fbpx
BerandaTelemedikMana Yang Benar, Apotek Atau Apotik?

Kebutuhan membeli obat atau alat kesehatan lainnya merupakan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Untuk mendapatkan obat Anda harus berkunjung ke institusi yang telah mendapatkan izin untuk menjual obat secara resmi dan legal. Seringkali institusi ini dikenal dengan dua nama, antara apotek atau apotik. Namun apakah penulisan yang benar apotek atau apotik? Simak penjelasannya di sini.

apotek atau apotik?

Apotek atau apotik?

Jika melihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) secara online, di laman kbbi.web.id, kata apotik tidak dapat ditemukan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa apotik bukan merupakan istilah yang benar.

Sedangkan, kata apotek telah diakui di dalam KBBI dan termasuk ke dalam jenis kata benda. Apotek dideskripsikan sebagai toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis, sebagai rumah obat. Kata ini juga dapat digunakan untuk merujuk ke sebagian tanah yang ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari.

Dari kata apotek, ada juga istilah perapotekan yang digunakan untuk segala hal tentang apotek. Lalu apoteker adalah kata yang digunakan untuk merujuk kepada ahli dalam ilmu obat-obatan; yang berwenang membuat obat untuk dijual. Tidak sembarang orang boleh menjual obat-obatan. Konsumsi obat harus diiringi dengan anjuran dokter, apotek, atau tenaga medis yang sesuai.

Maka dari itu, istilah yang benar adalah apotek dan bukan apotik. Sehingga Anda bisa menggunakan kata apotek sebagai istilah yang benar untuk mengacu kepada institusi yang menjual obat, salah satunya adalah Apotek Lifepack.

Asal-usul istilah apotek

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa apotek dan bukan apotik? Penggunaan kata apotek dapat dilihat dari latar belakang sejarah atau etimologinya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kata apotek awalnya muncul dari kata Yunani Kuno yaitu ἀποθήκη atau apothḗkē yang berarti gudang atau repositori sebagai tempat penyimpanan barang. Digabungkan dari kata apo yang berarti jauh dan thēkē yang berarti wadah.

Kata variasi dari apothḗkē tersebar ke banyak wilayah termasuk bahasa Belanda yaitu apotheek. Indonesia sendiri yang memiliki sejarah penjajahan oleh Belanda, mengambil kata apotheek menjadi apotek. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bagaimana apotek dapat dibangun?

Sebuah apotek dapat dibangun hanya jika sudah mengantongi surat resmi dan legal dari berbagai aspek. Termasuk bangunan, harga dan ketersediaan obat, hingga apoteker nya. Tidak jarang apotek juga menyediakan layanan konsultasi dokter yang tentunya harus memiliki gelar dan profesi yang sah.

Apotek yang berdiri secara resmi harus sudah mengantongi izin dari pemerintah. Izin bisa didapatkan dari pengajuan dan pembuktian surat-surat resmi itu tadi.

Apa saja yang disediakan di apotek?

Apotek pada umumnya menyediakan obat dan alat kesehatan lainnya yang diperlukan masyarakat secara umum. Kategori layanan yang diberikan apotek pada umumnya adalah sebagai berikut.

  • Over-the-counter (OTC) atau obat bebas

Anda bisa mendapatkan obat bebas di apotek. Obat bebas sendiri adalah segala produk farmasi yang bisa didapatkan tanpa harus merujuk kepada resep dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Perbedaan obat bebas dengan obat resep adalah dosisnya yang lebih rendah atau memiliki kontraindikasi yang cenderung sedikit. Obat bebas juga ditandai dengan logo berbentuk bulat dengan warna hijau. Sedangkan, obat bebas terbatas ditandai dengan warna biru. Penggunaan obat bebas tetap harus diikuti dengan anjuran pada kemasan atau apoteker.

Pada umumnya, beberapa contoh obat bebas adalah obat analgesik yang dapat meredakan nyeri dan demam, atau obat antipiretik yang dapat membantu meredakan demam. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Obat keras

Berbeda dengan obat bebas, obat keras hanya bisa didapatkan jika Anda telah memiliki resep dokter. Seringkali, obat keras memiliki dosis tinggi dan diperuntukkan untuk pasien dengan penyakit khusus. Obat keras ditandai oleh logo lingkaran berwarna merah.

Dosis dan cara konsumsi dari obat keras juga harus disesuaikan oleh resep dokter. Apoteker hanya bertugas untuk membantu memvalidasi dan meracik resep sesuai dengan pemberian dokter.

Beberapa contoh obat keras adalah obat untuk gejala diabetes, jantung, gangguan neuropati, dan penyakit kronis lainnya. 

  • Alat kesehatan

Tidak hanya obat-obatan, apotek juga menjual segala kebutuhan kesehatan secara umum.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Beberapa alat kesehatan seperti perban luka, termometer, dan lain-lain dapat dibeli secara bebas di apotek. Selain itu, apotek juga menyediakan produk kesehatan selain obat seperti produk kesehatan kulit atau sanitasi secara luas.

  • Konsultasi dokter

Sebagian orang mungkin tidak mengetahui penyakit yang diderita, maka dari itu sebagian apotek menyediakan layanan konsultasi dokter. Dengan adanya layanan ini, Anda bisa mendapatkan pengobatan yang lebih tepat dan akurat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Tebus resep

Setelah mendapatkan resep hasil konsultasi dokter, Anda bisa langsung menebus resep di apotek terkait. Anda juga tetap dapat melakukan tebus resep di apotek walaupun melakukan konsultasi di dokter atau lokasi lainnya. Apoteker akan membantu memvalidasi resep Anda.

Nikmati kemudahan segala layanan beli obat bebas dan alat kesehatan, konsultasi dokter, hingga tebus resep untuk obat kronis di Apotek Lifepack. Dapatkan obat bebas hemat, lengkap, dan gratis ongkir secara online maupun offline.

Anda bisa melakukan tanya jawab dokter gratis di Apotek Lifepack melalui WhatsApp di link berikut. Anda tidak akan dikenakan biaya selain menebus resep obat yang diperlukan. Jaga terus kesehatan bersama Lifepack, Apotek Tepercaya Anda.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis jenis apotek

Ternyata Ada Beberapa, Ini Jenis-jenis Apotek dan Pengertiannya

Telemedik   30/09/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
apotek terlengkap di bandung

Daftar Apotek Terlengkap di Bandung

Telemedik   17/06/2022
apotek bandung

Apotek Modern Lifepack Akan Segera Hadir di Bandung

Telemedik   16/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman