasi ke dokter, maka dokter akan melakukan pengujian reaksi terhadap energi dengan cara meletakkan es batu di area kulit pasien. Setelah itu dokter akan melihat respon dari peradangan yang seringkali ditimbulkan. Kemungkinan besar pasien yang mengalami alergi dingin akan menunjukkan adanya ruam dan kemerahan yang muncul pada bagian kulit.

dr. Irma Lidia, Tim Dokter Lifepack juga menambahkan bila reaksi alergi yang muncul berat seperti wajah bengkak, pandangan menjadi gelap, keringat dingin, jantung berdebar, dan sesak napas, segeralah ke IGD atau dokter untuk mendapat pertolongan medis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Obat untuk Alergi Dingin

Supaya bisa segera mengatasi alergi dingin yang sering kali mengganggu kenyamanan diri seseorang, maka disarankan untuk mengkonsumsi jenis obat alergi dingin. Untuk beberapa jenis obat alergi dingin berikut ini bisa Anda temukan di apotek atau bisa juga dengan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu supaya diberikan dosis yang sesuai.

Berikut ini jenis obat yang bisa Anda konsumsi ketika mengalami alergi dingin:

Obat Antihistamin

Jenis obat yang pertama ini memang paling sering kali digunakan oleh hampir semua orang, karena untuk obat ini mempunyai zat kimia vasoaktif, sehingga mempunyai efek di dalam pembuluh darah kecil atau kapiler supaya bisa menyebar. Pada saat Anda bersentuhan  dengan alergen atau yang menimbulkan alergi. Hal ini memang tidak berbahaya, sementara histamin diproduksi pada sistem kekebalan tubuh yang akan bereaksi secara berlebihan.

Ketika seseorang mengonsumsi obat ini, maka obat akan melawan alergen di dalam tubuh. Sehingga reaksi yang ditimbulkan dapat berupa mata, hidung dan kulit terasa gatal. Sistem kerja dari obat antihistamin ini yaitu sebagai penghenti kerja dari histamin dan histamin akan dihentikan pada saat Anda mengalami keracunan, biduran, terkena gigitan serangga, ataupun yang lainnya. Salah satu obat antihistamin adalah Cetirizine Novell 10 mg – 50 tablet (Rp 32.100).

Jaminan Lifepack untuk Anda

Leukotriene Antagonist

Kegunaan dari obat alergi yang kedua ini yaitu sebagai penghambat alergen. Obat ini menjadi substansi yang dilepaskan sel darah putih di bagian paru-paru yang seringkali menimbulkan aliran udara yang terhambat. Pada dasarnya obat ini seringkali digunakan pada penyakit asma. Akan tetapi leukotriene juga mempunyai manfaat lain dalam pengobatan alergi yang disebabkan oleh bulu binatang, spora jamur, maupun debu tungau.

Obat Kortikosteroid Sistemik

Jenis obat untuk alergi dingin yang diberikan dengan cara diminum atau oral yaitu obat kortikosteroid sistemik. Selain dikonsumsi secara oral ternyata obat ini juga dapat disuntikkan ke dalam tubuh. Efek samping yang ditimbulkan yaitu antiradang yang cukup mendalam sehingga dapat membantu untuk meringankan adanya gejala peradangan ketika Anda sedang mengalami alergi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsumsi obat untuk mengatasi alergi harus dilakukan secara teratur dan tentunya sesuai dengan anjuran dokter. Setiap orang tentunya akan memilikii kondisi alergi yang tidak sama, sehingga Anda selalu disarankan supaya benar-benar menemukan jenis obat sesuai dengan kondisi alergi yang sedang Anda alami.

Tenang! Lifepack punya solusinya! Anda dapat melakukan konsultasi dokter online. Kami juga menyediakan layanan tebus obat yang dapat Anda akses dengan mudah. Unduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store sekarang! Atau Anda bisa mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
apotek terlengkap di bandung

Daftar Apotek Terlengkap di Bandung

Telemedik   17/06/2022
apotek bandung

Apotek Modern Lifepack Akan Segera Hadir di Bandung

Telemedik   16/06/2022
apotek lifepack

Apotek Lifepack Hadir Secara Offline untuk Layanan Lengkap dan Tepat

Telemedik   31/05/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman