fbpx

Inilah Daftar Makanan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Sep 21, 2020 | Jantung | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Tidak ada orang yang menginginkan mengidap penyakit mematikan satu ini. Namun, jika Anda sudah didiagnosis menderita penyakit jantung, bukan berarti Anda harus menyerah dengan keadaan. Begitu pula bagi Anda yang masih memiliki jantung normal, harus menjaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah, dengan memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi sekaligus cara pengolahannya yang tepat. Pasalnya, plak di pembuluh darah jantung terbentuk karena lemak, kolesterol, kalsium, dan mineral yang terkandung dalam makanan. Tak jarang, para ahli kesehatan menyarankan penderita penyakit jantung untuk mengikuti diet jantung, selain prosedur pengobatan.

Diet jantung sangat penting untuk mencegah gejala kambuh. Parahnya lagi, jika diet jantung tidak diterapkan, akan berisiko menimbulkan komplikasi, seperti serangan jantung, henti jantung, dan gagal jantung (Baca juga Macam-Macam Makanan Sehat untuk Pasien Penyakit Jantung). Berikut ini adalah tiga poin tujuan pasien kardiovaskular harus menjaga asupan makannya.

  • Memberikan makanan yang cukup, sesuai kebutuhan, dan tidak memperberat kerja jantung.
  • Menurunkan berat badan berlebih pada pasien yang obesitas.
  • Mencegah edema yang timbul akibat penimbunan garam atau air dalam tubuh.

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa daftar rekomendasi makanan sehat untuk jantung.

1. Salmon dan Tuna: Makanan untuk Jantung Sehat

Kedua jenis ikan ini merupakan makanan sehat untuk jantung karena kaya akan asam lemak omega 3. Omega 3 dapat mengurangi peradangan, termasuk yang terjadi di area pembuluh darah jantung. Selain itu, manfaat omega 3 diantaranya:

  • Mengurangi trigliserida
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi pembekuan darah
  • Menormalkan detak jantung yang tidak teratur

Disarankan untuk memilih ikan tuna dan salmon hasil tambak, bukan dari laut karena tinggi merkuri. Untuk mengurangi risiko jantung berhenti mendadak, konsumsilah dua porsi (150 gram) ikan tuna dan salmon dalam seminggu.

2. Kedelai, Edamame, dan Kacang Tana

Jenis makanan sehat lain yang baik untuk jantung adalah yang kaya akan protein. Selain protein hewani dari ikan, protein nabati dari produk olahan kedelai tidak kalah baik, misalnya tahu, tempe, dan kacang kedelai. 

Menurut American Heart Association, kacang kedelai mengandung isoflavon, sebuah zat antioksidan yang mirip hormon estrogen dan berfungsi menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, terutama pada wanita pascamenopause. Tidak hanya dari kacang kedelai, kandungan isoflavon juga bisa diperoleh dari kacang tanah dan edamame.

3. Oatmeal dan Gandum Murni

Bagi pasien penyakit jantung, oatmeal dan gandum murni termasuk dalam daftar makanan sehat yang dianjurkan. Terbuat dari tanaman haver, oatmeal mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol  sehingga mencegah terbentuknya plak pada pembuluh arteri. Selain itu, adanya kandungan senyawa anti radang dan antioksidan dapat mencegah penumpukan plak. Sementara, gandum dapat mengendalikan kadar kolesterol tubuh karena kandungan beta-glukan.

4. Cokelat

British Medical Journal menyatakan jika cokelat termasuk dalam makanan baik untuk pasien kardiovaskuler. Pasalnya, cokelat mampu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 11% dan mencegah kematian dini akibat penyakit jantung sebesar 25%. Mengonsumsi cokelat juga bisa menurunkan risiko stroke sebesar 23%.

Menurut para ahli, kandungan flavonoid dalam cokelat inilah yang mampu menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, serta melancarkan aliran darah pasien kardiovaskuler.

5. Yoghurt

Menurut American Journal of Hypertension, yoghurt termasuk dalam daftar makanan sehat untuk menurunkan risiko penyakit jantung bagi pasien hipertensi. Tentu, Anda sudah tahu bukan jika hipertensi menjadi salah satu faktor penyakit kardiovaskuler? Apalagi, jika rutin dikonsumsi bersama dengan sayur dan buah. Namun, untuk pasien jantung, sebaiknya pilih yoghurt yang rendah lemak ya. Biar lebih sehat, bisa tambahkan kacang almond.

6. Teh Hijau

Selain makanan, mengonsumsi teh hijau secara rutin setiap hari dianggap mampu menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Namun, jangan berlebihan ya. Sebab, konsumsi teh hijau berlebihan berisiko meningkatkan penyakit batu ginjal. Selain itu, imbangi dengan minum air putih yang banyak supaya terhindar dari risiko dehidrasi dan saluran kemih tetap lancar.

Masih ada lagi menu makanan sehat lain yang bisa Anda konsumsi, seperti:

  • Kenari dan almond
  • Kacang hitam
  • Biji rami dan biji chi
  • Buah beri dan citrus
  • Ubi jalar
  • Ceri
  • Sayuran hijau
  • Tomat
  • Delima
  • Anggur
  • Apel 
  • Alpukat, dan masih banyak lagi.

Cara Mengolah Makanan Sehat bagi Pasien Penyakit Jantung yang Benar

Percuma saja mengonsumsi makanan sehat bagi penderita jantung diatas, jika Anda mengabaikan cara pengolahan yang benar. Lebih jelasnya, yuk simak tipsnya berikut ini!

Masaklah Sendiri

Masakan yang tersedia di restoran identik dengan kalori, sodium, dan lemak jahat yang tinggi. Padahal, semua zat tersebut tidak baik bagi kondisi jantung. Sebaiknya, racik sendiri masakan Anda dan keluarga di rumah menggunakan bahan-bahan segar dan sehat.

Gunakan Minyak Zaitun

Daripada margarin, gunakanlah minyak zaitun yang lebih kecil efeknya dalam meningkatkan kolesterol darah. Sangat cocok bagi pasien penyakit jantung. Meski demikian, tetaplah batasi penggunaannya ya, terutama saat menumis atau membuat salad.

Ganti Garam dengan Rempah-rempah

Bagi pasien jantung, penggunaan garam harus dibatasi. Sebagai gantinya, gunakanlah rempah-rempah untuk menyedapkan masakan Anda. Misalnya, lemon, jeruk nipis, bawang merah, dan bawang putih.

Selain makanan sehat, Anda juga dapat melakukan beberapa pencegahan penyakit jantung. Beberapa upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti senam jantung sehat, bersepeda, atau olahraga lainnya. Senam jantung sehat dan olahraga lainnya dapat membantu Anda dalam menjaga berat badan yang sehat dan menjaga kesehatan jantung. Anda juga dapat menghindari perilaku merokok dan konsumsi alkohol berlebih untuk mencegah kerusakan pada jantung. Itulah informasi mengenai daftar makanan sehat untuk jantung. Semoga bermanfaat!

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Temukan solusi konsultasi dokter gratis dan tebus obat mudah tanpa keluar rumah dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis