fbpx

Melanoma: Definisi, Gejala, dan Jenisnya

Sep 14, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Anda tahu bahwa pola hidup yang tidak sehat akan menyebabkan banyak penyakit bermunculan di tubuh. Apakah sebelumnya Anda mengetahui tentang melanoma? Mungkin melanoma adalah istilah yang masih terdengar asing di telinga Anda.

Definisi Melanoma dan Gejala yang Muncul 

Apa itu melanoma? Melanoma adalah kanker kulit yang sangat serius. Hal ini muncul dikarenakan gangguan yang ada di dalam sel tubuh, biasanya digunakan untuk memproduksi pigmen yang memberikan warna kulit (melanin) atau melanosit. 

Anda harus tahu bahwa melanoma tampak seperti tahi lalat yang muncul baru-baru saja. Namun, ada sebagian dari kasus yang berkembang dari tahi lalat yang terbentuk sejak lama. 

Melanoma dari beberapa kondisi bermula dari tahi lalat. Kemudian semakin lama akan semakin menyebar di area sekitarnya, bahkan sampai masuk ke dalam bagian kulit yang lebih dalam. Tidak hanya itu, kanker melanoma bisa masuk ke pembuluh darah, kelenjar getah bening, dan bagian organ penting lainnya layaknya hati, paru-paru, dan tulang. 

Ketika pria mengidap kanker melanoma, maka tempat yang sering terkena adalah dada serta punggung. Para wanita yang mengidap kanker melanoma akan menyerang bagian kaki, leher, serta wajah. 

Bahkan tidak hanya itu saja yang patut untuk diwaspadai, terdapat bagian yang tersembunyi dan bisa terkena kanker kulit melanoma. Anda tahukah tempat itu? Tempat itu adalah alat kelamin, jari kaki, dan kulit dari kepala. Cukup mengerikan bukan? Untuk menghindarkan diri dari melanoma maka sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi makanan yang sehat dan mulai bergerak aktif. Hindarkan diri dari kebiasaan buruk. 

Tidak hanya itu, peringatan untuk Anda kanker kulit melanoma bisa saja menyerang mata, mukosa, dan bawah kuku. Cukup mengerikan sekali kondisi yang satu ini. 

Apakah sebelumnya Anda sudah mengetahui gejala-gejala yang muncul untuk penderita penyakit melanoma? Saat ini Anda harus benar-benar tahu dengan gejala tubuh yang mengidap penyakit melanoma. 

Inilah gejala-gejala yang muncul terhadap pengidap kanker melanoma, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Bentuk dari tahi lalat yang ada di tubuh tampak tidak seperti biasanya. 
  2. Perubahan terhadap tahi lalat, terutama pada warna. 
  3. Tahi lalat yang ukurannya makin bertambah besar. 
  4. Noda pada kulit putih yang sungguh tidak biasa. 
  5. Tahi lalat mulai tak kunjung hilang dan terasa perih. 
  6. Adanya kemerahan serta pembengkakan pada area yang ada di luar tahi lalat. 
  7. Tahi lalat mulai rusak dan mengeluarkan darah. 
  8. Tahi lalat mulai terasa nyeri dan gatal saat ditekan-tekan. 
  9. Sering terasa sesak nafas. 
  10. Nyeri tulang 

Setelah mengetahui gejala yang ada, Anda harus was-was terhadap perubahan yang ada. Pastikan Anda menanganinya langsung ke dokter. Jangan sampai terlambat untuk melakukan pemeriksaan. Maka dari itu, pastikan bahwa kondisi tubuh Anda selalu sehat dan aturlah pola hidup yang baik, agar tidak muncul gejala yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Jenis-jenis Kanker Melanoma 

Anda harus tahu bahwa melanoma memiliki beberapa jenis. Apakah Anda sudah mengetahui hal ini sebelumnya? Inilah jenis-jenis dari kanker melanoma yang wajib untuk Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut: 

Superficial Spreading Melanoma 

Jenis pertama untuk kanker melanoma adalah superficial spreading melanoma. Kondisi yang satu ini cukuplah umum terjadi di masyarakat. Biasanya cukup muncul pada bagian batang tubuh atau anggota dari tubuh Anda. 

Sel kanker yang satu ini cukup cenderung tumbuh pada permukaan kulit dalam beberapa waktu tertentu. Sebelum masuk atau tumbuh lebih dalam ke lapisan kulit yang terdalam. 

Nodular Melanoma 

Selanjutnya jenis kedua adalah nodular melanoma. Kondisi ini juga termasuk ke dalam kategori umum tetapi paling sering bermunculan. Jenis kanker kulit yang ada saat ini umum muncul juga di batang tubuh manusia, contohnya kepala dan leher. 

Tipe dari nodular melanoma lebih cenderung memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dibandingkan dengan jenis melanoma yang lain. Umumnya, berwarna hitam, bahkan bisa saja muncul kemerahan, berwarna pink dan bisa saja menyerupai warna yang serupa dengan kulit saat ini. 

Lentigo Maligna Melanoma 

Jenis ketiga dari kanker kulit adalah lentigo maligna melanoma. Tipe ini termasuk jarang pernah terjadi. Tetapi, kanker kulit dengan jenis ini lebih banyak menyerang orang tua, terutama terhadap tubuh yang banyak terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. 

Awal muncul dari noda yang satu ini adalah noda-noda pada kulit Anda. Umumnya kondisi yang satu ini akan bertumbuh secara perlahan sampai akhirnya mulai masuk ke dalam lapisan kulit yang terdalam. 

Acral Lentiginous Melanoma 

Jenis terakhir dari kanker kulit adalah acral lentiginous melanoma. Cukup langka mendengar kanker yang satu ini. Pada mulanya, akan muncul di bagian telapak tangan, kaki, maupun di bagian bawah kuku. 

Biasanya kanker acral lentiginous melanoma menyerang orang-orang yang mempunyai kulit cukup gelap. Sebenarnya, kondisi yang satu ini tidak memiliki keterkaitan dengan paparan sinar matahari. 

Ingin tebus obat tanpa ribet? Dengan Lifepack Anda bisa menebus obat dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Unduh aplikasinya yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis