fbpx

Lithospermi Radix Extractum

Nov 5, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf L | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Lithospermi Radix Extractum adalah tanaman herbal yang akar keringnya dapat mengobati luka kulit. Hasil penelitian membuktikan bahwa lithospermi radix extractum punya begitu banyak manfaat bagi penyembuhan seperti antiviral, anti peradangan, anti tumor, bahkan antimikroba. Herbal ini mempunyai bahan aktif yaitu turunan dari senyawa shikonin (Baca juga Ekstrak Biji Trigonella Foenum-Gracum).

Informasi

Lithospermi radix extractum menunjukkan obat ini punya efek menghambat reaksi alergi atopik. Lebih jauh, efek tersebut in vivo dan in vitro memungkinkan pengaplikasian terapeutik dari agen ini untuk alergi inflamasi. 

Lithospermi radix extractum juga dapat digunakan untuk merawat kulit yang terkena eksim, atau mengalami luka bakar, radang akibat kedinginan, dan kondisi lainnya. 

Lithospermi radix extractum bila diterapkan pada bidang makanan, dapat menjadi bahan baku makanan yang baik untuk perut karena memiliki kemampuan mendetoks.

Bila diterapkan dalam bidang farmasi, lithospermi radix extractum bisa melancarkan sirkulasi darah juga mengatur pernafasan sehingga metabolisme lebih lancar. 

Lithospermi radix extractum juga dapat digunakan untuk dermatitis, hepatitis, dan obat lain.

Lithospermi radix extractum memiliki efek anti kerut dan mengurangi noda pada wajah.

Dosis

Apabila karena satu dan lain hal, ada satu dosis terlewatkan dan waktu yang terlewatkan itu dekat dengan waktu minum obat berikutnya, maka dapat mengabaikan jadwal tersebut. Namun bila waktu konsumsi obat berikutnya masih lama, silahkan minum obat ini segera. Jangan pernah menggandakan dosis obat ini.

Setting-lah alarm agar tidak terlewatkan jadwal minum obat. Bila ada keluarga, minta mereka untuk mengingatkan bahwa anda sedang dalam perawatan dan harus minum obat pada jam-jam tertentu.

Apabila banyak dosis terlewat beberapa waktu belakangan ini, ada baiknya konsultasikan pada dokter tentang kondisi ini. Dokter akan memberi pertimbangan berdasarkan kondisi kesehatan pasien.

Overdosis 

  • Dilarang keras mengkonsumsi obat lebih dari dosis yang ditentukan dokter. Konsumsi obat lebih banyak tidak akan membuat kondisi lebih cepat sembuh. 
  • Jangan pernah menganjurkan dan memberikan orang lain obat yang sedang anda konsumsi meskipun mereka memiliki kondisi yang sepertinya sama dengan kondisi anda saat ini.
  • Apabila anda mencurigai bahwa ada seseorang yang overdosis obat ini, segera bawa ke rumah sakit atau klinik terdekat. Bantu orang itu mendapatkan pertolongan secepat mungkin.

Kontraindikasi

Pada umumnya obat ini tidak membuat ketergantungan obat. Selalu baca petunjuk pengobatan pada bungkus obat tersebut. Jangan obati sendiri sesuai feeling anda. Dokter harus dilibatkan agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan.

Interaksi dengan Obat Lain

Apabila anda mengalami kantuk yang luar biasa, kepala terasa pusing dan berat, tekanan darah sangat rendah atau hipotensi ketika mengkonsumsi obat ini, maka sangat dianjurkan bahwa anda tidak boleh mengendarai kendaran. Tidak diperkenankan mengoperasikan alat berat saat konsumsi lithospermi radix extractum.

Kelompok Orang Berisiko

Mereka yang beresiko adalah orang yang juga mengkonsumsi alkohol karena alkohol meningkatkan efek samping:

  • Mengantuk
  • Pusing
  • Tekanan darah rendah atau disebut hipotensi

Cara Konsumsi   

Digunakan dalam rangka merawat, mengontrol, mencegah dan memperbaiki penyakit, kondisi dan gejala berikut ini: asma, radang, alergi yang parah, radang dingin, luka bakar, eksim, dan kelainan pada darah

Bagaimana bila lithospermi radix extractum telah kadaluarsa? 

Obat ini bukanlah obat yang memiliki efek yang sangat berbahaya bila digunakan setelah kadaluarsa. Namun sangat tidak efektif tentu saja bila mengonsumsi obat yang kadaluarsa. Tidak ada manfaat baik yang akan didapat. Sebaiknya tanyakan pada dokter bila merasakan kondisi yang tak kunjung membaik. 

Apalagi anda menderita penyakit lain yang cukup kronis dan mungkin membawa efek yang kurang baik bagi tubuh dan kesehatan anda, maka hubungi dokter agar diberikan obat pengganti yang sesuai dengan kondisi dan riwayat kesehatan dulu dan sekarang.

Cara menyimpan lithospermi radix extractum:

  • Terbaik menyimpan obat ini pada suhu ruangan.
  • Jauhkan dari paparan cahaya secara langsung agar kualitas obat tetap terjaga sehingga efek yang diharapkan dapat tercapai. 
  • Hindari tempat penyimpanan yang lembab. Sama seperti yang di atas, kondisi lembab juga dapat merusak kualitas obat. 
  • Tidak boleh dibekukan agar dapat digunakan dengan optimal dan mengatasi masalah dengan semestinya.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Sering kita dengar orang tua yang kurang berhati-hati meletakkan obat dan terjadilah kasus keracunan karena anak mengkonsumsi atau memakan obat yang tidak seharusnya dimakan.
  • Jauhkan hewan kesayangan dari obat ini. Beberapa hewan mengalami keracunan disebabkan penyimpanan obat yang kurang aman.
  • Tidak diperkenankan membuang obat ke dalam toilet atau saluran pembuangan. Obat yang dibuang seperti itu dapat mencemari lingkungan.
  • Bila anda berencana menghentikan penggunaan obat ini karena satu dan lain hal,maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Meskipun lithospermi radix extractum  bukan obat keras yang sangat membahayakan bila terjadi kesalahan pemakaian, namun berhati-hati dan memperhatikan aturan pemakaian akan lebih baik. Ingat selalu bahwa artikel ini bukan merupakan pengganti konsultasi kunjungan ke dokter. 

Untuk lebih amannya dan agar manfaat serta efek obat lebih tepat guna, maka selalu perhatikan petunjuk penggunaan obat. Juga jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter bila mengalami keraguan penggunaan obat ini.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis