fbpx

Kutil kelamin (genital warts) memiliki istilah medis condyloma acuminata. Infeksi ini merupakan salah satu bentuk penyakit menular seksual (sexuallty transmitted disease/STD) yang paling banyak ditemukan. Infeksi ini disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). 

kutil-kelamin

Informasi 

Terdapat berbagai macam tipe Human papillomavirus (HPV). HPV yang menyebabkan infeksi ini adalah HPV tipe 6 dan 11. HPV ditularkan melalui kontak kulit kelamin ketika melakukan hubungan seksual. Kutil kelamin muncul sebagai benjolan kecil di sekitar area kelamin. Kutil ini dapat menyebabkan rasa nyeri, rasa tidak nyaman, dan gatal. Pengobatan dapat menghilangkan benjolan kutil, namun tidak dapat menghilangkan infeksi HPV. Kutil terkadang dapat muncul kembali secara spontan. 

Gejala Kutil Kelamin 

Gejala mungkin baru muncul setelah beberapa minggu atau bulan sejak terjadinya infeksi. Kutil kelamin tidak selalu terlihat. Kutil mungkin berukuran sangat kecil dengan warna yang sama dengan warna kulit di sekitarnya atau sedikit lebih gelap. Bagian atas permukaan kutil dapat menyerupai bentuk kembang kol dan dapat terasa halus atau sedikit bergelombang ketika disentuh. Kutil dapat muncul hanya satu buah atau muncul sebagai sekelompok kutil. 

Lokasi Kutil Kelamin Pada Pria: 

  • Penis 
  • Skrotum 
  • Lipatan paha 
  • Di dalam atau sekitar anus 

Lokasi Kutil Kelamin Pada Wanita:: 

  • Di dalam vagina atau anus 
  • Di luar vagina atau anus 
  • Cervix atau leher rahim 

Kutil kelamin juga dapat muncul di bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan pada orang yang pernah melakukan kontak seksual oral dengan orang yang telah infeksi HPV. 

Meskipun infeksi ini kadang tidak terlihat, kutil kelamin dapat masih menimbulkan gejala seperti: 

  • Keputihan 
  • Gatal 
  • Berdarah 
  • Rasa terbakar 

Jika kutil kelamin menyebar atau meluas, kutil dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga rasa nyeri. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penyebab Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). Terdapat berbagai tipe HPV yang dapat menginfeksi manusia. Tipe HPV yang menyebabkan kutil kelamin berbeda dengan HPV yang menyebabkan kutil pada bagian tubuh yang lain. Infeksi ini paling sering disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. Infeksi HPV tipe 16 dan 18 berpotensi tinggi menyebabkan kanker pada serviks, vagina, dan penis. Sebagian besar kasus infeksi ini terjadi antara usia 17 hingga 33 tahun, dengan jumlah kasus tertinggi pada usia 20 hingga 24 tahun. 

Faktor Risiko 

Semua orang yang aktif secara seksual beresiko terkena infeksi HPV. Namun, kejadian kutil kelamin dapat meningkat pada orang yang: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Berusia di bawah 30 tahun 
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah (immunocompromised
  • Anak dari seorang ibu yang sedang terinfeksi HPV ketika melahirkan 

Diagnosis 

Untuk mendiagnosis kutil kelamin, dokter akan menanyakan keluhan pasien serta riwayat penyakit yang diderita pasien. Dokter kemudian akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat bentuk kutil yang ada pada kelamin pasien. Infeksi ini biasanya muncul di atas permukaan kulit. Beberapa dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan penunjang menggunakan larutan asam asetat untuk membantu mengidentifikasi kutil dan area kulit yang terkena. 

Pada pasien wanita yang dicurigai terinfeksi HPV, dokter dapat melakukan pemeriksaan Pap smear. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sampel dari serviks pasien. Sampel ini akan dilakukan pemeriksaan untuk melihat apakah terdapat infeksi HPV. Jenis HPV tertentu dapat menyebabkan hasil abnormal pada pap smear, yang mungkin menunjukkan perubahan prakanker. Jika ditemukan lesi prakanker, pasien memerlukan pemeriksaan lebih lanjut atau prosedur khusus yang disebut kolposkopi. 

Pemeriksaan penunjang seperti biopsi dianjurkan jika diagnosis kutil kelamin belum dapat dipastikan atau jika pasien mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh (immunocompromised). 

Pengobatan 

TIdak terdapat pengobatan spesifik untuk mengobati infeksi HPV. Menghilangkan kutil yang terlihat tidak mengurangi penularan infeksi HPV kepada orang lain. Sebagian besar kasus pasien HPV akan menghilangkan infeksi secara spontan dalam waktu 18 hingga 24 bulan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat kutil kelamin yang dilakukan pada pasien tergantung pada jumlah, ukuran, dan lokasi kutil. Pilihan pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat-obatan topikal, seperti: 

  • Asam trikloroasetat (TCA)
  • Podophyllin 
  • Imiquimod

Obat topikal dipilih karena merupakan pengobatan yang invasif minimal dibandingkan dengan prosedur pengangkatan kutil (operasi). Jika kutil tidak hilang dengan pengobatan topikal, Anda mungkin memerlukan prosedur pengangkatan kutil. Prosedur pengangkatan kutil dapat dipilih dengan mempertimbangkan ukuran kutil. Beberapa prosedur yang dapat dilakukan adalah: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Eksisi dengan bius lokal 
  • Liquid nitrogen cryosurgery
  • Electrocauterization  
  • Prosedur operasi dengan bius total 

Konsultasikan kepada dokter agar Anda mendapatkan pilihan pengobatan yang tepat dengan dosis yang sesuai. Anda dapat melakukan konsultasi dengan aman bersama dokter profesional di Lifepack. 

Pencegahan 

Oleh karena kutil kelamin merupakan infeksi menular seksual, cara mencegah infeksi ini yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari kontak seksual dengan orang yang memiliki kutil kelamin atau yang sedang menjalani pengobatan infeksi ini. Gunakan kondom jika melakukan kontak seksual.Sedangkan, pasien Herpes juga dapat meningkatkan imunitas dengan konsumsi Isprinol 250 mg/5 ml syrup 60 ml – 60 ml – Obat sirup untuk meningkatkan imun dan infeksi virus Herpes (Rp150.000).

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman