fbpx

Mengenal Infeksi Flu Singapura, Penyebab, dan Gejalanya

Apr 28, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Jika berbicara mengenai penyakit flu, tentu kebanyakan dari kita sudah mengetahuinya. Penyakit dengan gejala demam, batuk dan pilek menjadi hal yang sangat biasa. Bahkan berbagai jenis flu seperti influenza, flu burung, flu babi, dan beberapa jenis flu lainnya tidak asing di telinga. Tapi pernahkah Anda mendengar tentang infeksi flu singapura? Apa itu flu singapura? 

Yuk simak beberapa informasi berikut untuk mengenal infeksi flu singapura lebih lanjut.

Apa Itu Flu Singapura?

Flu singapura mungkin sudah banyak didengar di tengah masyarakat. Namun di dunia medis tidak ada penyakit yang bernama flu singapura, melainkan Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit tangan, kaki dan mulut.  Penyakit HFMD adalah penyakit menular yang paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak di bawah usia 10 tahun. Meskipun begitu, penyakit ini juga dapat terjadi pada remaja dan orang dewasa.

Lalu mengapa banyak orang menyebut penyakit ini dengan flu singapura?

Meskipun disebut flu singapura, penyakit ini bukanlah berasal dari Singapura. Pada akhir tahun 2000, Singapura mengalami wabah HFMD terbesar. Terjadi banyak kematian pada anak-anak akibat epidemi ini. Saat itu HFMD rata-rata menyerang anak dengan usia ≤ 4 tahun.

Penyebab HFMD

Pada banyak kasus, penyebab dari HFMD atau flu singapura adalah coxsackievirus tipe 16 dan enterovirus 71. Meskipun begitu, penyebab flu singapura dapat berupa jenis coxsackievirus lainnya. 

Gejala HFMD

Pada kebanyakan kasus, penyakit ini ringan dan sembuh sendiri. Namun terdapat beberapa gejala yang perlu Anda perhatikan antara lain adalah demam, nafsu makan berkurang, malaise, terdapat luka yang menyakitkan di mulut, dan ruam dengan lecet di tangan, kaki dan bokong.

Gejala penyakit ini yang paling umum adalah nyeri mulut atau tenggorokan akibat eksantema (letusan pada membran mukosa) yang membentuk borok superfisial dengan dasar abu-abu-kuning dan tepi eritematosa. Eksantema dapat terjadi di tangan, kaki, bokong, kaki, dan lengan.

Penyakit flu singapura atau HFMD juga dapat muncul dengan gejala tidak biasa seperti meningitis aseptik yang terjadi bersamaan. Infeksi enterovirus yang menyebabkan penyakit HFMD terkenal karena melibatkan sistem saraf pusat (SSP) dan dapat menyebabkan ensefalitis, sindrom mirip polio, mielitis transversus akut, sindrom Guillain-Barre, hipertensi intrakranial jinak, dan ataksia serebelar akut.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kenali Gejala Dan Bahaya Stroke Yang Dapat Mengancam Nyawa
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar
Awas, Bahaya Hipertensi Juga Bisa Mengancam Millennials!
Awas Bahaya Kanker Paru Menghantui Semua Umur Termasuk Milenial
Diare Masih Menjadi Penyebab Kematian, Bagaimana Cegah Diare?

Itulah beberapa informasi mengenai flu singapura atau HFMD. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter jika Anda merasakan gejala-gejala di atas.

Jika Anda membutuhkan layanan konsultasi mengenai kesehatan, Anda dapat mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Kami juga menyediakan kebutuhan obat-obatan penyakit kronis yang dapat kamu tebus dengan mudah dan tanpa harus antri.

Sumber:

World Health Organization

National Center for Biotechnology Information

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis