fbpx
BerandaDokterPerbedaan Dokter Umum dan Dokter Spesialis

Tenaga kesehatan terbagi menjadi dua yaitu dokter umum dan spesialis. Keduanya sama-sama memiliki peran penting bagi masyarakat. Keduanya mampu memberikan pertolongan yang dibutuhkan oleh kita semua. Namun, terdapat perbedaan dari dua jenis dokter ini. Sebagai manusia yang sangat membutuhkan peran dokter, penting sekali untuk memahami perbedaan tersebut.

dokter-umum

Secara garis besar, lingkup yang dikuasai oleh dokter spesialis lebih kecil namun lebih mendalam. Agar bisa menjadi tenaga kesehatan dengan spesialisasi tertentu, seorang tenaga kesehatan perlu melewati posisi umum terlebih dahulu. Berikut akan dibahas lebih lengkap seperti apa perbedaan dari kedua tipe dokter yang berjasa besar bagi masyarakat ini.

Pengertian

Mari kita mulai dari pengertian dua jenis dokter ini. Dari maknanya saja kedua jenis dokter ini sudah berbeda sehingga tugas dan kewajibannya pun berbeda. Berikut adalah pengertian keduanya.

1. Umum

Dokter umum Indonesia merupakan tenaga kesehatan profesional yang akan memberikan perawatan serta pengobatan. Lingkup kasus yang mereka tangani lebih umum. Mereka akan menangani pasien-pasien dengan gangguan kesehatan yang bersifat umum. Tenaga kesehatan ini juga bisa memberikan rujukan kepada pasien yang membutuhkan penanganan lebih intensif ke dokter spesialis. 

2. Spesialis

Spesialis merupakan tenaga kesehatan profesional yang akan melakukan perawatan serta pengobatan untuk kondisi spesifik. Tugas dari tenaga kesehatan spesialis lebih khusus mengarah pada gangguan kesehatan tertentu. Mulai dari spesialis anak, jantung, mata, saraf, THT, paru, dan lain sebagainya. 

Perbedaan Dokter Umum dan Spesialis

Dari pengertiannya sudah bisa dibayangkan bahwa dua tipe dokter ini memang berbeda meskipun tujuan mereka sama. Baik spesialis maupun umum sama-sama bekerja demi kesembuhan pasiennya. Berikut adalah beberapa poin yang akan menunjukkan perbedaan dua tipe ini dengan lebih jelas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Masa Studi

Perbedaan pertama antara dua tipe ini adalah masa studi yang harus ditempuh. Dokter umum membutuhkan masa studi yang lebih singkat kurang lebih 6 tahun. Namun, untuk menjadi spesialis dibutuhkan tambahan waktu kurang lebih 3 tahun. Dengan begitu, total waktu yang dibutuhkan seorang dokter untuk mendapatkan spesialisasi adalah 9 tahun. 

2. Lingkup Pemeriksaan

Kedua jenis ini juga memiliki lingkup pemeriksaan yang berbeda. Dokter spesialis memiliki lingkup pemeriksaan yang jauh lebih luas cakupannya. Pemeriksaan juga biasanya dilakukan secara mendalam dan lebih detail sesuai dengan spesialisasi yang dipegang. Sementara itu untuk yang umum lebih mengarah ke pemeriksaan mendasar sebagai bentuk diagnosis awal.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Biaya Berobat

Dari segi biaya, kedua jenis dokter ini juga memiliki perbedaan yang bisa dikatakan signifikan. Biaya yang dibutuhkan untuk berobat ke spesialis biasanya lebih mahal. Namun, rentang biaya juga bisa saja dipengaruhi oleh lokasi praktik dokter misalnya dokter umum Jakarta Selatan lebih mahal tarifnya dari dokter umum Jakarta Barat maupun dokter umum Jakarta Timur

4. Urutan Kunjungan

Pasien biasanya akan mengunjungi nakes dengan kualifikasi umum terlebih dahulu. Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya kondisi kesehatan khusus yang di luar kemampuan penanganan, maka akan dilakukan rujukan. Dokter akan merujuk pasien untuk melakukan pemeriksaan ke spesialis. Bisa disebut pula bahwa kualifikasi umum ini merupakan gerbang awal dalam pelayanan kesehatan.

5. Tindakan Pengobatan

Perbedaan berikutnya terletak pada tindakan pengobatan yang dilakukan. Biasanya spesialis akan memberikan tindakan pengobatan yang lebih kompleks. Tindakan pengobatan juga lebih spesifik mengarah pada gangguan kesehatan yang dialami oleh pasien. Hal ini juga berpengaruh pada efektivitas hasil pengobatan yang dijalankan.

6. Langkah Pemeriksaan

Jika Anda pergi ke dokter kualifikasi umum maka langkah pemeriksaan yang dijalankan adalah pemeriksaan dasar. Jika kemudian ditemukan tanda-tanda yang mengarah pada kondisi tertentu dan dibutuhkan pemeriksaan lanjutan, barulah diserahkan ke spesialis. Spesialis akan melakukan pemeriksaan yang lebih spesifik dengan alat dan teknologi yang mendukung.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kunjungi Dokter Umum ataupun Spesialis di Waktu yang Tepat

Kedua tipe ini sama-sama akan membantu Anda untuk keluar dari masalah kesehatan yang sedang dihadapi. Tentu Anda juga harus paham kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke spesialis juga yang umum. Jika Anda paham betul kondisi kesehatan yang Anda alami maka ini akan sangat mempersingkat waktu pemeriksaan dan pengobatan.

Jika Anda mengalami tanda-tanda gangguan kesehatan yang sifatnya umum, maka jangan langsung pergi ke spesialis. Namun, apabila kondisi yang Anda alami sudah mengarah pada bagian tertentu maka pergilah ke spesialis. Misalnya jika Anda mengalami iritasi pada mata yang sudah berkembang semakin parah, maka periksakan diri ke spesialis mata.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai dokter umum dan spesialis. Meskipun tak ada gangguan kesehatan yang Anda rasakan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi rutin. Konsultasi pun kini bisa dilakukan dengan mudah secara online lewat layanan telemedicine. Anda bisa bertanya apapun mengenai kondisi kesehatan pada tenaga medis yang terpercaya. Selama sakit, tingkatkan daya tahan tubuh dengan Blackmores Bio C 1000 mg – 30 tablet (Rp113.774).

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari dokter nasional

Selamat Hari Dokter Nasional, Indonesia! Asal Usulnya Penuh Perjuangan

Dokter   24/10/2022
resep obat harus ditulis dengan baik dan benar. Agar tidak lupa dan bingung, berikut cara penulisan resep obat yang baik dan benar.

Begini Cara Penulisan Resep Obat yang Baik dan Benar

Dokter   24/05/2022
cara tebus obat online

Cara Tebus Obat Online & Obat Rutin di Lifepack

Telemedik   18/03/2022
dokter perempuan pertama di indonesia

Marie Thomas: Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Dokter   08/03/2022
dokter umum surabaya

20 Rekomendasi Dokter Umum Surabaya

Dokter   17/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman