fbpx

Mengenal Apa Itu Skizofrenia dan Gejalanya

Okt 12, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Belakangan ini isu mengenai kesehatan dan permasalahan penyakit mental telah ramai dibicarakan, salah satunya tentang skizofrenia (Baca juga 5 Jenis Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Anda Ketahui). Meskipun telah ramai dibicarakan, masih banyak sekali masyarakat yang tidak paham apa itu skizofrenia, gejala dan bagaimana cara memperlakukan orang dengan skizofrenia (Baca juga Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Skizofrenia).

Pelajari selengkapnya mengenai skizofrenia pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat untuk Anda berikut ini.

Apa Itu Skizofrenia?

Skizofrenia adalah penyakit mental yang  serius, yang mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan, dan berperilaku. Jika tidak diobati, gejala skizofrenia dapat menetap dan membuat gejala semakin parah. Orang dengan skizofrenia mungkin mendengar suara, melihat hal-hal yang tidak ada atau percaya bahwa orang lain membaca atau mengendalikan pikiran mereka (berhalusinasi). Skizofrenia adalah gangguan kesehatan mental kronis dan kompleks yang ditandai dengan serangkaian gejala, termasuk delusi, halusinasi, ucapan atau perilaku yang tidak teratur, dan gangguan kemampuan kognitif.

Gejala Skizofrenia

Skizofrenia biasanya terdiagnosa pada akhir usia remaja hingga awal tiga puluhan dan cenderung muncul lebih awal pada laki-laki (usia akhir remaja atau awal usia 20-an) daripada perempuan (awal usia 20-an atau 30-an). Diagnosis skizofrenia sering melihat kejadian psikosis pertama, ketika individu pertama kali menunjukkan gejala skizofrenia (Baca juga Mengenal Skizofrenia, Penyakit Mental yang Perlu Diwaspadai). Perubahan bertahap dalam berpikir, suasana hati, dan fungsi sosial biasanya muncul sebelum kejadian pertama psikosis, atau justru muncul pada pertengahan usia remaja. Skizofrenia dapat terjadi pada anak kecil, tetapi jarang terjadi sebelum usia remaja akhir.

Gejala skizofrenia terbagi menjadi tiga kategori, antara lain:

Gejala Psikotik 

Pada skizofrenia, gejala psikotik meliputi perubahan persepsi, pemikiran yang abnormal, dan perilaku penderita yang menjadi aneh. Orang-orang dengan gejala-gejala psikotik mungkin kehilangan kesadaran akan kenyataan. Secara khusus, individu biasanya mengalami:

  • Halusinasi, seperti mendengar suara-suara atau melihat hal-hal yang tidak ada.
  • Berkhayal, orang dengan skizofrenia memiliki keyakinan yang tidak didukung oleh fakta-fakta objektif.
  • Gangguan dalam berpikir, yang meliputi pemikiran yang tidak biasa atau bicara yang tidak teratur.

Gejala Negatif

Gejala negatif pada skizofrenia biasanya ditandai dengan kehilangan motivasi, tidak tertarik atau kurang menikmati kegiatan sehari-hari, penarikan diri dari hubungan sosial, dan kesulitan menunjukkan emosi. Secara khusus, individu biasanya mengalami:

  • Berkurangnya motivasi dan kesulitan merencanakan, memulai, atau mempertahankan suatu kegiatan
  • Merasa tidak menikmati kegiatan sehari-hari
  • Mengurangi bicara

Gejala Kognitif

Gejala kognitif pada skizofrenia meliputi masalah dalam perhatian, konsentrasi, dan memori. Secara khusus, gejala kognitif biasanya ditandai dengan:

  • Kesulitan memproses informasi untuk membuat keputusan
  • Kesulitan fokus dan berkonsentrasi

Perawatan

gejala-skizofrenia

Penyebab skizofrenia adalah kompleks dan tidak sepenuhnya dapat dipahami, sehingga pengobatan biasanya fokus pada pengelolaan gejala dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan perilaku sehari-hari. Pada skizofrenia, pengobatan dan perawatan biasanya terdiri dari:

  • Pengobatan antipsikotik
  • Pengobatan psikososial
  • Edukasi keluarga
  • Perawatan khusus yang terkoordinasi

Itulah beberapa informasi mengenai skizofrenia dan gejala. Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan kemudahan berkonsultasi dengan dokter dan tebus resep obat tanpa antri.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis