fbpx
BerandaDokterMengenal Macam Dokter Spesialis di Dunia Medis

Dokter menjadi sebuah profesi mulia di kalangan masyarakat. Kehadiran dokter menjadi sosok penolong dan pemberi solusi beragam jenis masalah kesehatan. Dokter menanggapi keluhan dan memberikan penanganan sesuai kebutuhan pasien. Profesi ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu dokter umum dan dokter spesialis yang memiliki tanggung jawab masing-masing. 

dokter-spesialis

Dokter dengan spesialisasi khusus memiliki tugas yang lebih spesifik dibandingkan dokter umum. Dokter umum biasanya akan memberikan rujukan ke tenaga dokter ini agar pasien bisa mendapat pertolongan sesuai kebutuhan. Kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai ragam jenis spesialisasi dokter di dunia medis.

Macam Dokter Spesialis

Dunia medis begitu luas sehingga dibutuhkan spesialisasi agar dokter bisa fokus menangani kondisi pasien dengan tindakan tepat. Berikut adalah macam-macam dokter spesialis beserta tugasnya yang penting untuk Anda ketahui.

1. Spesialis Anak

Dokter yang memiliki spesialisasi penanganan pasien anak dikenal juga dengan nama pediatric. Rentang usia pasien yang masuk ke dalam kategori anak adalah 0 hingga 18 tahun. Spesialisasi ini akan fokus menangani berbagai jenis gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh anak. Di tengah proses penanganan pasien, dokter pediatris juga bisa bekerja sama dengan dokter lainnya.

2. Spesialis Jantung

Berikutnya ada dokter yang khusus menangani beragam jenis penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Ia adalah dokter spesialis jantung yang sangat dibutuhkan kehadirannya mengingat angka penderita penyakit jantung di Indonesia cukup tinggi. Dokter dengan spesialisasi jantung akan bertugas melakukan diagnosis, memberikan pengobatan, hingga tindakan pertolongan pasien gangguan jantung.

3. Spesialis Penyakit Dalam

Selain dokter jantung, dokter penyakit dalam juga sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Dokter spesialis penyakit dalam juga disebut dengan nama internis. Dokter internis memiliki tugas dalam diagnosis serta penanganan pasien yang memiliki beragam gangguan penyakit. Contoh penyakit yang ditangani dokter ini seperti diabetes, gangguan ginjal, gangguan pernapasan, serta hipertensi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Spesialis Kandungan dan Ginekologi

Dokter kandungan dan ginekologi juga cukup populer di kalangan masyarakat terutama bagi kaum perempuan. Dokter ini memiliki bidang keahlian di dunia kehamilan, proses kelahiran, serta kesehatan reproduksi. Tidak hanya ibu hamil saja yang perlu mendatangi dokter kandungan namun juga pasien dengan masalah reproduksi.

5. Spesialis Bedah

Dokter spesialis bedah merupakan salah satu profesi dokter yang juga sangat dibutuhkan di dunia medis. Dokter bedah memiliki kompetensi di segala jenis bidang terkait prosedur bedah. Dokter dengan spesialisasi ini sangat identik dengan aktivitas operasi. Namun untuk kondisi tertentu, tindakan bedah juga membutuhkan ahli lain seperti ahli bedah onkologi yang khusus menangani bedah jaringan kanker.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

6. Spesialis Mata

Profesi dokter mata memegang tanggung jawab dalam menangani masalah kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan organ mata. Beragam jenis masalah mata mulai dari gangguan penglihatan, iritasi, hingga penyakit mata akibat usia bisa dikonsultasikan. Dokter mata bertugas melakukan diagnosis, memberikan konsultasi, hingga melakukan tindakan tertentu.

7. Spesialis Paru

Dokter spesialis paru memiliki tanggung jawab dalam penanganan pasien dengan penyakit paru-paru. Tenaga kesehatan ini memiliki lingkup keahlian pada organ paru-paru, gangguan yang sering menyerang organ ini, serta solusi untuk mengatasinya. Dokter paru berhak melakukan diagnosis, memberi pengobatan, serta melakukan tindakan saat dibutuhkan.

8. Spesialis Kulit dan Kelamin

Kehadiran dokter kulit dan kelamin juga sangat dibutuhkan di tengah masyarakat. Dokter ini memiliki spesialisasi dalam penanganan masalah kulit serta kelamin baik pada kaum pria maupun wanita. Beberapa gangguan yang bisa dikonsultasikan pada dokter kulit di antaranya alergi kulit, infeksi jamur, kanker kulit, dan lain sebagainya.

9. Spesialis Kesehatan Jiwa

Dokter dengan spesialisasi bidang kesehatan jiwa dikenal di masyarakat sebagai psikiater. Psikiater akan memberikan penanganan terhadap pasien yang mengalami beragam jenis gangguan jiwa dan emosional. Beberapa contoh kondisi yang perlu dikonsultasikan pada psikiater yaitu skizofrenia, autisme, bipolar, hingga depresi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

10. Spesialis Bedah Mulut

Bedah mulut sebenarnya masuk ke dalam kategori dokter gigi. Selain bedah mulut ada beberapa spesialisasi yang bisa diambil oleh dokter gigi. Mulai dari prostodonsia, ortodonsia, konservasi gigi, hingga gigi anak. Spesialisasi bedah mulut ini menguasai kasus-kasus kondisi gigi dan mulut yang membutuhkan tindakan pembedahan.

11. Spesialis THT

Berikutnya ada dokter dengan spesialisasi THT atau telinga, hidung, dan tenggorokan. Dokter dengan spesialisasi ini biasa juga dikenal dengan nama otolaringologis. Dokter THT memiliki cakupan tugas diagnosis hingga penanganan pasien dengan kondisi radang, infeksi telinga, hingga tumor.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

12. Spesialis Saraf

Tenaga dokter yang memegang spesialisasi saraf disebut juga dengan nama neurologis. Tenaga dokter ini akan melakukan pemeriksaan dan penanganan pada pasien dengan gangguan sistem saraf. Beberapa jenis penyakit yang bisa ditangani seperti strok, kejang, hingga gangguan otot.

Itulah tadi macam-macam dokter spesialis yang penting untuk dikenali. Kunjungi dokter dengan spesialisasi yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. Kini konsultasi dokter dengan spesialisasi tertentu juga semakin mudah dijangkau berkat layanan kesehatan online yang sudah tersedia.

Lifepack for Medic adalah sistem konsultasi medis bagi dokter untuk meresepkan obat pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien. Daftar sekarang.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari dokter nasional

Selamat Hari Dokter Nasional, Indonesia! Asal Usulnya Penuh Perjuangan

Dokter   24/10/2022
resep obat harus ditulis dengan baik dan benar. Agar tidak lupa dan bingung, berikut cara penulisan resep obat yang baik dan benar.

Begini Cara Penulisan Resep Obat yang Baik dan Benar

Dokter   24/05/2022
cara tebus obat online

Cara Tebus Obat Online & Obat Rutin di Lifepack

Telemedik   18/03/2022
dokter perempuan pertama di indonesia

Marie Thomas: Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Dokter   08/03/2022
dokter umum surabaya

20 Rekomendasi Dokter Umum Surabaya

Dokter   17/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman