fbpx
BerandaJantungMengenal Sakit Jantung Koroner, Penyebab Kematian Nomor Satu

Tahukah kamu, penyakit kardiovaskular atau sakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia? Menurut WHO, pada tahun 2016 terdapat 17,6 juta kematian akibat sakit jantung di seluruh dunia. Penyakit kardiovaskular merupakan sekumpulan gangguan jantung, salah satunya adalah Penyakit Jantung Koroner (PJK). 

Mengenal Sakit Jantung Koroner, Penyebab Kematian Nomor Satu Di Dunia

Apa itu Penyakit Jantung Koroner?

Menurut Kementerian Kesehatan RI, penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan kurangnya pasokan darah ke jantung akibat penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah koroner. Di Indonesia, jumlah penderita yang terdiagnosis dokter sebanyak 1,5%.

Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

Terdapat beberapa faktor yang menjadi risiko penyakit ini, yang utama terdiri dari gaya hidup tidak sehat dan beberapa faktor lain seperti:

1. Usia

Usia juga meningkatkan risiko penyakit jantung. Semakin tinggi usia seseorang semakin tinggi pula risiko terkena penyakit jantung. Risiko penyakit kardiovaskular aterosklerotik meningkat tajam pada usia ≥ 45 tahun bagi laki-laki dan ≥ 55 tahun bagi wanita.

2. Riwayat keluarga dengan PJK

Bagi anda yang memiliki riwayat keluarga dengan PJK, risiko juga semakin bertambah. Misalnya anda memiliki saudara laki-laki atau ayah yang menderita penyakit jantung koroner sebelum usia 55 tahun atau saudara perempuan atau ibu yang menderita penyakit jantung koroner sebelum usia 65 tahun.

3. Dislipidemia

Faktor lain yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner berkaitan dengan kadar kolesterol darah. Semakin tinggi kadar kolesterol dalam darah, maka semakin tinggi risiko terkena serangan jantung.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Obesitas

Obesitas merupakan faktor risiko dari banyak penyakit, salah satunya penyakit jantung koroner. Terjadinya obesitas juga dapat meningkatkan tekanan darah, yang juga merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit jantung koroner. Jadi, usahakan untuk memiliki berat badan ideal adalah penting.

5. Tekanan darah tinggi

Jika anda memiliki hipertensi, maka anda harus berhati-hati. Nilai tekanan darah sistolik dan diastolik merupakan penentu penting faktor risiko penyakit jantung koroner. Semakin tinggi tekanan darah maka semakin tinggi risiko terkena penyakit jantung koroner.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

6. Diabetes

Diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung koroner secara signifikan. Hal tersebut dikarenakan diabetes mempercepat atherogenesis atau kerusakan dinding arteri. Penderita penyakit diabetes beresiko mengalami komplikasi seperti penyakit jantung. Jadi, penting bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah agar stabil.

7. Kurang aktivitas fisik

Gaya hidup yang buruk seperti kurang aktivitas fisik merupakan faktor risiko dari penyakit jantung koroner. Aktivitas fisik dapat memperbaiki darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu aktivitas fisik juga dapat membantu dalam mengontrol berat badan, glukosa darah, serta dapat mengurangi stres.

8. Merokok

Rokok mengandung zat yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Risiko penyakit ini pada perokok 2-4 kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Selain perokok aktif, perokok pasif juga memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner.

9. Stres

Berbagai faktor psikososial seperti stres juga memiliki kaitan dengan perilaku sehat yang dapat meningkatkan risiko penyakit ini. Misalnya, jika orang mengalami stres terdapat kemungkinan orang tersebut akan makan lebih banyak, mulai merokok atau mengurangi aktivitas fisik mereka yang berdampak pada peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gejala

Pada umumnya terdapat beberapa gejala yang dialami ketika seseorang mengalami sakit jantung. Walau kondisi setiap orang berbeda-beda, inilah beberapa gejala umum yang mungkin dialami:Dyspnoea, yaitu sesak nafas atau bernafas cepat tapi tidak dalam. Ini adalah gambaran umum penyakit jantung (terutama gagal jantung) dan / atau penyakit paru-paru.

1. Nyeri dada yang dapat disebabkan beberapa hal, yaitu permasalahan jantung, sistem pencernaan dan sistem pernapasan. Nyeri pada dada sebelah kiri dan menjalar hingga ke lengan Nyeri dada yang berulang bukan merupakan serangan jantung, melainkan tanda peningkatan risiko serangan jantung. Sebagai tindakan darurat, Anda dapat mengkonsusmi Cedocard Retard 20 MG Tablet 10S – Obat Jantung (Rp207.900) untuk mengatasi nyeri dada.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Jantung berdebar-debar, merupakan detak jantung yang terasa tidak nyaman. Orang yang mengalami jantung berdebar-debar mungkin merasakan sensasi kehilangan ketukan atau pukulan yang lebih intens, pemukulan cepat atau lambat, urutan teratur atau tidak teratur, dimulai dan berakhir tiba-tiba atau bertahap.

3. Vertigo, Lipotima, dan Sinkop. Orang yang mengalami vertigo merasa seolah-olah lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang. Lipotima adalah keadaan pingsan namun tidak kehilangan kesadaran secara penuh, sedangkan sinkop atau kehilangan kesadaran secara mendadak.

Itulah beberapa informasi mengenai penyakit jantung koroner. Semoga bermanfaat. Jika anda atau orang terdekat mengalami beberapa gejala diatas, segera berobat ke dokter.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack di Google Play Store dan App Store dan tebus obat dengan mudah tanpa antri.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

World Health Organization

Ditulis oleh: Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

order-obat-jantung-online

Keuntungan Order Obat Jantung Online Lewat Aplikasi

Jantung   25/04/2021
dokter-jantung-terbaik-di-jakarta

Daftar Dokter Jantung Terbaik di Jakarta

Dokter   24/04/2021
penyakit-jantung

Aturan Aman Berpuasa bagi Penderita Penyakit Jantung

Hidup Sehat   14/04/2021
cokelat valentine

Valentine dan cokelat, Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung   10/02/2021
Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Pasien Gagal Jantung

Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Pasien Gagal Jantung

Jantung   14/12/2020

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman