fbpx

Ekstrak Kulit Kayu French Maritime Pine

Nov 3, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf E | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Maritime pine atau Pinus pinaster merupakan tumbuhan yang hidup di berbagai negara laut mediterania. Kulit pohon yang satu ini seringkali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat. Tinggi pohon ini sendiri bisa melebihi 35 meter dengan maksimal ukuran diameter 1,2 meter. Tumbuhan ini biasa dijadikan produk ekstrak kayu french maritime pine.

Jenis pohon yang satu ini juga memiliki beberapa nama lain seperti French Marine Pine Bark Extract atau Condensed Tannins, serta nama lainnya (Baca juga Ekstrak Belladonna).

Informasi

Ekstrak kayu French maritime pine sendiri memiliki beberapa kegunaan diantaranya adalah untuk mengurangi gejala asma dengan mengkonsumsinya secara bersamaan dengan obat asma. Selain itu obat yang satu ini juga bisa mengatasi berbagai masalah misalnya seperti, berat pada kaki, mengurasi rasa sakit, serta retensi cairan yang dialami oleh orang yang memiliki masalah dengan sirkulasi. Mengkonsumsi obat herbal yang satu ini juga dapat berguna untuk meningkatkan kinerja menjadi jauh lebih baik pada performa para atlet. Obat ini juga biasa dikonsumsi ketika melakukan tes kebugaran fisik.

ekstrak kayu french maritime pine
Ekstrak kayu french maritime pine memiliki kegunaan untuk mengurangi gejala asma dengan mengkonsumsinya bersamaan dengan obat asma.

Hasil penelitian bahkan menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak kulit kayu French maritime pine dalam kurun waktu 3 sampai dengan 12 bulan dapat membuat fungsi mental maupun memori menjadi lebih meningkat. Pelenelian juga menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi obat herbal ini akan membantu mengurangi gejala yang timbul karena alergi.

Mengkonsumsi ekstrak ini juga dapat membantu mencegah atau memperlambat penyakit retina pada mata yang bisa disebabkan karena penyakit lain seperti aterosklerosis, diabetes maupun penyakit lainnya. Selain itu, obat ini juga biasa dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

Dosis

Pemberian dosis pada setiap orang bisa berbeda-beda. Hal ini didasarkan pada faktor kondisi, usia, reaksi tubuh terhadap obat maupun faktor lainnya. Berikut jumlah dosis yang umum untuk diberikan.

Dosis untuk Orang Dewasa

  • Orang dewasa dengan kondisi asma: dosis yang diberikan adalah 1 mg ekstrak maritime pine per pon berat badan dengan maksimal pemberian dosis sebanyak 200 mg / hari. dosis tersebut diberikan dalam jadwal minum sehari 2 kali selama kurun waktu 1 bulan.
  • Masalah sirkulasi: dosis yang diberikan adalah 45-360 mg ekstrak maritime pine yang dikonsumsi dalam jadwal setiap hari 3 kali sehari selama kurun waktu 3 sampai dengan 12 minggu.
  • Meningkatkan performa atletik: dosis yang diberikan adalah 100-200 mg ekstrak maritime pine yang digunakan untuk jadwal minum setiap hari dalam kurun waktu selama 1 hingga 2 bulan.
  • Meningkatkan fungsi mental: dosis yang diberikan adalah 100-150 mg ekstrak maritime pine yang digunakan untuk jadwal minum setiap hari dalam kurun waktu selama 3-12 bulan.
  • Penyakit retina: dosis yang diberikan yakni 50, dosis ini diminum dengan jadwal 3 kali sehari selama kurun waktu 2 bulan.
  • Alergi: dosis yang diberikan 50 mg ekstrak maritime pine dengan jadwal minum 2 kali sehari.

Dosis untuk Anak-anak

Asma: Untuk rentan usia 6 hingga 18 tahun, dosis obat yang diberikan adalah 1 mg ekstrak maritime pine per pon dari berat tubuh, dengan jadwal minum sehari 2 kali selama kurun waktu 3 bulan.

Kontraindikasi

Kontraindikasi bisa terjadi karena adanya faktor interaksi obat maupun karena kelompok orang beresiko. Berikut kontraindikasi yang bisa terjadi saat mengkonsumsi ekstrak kulit kayu French maritime pine.

Interaksi dengan Obat Lain

Mengkonsumsi ekstrak ini secara bersamaan dengan obat lain dapat menimbulkan interaksi obat yang menyebabkan fungsi obat menjadi berkurang. Berikut beberapa obat yang bisa menimbulkan interaksi jika dikonsumsi bersama dengan ekstrak kulit kayu French maritime pine:

  • Azathioprine (Imuran)
  • Basiliximab (Simulect)
  • Cyclosporine (Neoral, Sandimmune)
  • Daclizumab (Zenapax)
  • Muromonab-CD3 (OKT3, Orthoclone OKT3)
  • Mycophenolate
  • Tacrolimus (FK506, Prograf)
  • Sirolimus (Rapamune)
  • Prednisone (Deltasone, Orasone)
  • Kortikosteroid (glukokortikoidi) (kortikosteroid).

Kelompok Orang Berisiko

Kontraindikasi selain bisa terjadi karena penggunaan obat lain, juga bisa disebabkan karena kelompok orang beresiko. Berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kontraindikasi. Bagi orang yang tengah hamil dan menyusui penggunaan obat ini perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu kontraindikasi juga bisa disebabkan karena kondisi atau riwayat penyakit. Jadi, pastikan untuk mengkonsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter Anda untuk mengurangi resiko terjadinya kontraindikasi tersebut.

Efek Samping

Beberapa efek samping yang dapat timbul karena mengkonsumsi obat ini diantaranya adalah:

  • Pusing
  • Masalah perut
  • Sakit kepala
  • Sariawan
  • Iritasi pada kulit
  • Bau mulut

Jika Anda merasakan efek samping dari obat ini, silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Nantinya dokter bisa mengurangi dosis atau justru menghentikan penggunaan obat tersebut.

Cara Konsumsi

Cara konsumsi ekstrak kulit kayu French maritime pine adalah dengan mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan. Anda juga bisa mengikuti petunjuk dokter untuk mengetahui cara minum obat ini yang benar. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa konsultasi dengan dokter atau apoteker karena bisa menyebabkan overdosis jika dikonsumsi secara berlebih.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis