fbpx
BerandadirektoriPenyakitLymphogranuloma Venereum (LGV)

Lymphogranuloma venereum (LGV) merupakan penyakit infeksi menular seksual (sexually transmitted disease/STD). Penyakit ini merupakan salah satu tipe penyakit ulkus kelamin. LGV disebabkan oleh infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri penyebab Lymphogranuloma venereum (LGV) ini terutama mempengaruhi sistem limfatik. 

lymphogranuloma-venerum-lgv

Informasi 

Lymphogranuloma venereum ditandai dengan adanya papula atau ulkus genital (luka pada kelamin) yang dapat sembuh sendiri namun diikuti oleh pembesaran kelenjar getah bening (limfadenopati) inguinal dan / atau femoralis yang menimbulkan rasa nyeri. 

Pada sebagian besar kasus, ulkus genital pada LGV dapat sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan khusus. Sehingga, gejala yang biasanya dikeluhkan oleh pasien adalah pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati). LGV dapat menimbulkan infeksi yang menyeluruh pada tubuh (sistemik), jika tidak mendapatkan penanganan awal dengan segera.  

Gejala Klinis

Gejala Lymphogranuloma venereum (LGV) yang muncul tergantung terhadap tahap infeksi yang sedang terjadi. LGV terdiri dari 3 tahap infeksi, yaitu: 

  • Tahap Pertama

Tahap ini biasanya dimulai sejak 3 hingga 30 hari setelah inokulasi virus. Tahap ini ditandai dengan munculnya papul atau ulkus pada kelamin yang tidak terasa nyeri.

  • Tahap Kedua

Tahap kedua dimulai sejak 2-6 minggu setelah lesi pertama muncul. Pada tahap ini, muncul pembesaran kelenjar getah bening (limfadenopati) regional, biasanya pada daerah inguinal dan/atau femoral pada satu sisi tubuh (unilateral). Pembengkakan kelenjar getah bening ini akan menimbulkan rasa sakit. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sebagian besar pasien pria, didiagnosis menderita LGV dan mendapatkan pengobatan ketika berada pada tahap infeksi ini. Sehingga, pria jarang mengalami tahap akhir infeksi. Gejala lain yang dapat muncul adalah demam, menggigil, dan nyeri otot.

  • Tahap Akhir  

Tahap akhir dari Lymphogranuloma venereum (LGV) disebut juga sebagai sindrom genito-anorektal. Kondisi ini ditandai dengan adanya peradangan pada rektum dan usus besar (proctocolitis). Keadaan ini lebih sering ditemukan pada wanita. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Oleh karena, wanita tidak menunjukkan gejala pada tahap yang lebih awal, sehingga tidak mendapatkan terapi lebih dini. Gejala proctocolitis yang dapat muncul adalah keluarnya cairan berwarna merah kekuningan, nyeri pada rektum, dan tenesmus. 

Penyebab 

LGV merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. LGV ditularkan dari orang yang terinfeksi kepada orang lain melalui aktivitas seksual. Bakteri akan meluas dan menyebar dari tempat infeksi primer (ulkus genital) ke kelenjar getah bening regional. 

Faktor Risiko 

Hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya LGV, antara lain: 

  • Berganti-ganti pasangan seksual 
  • Melakukan aktivitas seksual tanpa menggunakan kondom 
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah (immunocompromised)

Diagnosis 

Untuk mendiagnosis Lymphogranuloma venereum (LGV), dokter akan melakukan wawancara medis untuk mengetahui gejala hingga riwayat penyakit yang diderita pasien. Kemudian, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa tanda yang muncul. Diagnosis LGV ditegakkan terutama didasari oleh temuan klinis yang ada. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika diperlukan, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang untuk membantu menentukan diagnosis. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan, antara lain: 

  • Pemeriksaan laboratorium darah untuk melihat kemungkinan adanya infeksi 
  • Biopsi kelenjar limfe
  • Pemeriksaan serologi untuk mengidentifikasi keberadaan Chlamydia trachomatis

Pada pasien yang menderita LGV, direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan penyakit infeksi menular lainnya seperti infeksi HIV, gonore, dan sifilis.  . 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pengobatan 

Pada saat kunjungan pertama kali ke fasilitas kesehatan, orang dengan temuan klinis yang dicurigai menderita LGV sebaiknya segera mendapatkan pengobatan awal. Pengobatan LGV bertujuan untuk menyembuhkan infeksi dan mencegah kerusakan jaringan. 

Pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi mungkin memerlukan aspirasi dan drainase (pengeluaran cairan) untuk mencegah pembentukan ulkus pada daerah pembengkakan. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan antibiotik berikut untuk digunakan pada pengobatan LGV:

  • Doxycycline 
  • Erythromycin

Pilihan antibiotik untuk pengobatan Lymphogranuloma venereum (LGV) yang pertama adalah obat Doxycycline. Obat antibiotik lainnya yang bisa menjadi pilihan pengobatan LGV adalah erythromycin. Salah satu obat yang mengandu erythromycin adalah obat Erysanbe 500 mg – 100 kaplet – Obat Infeksi Bakter Harga Rp340.000. ERYSANBE 500 MG KAPLET adalah antibiotik golongan makrolidum yang mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif. Erysanbe mengandung erythromycin adalah bakteriostatik yang bekerja dengan cara mengikat sub unit 50s dan 70s dari ribosom bakteri sehingga menghambat translasi mRNA. Selain erythromycin, obat dengan kandungan Azithromycin juga dapat digunakan sebagai pilihan terapi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Orang yang pernah melakukan kontak seksual dengan pasien yang menderita LGV harus menjalani pemeriksaan infeksi Chlamydia dalam waktu 60 hari sebelum timbulnya gejala. 

Selama menjalani pengobatan LGV, pasien sebaiknya menghindari melakukan aktivitas seksual hingga pengobatan selesai dan gejala telah hilang sepenuhnya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasikan kepada dokter agar Anda mendapatkan pilihan pengobatan dan dosis yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat melakukan konsultasi dengan aman bersama dokter profesional di Lifepack. Obat yang tersedia di Lifepack misalnya obat erysanbe dengan kandungan erythromycin.  

Pencegahan 

Belum ada vaksin yang ditujukan untuk mencegah terjadinya LGV. Oleh karena Lymphogranuloma venereum (LGV) merupakan penyakit yang ditularkan melalui kontak seksual, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan LGV antara lain: 

  • Hindari berganti-ganti pasangan seksual 
  • Gunakan pelindung seperti kondom saat melakukan aktivitas seksual 
  • Hindari melakukan aktivitas seksual dengan orang yang memiliki ulkus kelamin 

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ulkus-mole

Ulkus Mole

direktoriPenyakit   08/06/2021
skabies

Skabies

direktoriPenyakit   08/06/2021
kutil-kelamin

Kutil Kelamin

penyebab-penyakit-menular-seksual

Pelajari Apa Saja Penyebab Penyakit Menular Seksual

Seks   02/06/2021
tinea-cruris

Tinea Cruris

direktoriPenyakit   31/05/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman