Malic acid dikenal juga sebagai asam malat merupakan salah satu senyawa asam yang masuk ke dalam keluarga asam AHA (alpha-hydroxy acids). Asam malic acid sering digunakan sebagai salah satu senyawa tambahan di dalam produk krim-krim kulit dan kecantikan. Manfaat senyawa acid dalam produk kecantikan adalah dapat mengangkat sel-sel kulit mati atau sebagai eksfoliator.

Informasi 

Senyawa asam malat atau malic acid ditemukan secara alami pada buah pir dan juga buah apel oleh ilmuwan pada tahun 1785. Asam malat ini merupakan senyawa yang menimbulkan rasa asam pada buah pir dan juga buah apel. Senyawa asam malat selain berasal dari buah-buahan juga ditemukan secara alami oleh tubuh. 

Tubuh secara alami dapat menghasilkan asam malat yang bermanfaat untuk menghasilkan energi yang diubah dari senyawa karbohidrat. Manfaat asam malat yang banyak dikenal adalah sebagai senyawa pencegah penuaan atau anti aging. Asam malat akan menghilangkan tanda penuaan serta memperbaiki peremajaan kulit sehingga kulit menjadi lebih halus. 

Senyawa asam malat juga bertindak sebagai senyawa chemical peeling yang bertindak untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Sel kulit mati yang dieksfoliasi akan membuat kulit tampak lebih cerah dan tidak kusam. Asam malat juga dapat menjaga kulit agar terhidrasi dengan optimal serta menjaga agar kadar pH kulit tetap seimbang. Asam malat juga berfungsi untuk membersihkan kotoran, bakteri dan sel kulit mati yang bisa menimbulkan jerawat.

Dosis

Penggunaan asam malat dalam produk kecantikan hanya dibolehkan untuk orang dewasa. Penggunaan asam malat yang tepat dalam bentuk krim oles sebaiknya mengikuti panduan dalam kotak kemasan obat. Gunakan tipis-tipis saja pada kulit. Umumnya asam malat yang terkandung dalam krim malam digunakan satu kali sehari saja dan tidak boleh berlebihan. 

Penggunaan berlebihan justru dapat meningkatkan risiko efek samping. Penggunaan asam malat untuk mulut yang kering adalah dengan disemprotkan ke mulut. Semprotkan semprotan mulut dengan kandungan 10% xylitol serta 1% asam malat dengan tambahan 0,05% fluoride. Gunakan semprotan mulut ini sebanyak 8 kali sehari selama 2 minggu.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain 

Penggunaan asam malat bersamaan dengan senyawa lainnya yang ada pada produk krim kecantikan umumnya aman. Konsumsi bersamaan dengan obat herbal ataupun obat medis juga belum ditemukan adanya bukti akan menyebabkan masalah atau efek samping berbahaya. 

Hanya saja untuk penggunaan yang lebih aman sebaiknya tidak bersamaan dengan produk obat lainnya. Anda bisa memberi jeda setidaknya 1 hingga 2 jam setelah atau sebelum penggunaan produk lainnya.

Kelompok Orang Berisiko 

Wanita hamil dan wanita yang menyusui termasuk ke dalam orang yang berisiko jika menggunakan produk dengan kandungan malic acid. Meski belum terdapat informasi lebih jauh terkait efek samping yang ditimbulkan oleh asam malat terhadap janin dan kehamilan, namun penggunaan produk mengandung malic acid selama hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Penggunaan asam malat sebagai obat selama kehamilan dan menyusui hanya dilakukan apabila lebih besar manfaat ketimbang risiko efek samping yang ditimbulkan. Untuk penggunaan yang tepat sebaiknya tetap dalam jumlah yang aman seperti yang ditemukan alami pada makanan seperti apel dan pir. 

Penggunaan asam malat juga dapat menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu penggunaan asam malat dalam produk kecantikan sebaiknya dihindari oleh mereka yang memiliki masalah hipotensi sebelumnya.

Efek Samping

Dibandingkan asam yang ada di dalam keluarga asam AHA, asam malat merupakan salah satu jenis asam yang lebih kecil risiko menyebabkan efek samping iritasi. Meski begitu, penggunaan asam malat yang tidak tepat atau penggunaan asam malat untuk mereka yang memiliki kulit sensitif bisa menimbulkan efek samping seperti berikut ini:

  • Sensasi seperti terbakar
  • Muncul ruam kemerahan pada beberapa bagian kulit
  • Rasa gatal di beberapa bagian kulit terutama di sekitar mata

Sementara pada orang yang memiliki kulit sensitif terhadap asam malat, maka penggunaan asam malat mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi seperti pembengkakan pada kulit, ruam kemerahan, gatal-gatal dan reaksi seperti terbakar.

Cara Konsumsi

Penggunaan produk yang mengandung asam malat sebaiknya dilakukan patch test terlebih dahulu di bagian kulit. Patch test bisa dilakukan di bagian kulit seperti belakang telinga dan area pergelangan tangan. Oleskan sedikit krim dengan kandungan Malic acid kemudian biarkan selama 24 jam tanpa dibilas untuk mengetahui apakah ada reaksi kulit yang ditimbulkan.

Sementara untuk konsumsi suplemen yang mengandung malic acid secara oral masih belum dapat dipastikan 100% aman. Hanya saja memang belum ditemukan bukti bahwa konsumsi suplemen malic acid lewat mulut berbahaya sehingga dimungkinkan aman untuk dikonsumsi dari mulut. Untuk konsumsi malic acid di dalam suplemen oral sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?