fbpx
BerandaHidup SehatMengapa Warna Cairan Vagina Berbeda?

Vagina merupakan saluran otot tertutup yang menghubungkan antara leher rahim dengan mulut vagina. Organ intim kewanitaan ini mengeluarkan cairan yang berfungsi sebagai perlindungan agar vagina tetap lembab dan licin, selain itu cairan vagina juga dapat mencegah masuknya kuman serta bakteri ke dalam rahim. Cairan yang umum disebut keputihan ini muncul sebelum dan sesudah menstruasi. Dalam kondisi normal cairan vagina berwarna bening, tidak berbau, bertekstur kental dan lengket, serta keluar dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Namun tidak jarang wanita yang merasa khawatir karena cairan vagina yang keluar berwarna kuning dan menimbulkan gatal-gatal.

warna-cairan-vagina

Mengapa warna cairan vagina berbeda? Karena adanya kotoran berupa kuman dan bakteri yang mengkontaminasi cairan vagina sehingga terjadi infeksi. Dapat juga disebabkan karena hal lain seperti adanya peluruhan darah kotor pada dinding rahim. Oleh karena itu harus waspada jika timbul cairan vagina dengan warna yang tidak normal. Supaya lebih jelas, berikut pemaparannya:

Putih Bening

Cairan vagina secara normal berwarna putih bening, tidak berbau, memiliki tekstur yang kental dan tidak lengket serta keluar dengan volume yang tidak terlalu banyak. Namun tak selamanya kondisinya seperti itu, karena cairan vagina akan mengalami peningkatan saat sedang beraktivitas, misalnya saat berolahraga ataupun berhubungan intim dengan pasangan. 

Volume cairan yang dikeluarkan vagina tidak sama, menyesuaikan siklus menstruasi masing-masing wanita. Saat memasuki masa ovulasi (proses keluarnya sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi), biasanya jumlah cairan  yang dikeluarkan vagina akan lebih banyak karena kadar hormon estrogen mengalami peningkatan. Lain halnya setelah mengalami menstruasi, jumlah cairan cenderung lebih sedikit.

Putih Seperti Susu

Mengapa warna cairan vagina berbeda? Misalnya jika cairan yang keluar dari vagina berwarna putih seperti susu maka masih dikategorikan normal. Kondisi seperti ini akan sering terjadi menjelang menstruasi. Yang perlu diperhatikan ialah jika cairan berbau tidak sedap disertai gatal-gatal di area vagina. Gejala ini timbul karena adanya infeksi jamur.

Abu-abu

Cairan vagina berwarna abu-abu biasanya terjadi karena adanya reaksi dari Bacterial Vaginosis. Gejala lain yang ditimbulkan yaitu adanya iritasi disertai rasa gatal di sekitar vagina dan bau yang tidak sedap. Jika mengalami disarankan untuk segera periksa ke dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Merah 

Sebab timbulnya cairan vagina berwarna merah dapat bervariasi. Jika berwarna merah muda atau merah terang biasanya pertanda akan datang masa menstruasi. Namun jika terjadi jauh sebelum datangnya siklus menstruasi bisa dikatakan bahwa terjadi penempelan hasil pembuahan di dinding rahim (hamil). Dan jika keluar setelah berhubungan intim dengan pasangan, bisa saja karena adanya iritasi ringan di organ kewanitaan.

Cairan berwarna merah  terang hingga gelap merupakan cairan darah menstruasi. Sedangkan cairan merah yang muncul setelah seorang wanita mengalami menopause, hal ini disebabkan karena adanya gejala kanker rahim atau kanker leher rahim(serviks). 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kecoklatan

Warna cairan kecoklatan normalnya terjadi pasca menstruasi. Warna coklat yang ditimbulkan merupakan sisa darah kotor di dinding rahim yang mengalami peluruhan. Jadi segera periksakan diri jika cairan ini keluar dalam volume banyak atau tidak berhenti-berhenti. 

Kehijauan atau Kuning Keju

Cairan berwarna kehijauan timbul sebagai pertanda adanya infeksi jamur trikomoniasis. Gejala lain yang menyertai yaitu cairan berbau tidak sedap. Jika baunya semakin menyengat dan amis seperti bau ikan berarti juga disertai infeksi Bacterial vaginosis. Sehingga perlu berhati-hati. 

Seperti cairan yang berwarna kehijauan, jika mengalami kondisi keluarnya cairan berwarna kekuning-kuningan seperti warna keju, diharapkan berhati-hati. Munculnya arna kuning keju merupakan pertanda bahwa adanya infeksi jamur. Diharapkan segera periksa ke dokter terdekat untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Perawatan dan Pencegahan

Dari pemaparan mengenai penyebab mengapa warna cairan vagina berbeda? Dapat disimpulkan bahwa sebagai seorang wanita wajib memperhatikan kebersihan organ intim. sebagai organ yang paling sensitif, vagina memerlukan perlakuan khusus. Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain, makan makanan bergizi seimbang, minum air putih yang cukup, membersihkan vagina setelah buang air kecil dan besar dengan arah basuh dari depan ke belakang dan tidak melakukan scrubbing (proses menggosok kulit dengan butiran halus).

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu juga dengan menghindari penggunaan bedak atau tisu untuk menyegarkan vagina. Usahakan untuk menjaga keseimbangan pH alami vagina dengan menghindari penggunaan produk pembersih kewanitaan, rajin mengganti pembalut atau tampon ketika menstruasi, hindari penggunaan panty liner karena dapat menyebabkan infeksi di area vagina. Anda juga bisa menggunakan larutan Betadine Feminine Hygiene – 60 ml – Pembersih Kewanitaan (Rp58.900).

Tidak lupa untuk memilih celana dalam berbahan katun dan pastikan celana dalam selalu dalam keadaan bersih dan kering, rajin mengganti pakaian dalam, serta menghindari mengenakan pakaian dalam yang ketat. Demikian juga saat mengeringkan vagina,  gunakan kain yang lembut dan bersih, lalu mencukur bulu kemaluan seperlunya, menghindari douching (mencuci vagina dengan menyemprotkan larutan khusus ke dalam saluran vagina), dan bila diperlukan gunakan pelindung saat berhubungan intim dengan pasangan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan memahami sebab mengapa warna cairan vagina berbeda? Diharapkan lebih peka dan waspada. Karena perbedaan warna cairan pada vagina dapat dijadikan tolok ukur adanya gejala yang tidak bisa dianggap remeh. Tentunya ini menjadi pelajaran penting mengingat maraknya kasus kematian yang disebabkan karena penyakit yang timbul di organ intim kewanitaan.   

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Temukan solusi konsultasi dokter gratis dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

penyakit-akibat-kelebihan-gula

Banyak Makan Camilan Manis saat Natal, Waspadai 4 Penyakit Ini

Hidup Sehat   08/12/2021

5 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Saat Liburan

Hidup Sehat   08/12/2021
tips menurunkan darah tinggi saat liburan

10 Tips Menurunkan Darah Tinggi saat Liburan

Hidup Sehat   06/12/2021

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Hidup Lebih Sehat

Hidup Sehat   06/12/2021
hampers-natal

Hindari Jatuh Sakit saat Natal dengan 5 Langkah Mudah Ini

Hidup Sehat   03/12/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman