fbpx
BerandaHidup SehatMengenal Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan

Penyakit infeksi saluran pernapasan merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang parenkim atau pada saluran napas bagian bawah yang disebabkan oleh adanya virus, bakteri, jamur atau parasit. Namun, umumnya, infeksi saluran napas paling sering diakibatkan oleh bakteri. Bakteri khusus dari penyakit infeksi saluran napas ini disebut dengan pneumonia atau TBC. 

penyebab-infeksi-saluran-pernapasan

Pada TBC, infeksinya akan menyerang ke semua organ tubuh, terutama lebih banyak pada organ paru-paru. Infeksi saluran pernapasan ini tergolong jenis penyakit yang dapat menularkan jika dikeluarkan melalui pernapasan atau melalui percikan dahak yang dikeluarkan oleh penderita infeksi saluran napas. Proses berlangsungnya bakteri yang masuk dinamakan masa inkubasi. 

Setiap pasien yang terinfeksi penyakit saluran napas khususnya pneumonia biasanya masa inkubasinya bisa lebih cepat sekitar 2-7 hari. Namun, hal itu bergantung pada tingkat kekebalan tubuh pasien terhadap serangan penyakit. 

Berdasarkan daerah yang diinfeksi, penyakit infeksi saluran napas terbagi menjadi dua kategori yaitu infeksi saluran napas bawah pada pernapasan bagian atas.. Pada infeksi paru-paru bagian atas dapat terjadi di bagian laring ke atas. Pada infeksi saluran pernapasan bagian bawah terjadi di bagian laring ke bawah. 

Umumnya, infeksi saluran pernapasan bagian bawah yang terjadi antara lain bronkitis, bronkiolitis tuberculosis (TBC), dan pneumonia. Sedangkan infeksi saluran pernapasan bagian atas biasanya meliputi tonsillitis, infeksi sinus, laryngitis dan pilek. Penyakit flu juga termasuk dalam kategori infeksi saluran pernapasan dikarenakan flu dapat menginfeksi saluran pernapasan bagian bawah dan atas. 

Gejala Umum 

Gejala infeksi saluran napas sangat penting untuk diketahui perkembangannya karena jika terlambat dideteksi maka akan menimbulkan risiko yang berbahaya. Umumnya, gejala infeksi saluran napas antara lain: sesak napas, batuk lendir atau dahak, rasa sakit pada dada saat bernapas, kelelahan, kebingungan terutama pada lansia, mual dan muntah, sakit perut atau diare, dan suhu tubuh yang abnormal seperti demam dan kedinginan akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan

Secara umum, penyebab infeksi saluran pernapasan adalah akibat adanya bakteri dan virus. Jenis-jenis infeksi saliran pernapasan yang paling sering terjadi adalah pneumonia, bronkitis dan bronkitis. Infeksi saluran pernapasan juga dapat ditimbulkan oleh jamur seperti pneumocystis jirovecii, histoplasma capsulatum, dan aspergillus. 

Mycoplasma juga termasuk mikroorganisme penyebab infeksi pada saluran pernapasan yang memiliki ciri dari bakteri dan virus. Infeksi saluran pernapasan ini juga dapat meningkat risikonya saat seseorang mengalami peradangan atau alergi pada saluran pernapasannya. Peradangan dan alergi dapat disebabkan oleh zat atau benda tertentu yang berada di lingkungan sekitar pasien seperti zat kimia, asap, uap, benda pemicu alergi, debu, asap rokok dan polusi udara. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pengobatan Infeksi Saluran Pernapasan

Dalam melakukan pengobatan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan, terdapat beberapa obat infeksi napas yang diberikan yaitu dengan pemberian antibiotik, obat antivirus, obat demam, obat batuk, dan rawat inap. Salah satu obatnya adalah Abbotic Granule DS 60ML 125MG/5ML (Rp 192.650). Biasanya obat Infeksi saluran pernapasan yang diakibatkan oleh bakteri dapat diatasi dengan pemberian antibiotik. Umumnya, pemberian antibiotik ini akan meredakan gejala dalam waktu 3 hari.

Namun jika gejala tidak kunjung membaik, maka harus ditangani lebih lanjut oleh dokter untuk dievaluasi. Infeksi saluran pernapasan yang sudah akut atau kondisi parah, maka pengobatan yang paling tepat dilakukan yaitu dengan menjalani rawat inap di rumah sakit. Rawat inap ini diperbolehkan bagi pasien yang sedang dalam kondisi parah seperti obat yang dikonsumsi tidak bekerja efektif dan gejala penyakit yang semakin memburuk.

Selain melakukan pengobatan secara medis, pasien penderita infeksi saluran pernapasanjuga perlu melakukan perawatan hidup sehat untuk menunjang kesembuhan. Kebiasaan yang tepat untuk perawatan di rumah seperti mandi air hangat, menggunakan kompres hangat, berhenti merokok, serta meninggalkan aktivitas yang terlalu berat. 

Pasien juga perlu mendapatkan asupan makanan dan minuman yang bernutrisi. Minuman yang baik untuk dikonsumsi yaitu minum air hangat, teh hijau dan jahe. Makanan yang baik untuk dikonsumsi yaitu brokoli yang dapat melawan bakteri berbahaya penyebab infeksi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pencegahan Infeksi

Salah satu cara utama yang dapat dilakukan dalam pencegahan infeksi saluran napas yaitu dengan melakukan vaksinasi untuk infeksi saluran napas pneumonia dan flu. Pada vaksin flu juga perlu diberikan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran napas. Hal ini dikarenakan flu merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya infeksi saluran pernapasan pneumonia. 

Cara-cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi saluran napas yaitu dengan tidak merokok. Rokok dapat menurunkan sistem imun pada saluran pernapasan serta meningkatkan risiko terjangkit infeksi pneumonia. Maka bagi Anda perokok aktif, sebaiknya berhenti merokok untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan Anda.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara pencegahan yang tidak kalah penting yaitu menjaga kebersihan dan pola hidup yang sehat seperti rutin mencuci tangan setelah membuang ingus saat flu atau pilek, cuci tangan sebelum dan setelah makan. Rutin menjaga kebersihan diri akan mencegah risiko infeksi saluran pernapasan dan beberapa penyakit lainnya. 

Ingin beli obat tanpa ribet? Temukan solusi tebus obat mudah dari rumah dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman