fbpx

Ekstrak Biji Trigonella Foenum-Gracum

Nov 3, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf E | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Biji trigonella foenum-gracum atau biji klabet dikenal oleh masyarakat umum sebagai tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk memperlancar air susu ibu (ASI). Tanaman herbal satu ini juga dikenal sebagai salah satu bumbu rempah – rempah untuk masakan kari agar terasa lebih sedap dan gurih. Selain itu, tanaman klabet memiliki kemampuan untuk memberikan aroma enak pada masakan kari. Tanaman ini biasa dijadikan produk ekstrak biji trigonella foenum-gracum (Baca juga Ekstrak Rosehip).

Informasi

Tanaman klabet merupakan tanaman rempah-rempah yang kerap dimanfaatkan oleh masyarakat daerah Asia Selatan seperti Sri Lanka, Pakistan serta India sebagai rempah penyedap masakan. Selain sering digunakan pada daerah Asia Selatan sebagai bumbu masakan, tanaman klabet juga kerap dimanfaatkan oleh masyarakat Aceh untuk bumbu masakan kalio, kari dan gulai. 

Klabet atau yang juga dikenal sebagai fenugreek memiliki nama latin Trigonella foenum-gracum. Bentuk biji tanaman klabet adalah butiran kecil dengan warna coklat agak orange. Tekstur rempah ini sedikit keras ketika dipegang. Tanaman klabet masuk ke dalam famili Fabaceae

Tanaman Trigonella foenum-gracum juga kerap dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal karena kandungan multivitamin serta senyawa di dalamnya yang sangat tinggi. Di dalam tanaman Trigonella foenum-gracum juga terkandung senyawa antioksidan yang dianggap sebagai senyawa antioksidan paling tua yang dikenal oleh umat manusia.

 

ekstrak biji trigonella foenum-gracum
Ekstrak biji trigonella foenum gracum atau biji klabet dikenal sebagai tanaman herbal untuk memperlancar air susu ibu (ASI).

Tanaman Trigonella foenum-gracum di Indonesia dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi ASI. Hal ini juga telah dibuktikan melalui serangkaian penelitian seperti penelitian dari Puslitbang Biomedis serta Teknologi Dasar Kesehatan. Kemampuan yang dimiliki oleh tanaman klabet adalah sebagai prekursor hormon kontrasepsi, produksi diosgenin serta kandungan fitoestrogen yang tinggi. 

Sementara di Eropa, Trigonella foenum-gracum juga dimanfaatkan sebagai pelancar ASI. Di dalam simplisia klabet terdapat minyak lemak sebanyak 20 sampai 30 persen. Tanaman Trigonella foenum-gracum juga diketahui memiliki kemampuan sebagai obat pelancar asi (galactagogue) yang baik. Di dalam biji Trigonella foenum-gracum terkandung 16 jenis asam amino, mineral, serat dan karbohidrat. Di dalam biji tanaman klabet terkandung protein dengan angka banding lisin – arginine rendah. 

Biji klabet juga memiliki kemampuan sebagai antidiabetes karena dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Kemudian memiliki efek anti kanker karena senyawa antioksidannya yang sangat baik bagi tubuh. Trigonella foenum-gracum juga dapat berperan sebagai antifungal atau antijamur, antibakteri, anti katarak dan juga antifertilitas. 

Dosis

Tidak semua ibu yang produksi ASI-nya dirasa kurang harus langsung mengkonsumsi obat galactogogue. Bisa jadi kekurangan ASI karena adanya cara penyusuan yang tidak tepat. Sementara untuk ibu yang memang membutuhkan obat pelancar ASI biasanya disebabkan oleh faktor kelainan anatomi, resistensi insulin, obesitas, plasenta yang tertinggal pada rahim serta gangguan fungsi kelenjar ASI. 

Pemberian hanya dalam durasi singkat saja yakni 14 hingga 21 hari atau 2 sampai 3 minggu saja sambil dipantau secara berkala. Dosis obat Trigonella foenum-gracum harus mengikuti anjuran dokter agar tidak berlebihan. Dosis juga bisa mengikuti anjuran pada kemasan yang telah disesuaikan dengan merk dan kandungan Trigonella foenum-gracum di dalamnya.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain 

Tanaman herbal biji klabet dan Trigonella foenum-gracum bisa berinteraksi dengan obat medis ataupun obat herbal lainnya secara farmakologis. Oleh sebab itu konsumsi ekstrak tanaman herbal Trigonella foenum-gracum bersamaan dengan obat herbal ataupun obat medis lainnya harus mengikuti anjuran dokter. Selalu berkonsultasi dengan dokter apabila Anda ingin mengkonsumsi obat medis atau herbal dengan ekstrak Trigonella foenum-gracum. 

Kelompok Orang Berisiko 

Apabila Anda memiliki riwayat hipersensitif terhadap kandungan ekstrak tanaman herbal Trigonella foenum-gracum, maka sebaiknya jangan mengkonsumsi obat ini. Pemberian obat untuk memperlancar ASI dari ekstrak tanaman herbal Trigonella foenum-gracum tidak boleh terlalu lama. 

Efek Samping

Penggunaan tanaman herbal Trigonella foenum-gracum sebagai pengobatan ataupun suplemen memang hanya berisiko kecil untuk menimbulkan efek samping. Efek samping yang ditimbulkan oleh tanaman herbal Trigonella foenum-gracum juga tidak selalu muncul pada semua orang. Namun pada kondisi tertentu, tanaman Trigonella foenum-gracum mungkin akan menimbulkan efek samping yang ringan.

Efek samping minor yang mungkin muncul pada tanaman herbal klabet Trigonella foenum-gracum seperti:

  • Diare
  • Gangguan pada pencernaan
  • Mual
  • Menstimulasi uterus

Selain itu, pemberian obat pelancar ASI juga bisa menimbulkan efek samping berupa tremor, tekanan darah meningkat, serta mengantuk bagi ibu. 

Cara Konsumsi

Konsumsi ekstrak biji klabet atau Trigonella foenum-gracum sebaiknya mengikuti anjuran dokter ataupun kemasan produk. Namun agar lebih aman sebaiknya selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah kemungkinan terjadi kelebihan dosis (overdosis) yang berbahaya bagi ibu. Hanya saja konsumsi galactogogue atau obat pelancar ASI sebenarnya tidak boleh dikonsumsi oleh semua orang dan harus memperhatikan kondisi ibu menyusui.

Simpan kemasan obat pada tempat bersuhu ruangan dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Anda juga jangan menyimpan obat ini pada tempat bersuhu lembab.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis