fbpx

Mengenal Beragam Penyebab Kista Berdasarkan Tipenya

Apr 22, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Apakah yang anda pikirkan ketika mendengar kata kista? Pasti bagian ovarium atau rahim yang terbentuk benjolan. Rupanya, kista ini bukan hanya berupa benjolan di dinding rahim atau ovarium saja. Melainkan, kista ini adalah benjolan yang terdapat dibagian bawah kulit dan berisi cairan, udara, bahkan zat padat lain seperti rambut. Yuk simak penyebab kista.

Perlu diketahui, kista ini bisa tumbuh diarea tubuh manapun. Penyebab timbulnya kista ini pun beragam dan terdiri dari berbagai faktor, diantaranya radang, infeksi, hingga keturunan. Berikut ini adalah gejala kista yang perlu anda waspadai.

Gejala Kista yang Harus Diwaspadai

Gejala kista ini ditunjukkan dari tumbuhnya benjolan pada bagian tubuh tertentu. Letak benjolan inipun tergantung dari jenis kista yang dialaminya. Bisa benjolan ini tumbuh di leher, dada, kulit kepala, punggung, telapak kaki,dan telapak tangan. Begitu pula dengan ukuran benjolannya yang bervariasi. Namun, pada umumnya ketika seseorang memiliki kista akan menunjukkan gejala seperti berikut ini. 

Pertama, di area kista warna kulit akan kemerahan. Kedua, kista mengeluarkan nanah yang berbau tidak sedap atau bisa juga darah. Ketiga, pada bagian tubuh yang ditumbuhi kista akan terasa kaku bahkan kesemutan. Gejala lain berupa demam, pusing, mual, muntah, hingga rasa nyeri pada kista.

Penyebab Kista dan Tipenya

Sebenarnya, penyebab kista ini tergantung dari tipe kista yang dialaminya. Ada kista yang terbentuk karena infeksi, penyumbatan, bahkan radang. Berikut ini adalah beberapa penyebab kista disertai tipe kistanya.

Kista Baker

Kista baker atau dalam istilah medis disebut dengan kista popliteal merupakan benjolan berisi cairan yang tumbuh pada bagian belakang lutut. Ketika seseorang mengidap kista baker ini maka pergerakannya akan terbatas karena timbul rasa nyeri saat lutut ditekuk atau diluruskan. Ada beberapa penyebab tumbuhnya kista baker diantaranya penumpukan cairan sendi (sinovial) di area belakang lutut. Penumpukan dari cairan ini juga bisa dipicu oleh radang pada sendi lutut atau cidera lutut.

Kista Ovarium

Sesuai dengan namanya, maka kista ovarium ini tumbuh di area permukaan atau dalam ovarium (indung telur). Benjolan berisi cairan pada ovarium ini biasanya tidak menunjukkan gejala apapun dan hebatnya bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan. 

Meski demikian, kista ovarium ini juga bisa mengalami penambahan ukuran jadi lebih besar sehingga menimbulkan rasa nyeri di area panggul, punggung bagian bawah, hingga paha. Penyebab munculnya kista ovarium ini beragam. Ada yang tumbuh karena siklus menstruasi. Namun, pada kasus yang jarang terjadi, ada juga kista ovarium yang tumbuh karena pertumbuhan sel yang abnormal.

Kista Payudara

Kista payudara ini merupakan benjolan berisi cairan yang terbentuk di area payudara berbentuk bulat atau lonjong. Seorang wanita, bisa saja memiliki satu atau lebih kista pada salah satu bahkan kedua payudaranya. Benjolan ini pada umumnya lunak namun, ada juga yang padat. Penyebab munculnya kista payudara ini yaitu penumpukan cairan dalam kelenjar payudara.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Bahaya Angin Duduk atau Angina Pectoris yang Sebaiknya Diwaspadai
Mengenal Gejala dan Upaya Pencegahan Hepatitis B
Cara Untuk Mendeteksi dan Mengatasi Hipertensi
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat
Mengenal Penyakit Meningitis serta Cara Pencegahan
Ragam Gejala Tipes Mulai yang Ringan sampai Berat

Bagaimanakah cara mengobati kista? 

Mungkin pertanyaan itulah yang terlintas ketika seseorang memiliki kista pada area tubuhnya. Perlu diketahui, sebenarnya kista ini bisa hilang tanpa perlu pengobatan. Namun, penderita juga bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan mengompres air hangat. 

Ingat, jangan mencoba-coba untuk memecah kista karena bisa mengakibatkan infeksi. Baru, ketika kista tak kunjung hilang, segera kunjungi dokter demi mendapatkan penanganan medis.

Satu lagi, meski pada umumnya kista tidak bisa dicegah, namun Anda dapat menghindarinya pada beberapa jenis kista. Misalnya, untuk kista ovarium dapat dicegah dengan meminum pil KB.


Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis