fbpx
BerandadirektoriObatCopper (II) Sulphate

Copper (II) Sulphate atau tembaga (II) sulfat adalah sebuah senyawa kimia yang tergolong ke dalam jenis garam. Senyawa kimia yang memiliki rumus molekul CuSO4 ini juga dikenal sebagai cupric sulphate dan terdapat di bumi. Copper (II) Sulphate ada di bumi dengan derajat hidrasi yang beragam. Senyawa kimia ini cukup umum dimanfaatkan untuk fungisida, pestisida dan herbisida. 

copper III sulphate

Informasi 

Senyawa Copper (II) Sulphate dapat dibuat dengan skala besar menggunakan campuran dari asam sulfat panas serta logam tembaga. Sifat senyawa ini sendiri dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan eksim. Apabila mengenai mata maka senyawa tembaga (II) sulfat dapat menyebabkan radang dan juga konjungtivitis di kornea mata dan kelopak mata.

 Hanya saja untuk paparan yang bersifat rendah sebenarnya Copper (II) Sulphate masih tergolong aman karena tidak begitu beracun. Namun untuk paparan tinggi maka bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti di atas. 

Senyawa tembaga sendiri dapat ditemukan secara alami dalam sumber makanan seperti biji-bijian, daging dan juga sayuran. Sifat tembaga adalah dapat membunuh virus, parasite dan juga bakteri. Keberadaan senyawa tembaga sendiri sangat penting bagi manusia karena ia berperan di berbagai jaringan tubuh manusia termasuk pada epidermis kulit. 

Senyawa tembaga juga banyak dimanfaatkan untuk memperbaiki luka karena sifatnya yang dapat menstabilisasi kerusakan dan pembentukan jaringan antar sel. 

Dosis 

Pemberian Copper (II) Sulphate yang tepat sebenarnya harus mengikuti anjuran dari dokter ataupun pada kemasan obat atau suplemen. Copper (II) Sulphate lebih banyak tersedia dalam bentuk campuran suplemen yang mengandung tembaga. Pada kondisi normal yakni mereka yang tidak memiliki penyakit bawaan seperti penyakit gangguan organ, penggunaan obat dengan kandungan tembaga bisa dilakukan tanpa menggunakan resep.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sementara bagi mereka yang memiliki masalah gangguan organ dan sebagainya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dosis yang tepat bergantung kepada usia serta tujuan penggunaan suplemen yang mengandung tembaga. Misalnya untuk mencegah gangguan defisiensi tembaga maka konsumsinya dapat dilakukan dari anak-anak usia 3 tahun hingga dewasa. 

  • Dosis pria dewasa dan remaja sebanyak 1,5 mg sampai 2,5 mg. 
  • Dosis untuk wanita dewasa dan remaja sebanyak 1,5 mg sampai 3 mg.
  • Untuk anak usia tujuh sampai 10 tahun dosis yang diberikan sebanyak 1,2 mg
  • Dosis untuk anak usia empat sampai enam tahun sebanyak 1 sampai 1,5 mg
  • Dosis untuk anak usia tiga sampai empat tahun adalah 0,4 mg sampai 1 mg.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Meski bukan merupakan obat keras yang konsumsinya wajib menggunakan resep dokter, namun konsumsi Copper (II) Sulphate dalam suplemen tentu tidak bisa sembarangan. Pasalnya senyawa ini bisa saja berinteraksi dengan senyawa lainnya hingga menyebabkan keefektifan berkurang atau malah menimbulkan efek samping berbahaya lainnya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sebaiknya hindari penggunaan suplemen yang mengandung Copper (II) Sulphate bersamaan dengan konsumsi penicillamine. Pasalnya, penggunaan bersamaan bisa menurunkan adsorbs penicillamine. Selain itu beri jeda untuk konsumsi seng atau zing. Beri jeda setidaknya dua jam untuk konsumsi berikutnya. 

Kelompok Orang Berisiko 

Ibu hamil serta menyusui termasuk kelompok orang yang berisiko untuk menggunakan Copper (II) Sulphate meski belum terdapat studi yang menunjukkan efek sampingnya. Pemberian kepada ibu hamil serta menyusui hanya akan dilakukan dengan pertimbangan aspek manfaat yang bisa diperoleh lebih besar ketimbang risiko yang mungkin dialami. 

Anda harus berkonsultasi dengan dokter apabila ingin mengkonsumsi obat ini dalam kondisi hamil, menyusui atau berencana hamil. Pasien dengan penyakit sirosis dan Wilson juga tidak dianjurkan menggunakan suplemen Copper (II) Sulphate.

Efek Samping

Jumlah Copper (II) Sulphate atau mineral tembaga di dalam tubuh yang berlebih dapat menyebabkan efek racun bagi tubuh manusia. Batas ambang tubuh manusia yang masih dapat mentolerir jumlah paparan Copper (II) Sulphate adalah 11 mg/kg. Apabila jumlah ambang batas ini terlampaui, maka dapat menimbulkan efek racun bagi tubuh. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek samping yang bisa timbul pada tubuh akibat penggunaan Copper (II) Sulphate yang tidak tepat atau berlebihan adalah sebagai berikut:

  • Muncul tanda-tanda keracunan
  • Timbul rasa mual dan juga muntah
  • Diare atau gangguan pencernaan
  • Sakit pada area kepala
  • Rasa terbakar pada dada
  • Pada kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit menjadi kekuningan

Sementara kasus keracunan Copper (II) Sulphate bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa organ tubuh seperti hati, otak dan juga ginjal. Oleh karenanya penggunaan Copper (II) Sulphate harus berhati-hati agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan tubuh. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Konsumsi

Biosanbe Kapsul – 10 kapsul – Suplemen Wanita Hamil (Rp122.000) merupakan suplemen zat besi yang mengandung Copper Sulfate yang baik untuk ibu hamil. Cara konsumsi yang tepat tentu sebaiknya mengikuti anjuran dokter ataupun pada kemasan obat. Suplemen yang berbentuk tablet sebaiknya jangan dihancurkan atau dibelah karena dikhawatirkan meningkatkan efek samping suplemen. Konsumsi suplemen berbentuk tablet ini bersamaan dengan minum air putih sekali teguk agar efektifitasnya maksimal.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

RANICHO

Ranicho: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   30/09/2022
itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman