Libido Menurun? Ini 7 Cara Meningkatkannya

Jul 20, 2020 | Seks | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Tidak bisa dipungkiri, seks memang menjadi salah satu hal yang begitu penting bagi kehidupan suami istri karena dapat membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Meskipun begitu tidak jarang dalam kehidupan seks dapat terjadi gangguan karena penurunan libido yang dialami oleh pasangan. Bagi pasangan suami istri yang merasakan hal tersebut, Anda tak perlu khawatir berlebih, pasalnya ada cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan libido.

Berbagai cara mengatasi masalah libido ini dapat membantu mendapatkan hubungan seks yang kembali nyaman. Mulai dari membiasakan diri dengan manajemen stres, menu makanan hingga tips ketika memulai hubungan intim. Supaya dapat meningkatkan libido Anda, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Cara Meningkatkan Libido

Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah libido yang menurun. Berikut ulasannya:

Fokus Perbaiki Kualitas Hubungan

Ada saat dimana hubungan intim menjadi terasa membosankan karena rasanya yang sudah tak lagi sama atau mulai terasa hambar. Umumnya hal ini dapat terjadi pada pasangan yang telah lama menjalin ikatan pernikahan.

Namun, tak perlu khawatir, solusinya adalah dengan meningkatkan libido maka hubungan seks pun terasa tak lagi hambar dan dapat berjalan dengan lebih baik. Untuk dapat memulai seks yang nyaman dan menyenangkan, maka penting untuk memperbaiki hubungan dengan pasangan terlebih dahulu.

Tidak ada salahnya untuk membuka komunikasi terlebih dahulu dengan pasangan Anda. Jangan ragu untuk melakukan aktivitas bersama seperti berlibur atau menonton film.

Perhatikan Waktu dan Kualitas Tidur

Kualitas tidur ternyata juga berpengaruh dalam meningkatkan libido. Tidur dalam waktu yang cukup, pastikan juga tidur berkualitas. Dengan begitu, energy serta suasana hati ketika menjalankan hubungan intim dapat lebih meningkat.

Menurut beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidur memiliki kaitan dengan tingkat libido. Tidur di malam hari dalam waktu yang cukup sangat baik untuk meningkatkan libido di hari selanjutnya. Hal ini terungkap lewat studi yang dilakukan pada tahun 2015.

Selain itu, perempuan juga dapat lebih bergairah untuk melakukan hubungan seksual ketika mereka dapat memiliki waktu yang cukup serta memiliki kualitas tidur yang baik. Sehingga memperhatikan waktu dan kualitas tidur menjadi salah satu cara dalam meningkatkan libido.

Konsumsi Berbagai Rempah

Mengkonsumsi rempah dapat menjadi cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan libido pasangan. Tak sedikit orang yang percaya bahwa mengkonsumsi minuman herbal serta rempah dapat meningkatkan libido. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dirilis pada tahun 2015. Dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa ternyata ada rempah yang memiliki fungsi untuk tujuan seksual.

Beberapa tanaman herbal yang dapat membantu meningkatkan libido diantaranya, ginseng, ginkgo, tribulus serta matcha. Namun sebaiknya tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi rempah tertentu.

Konsumsi Makanan-makanan Ini Juga, Yuk!

Selain mengkonsumsi tanaman herbal, beberapa makanan juga memiliki kegunaan untuk meningkatkan libido. Diantaranya, alpukat, buah ara, pisang menjadi jenis makanan yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah libido.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral serta vitamin yang terdapat pada kandungan makanan tersebut. Kandungan inilah yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kehidupan seks Anda dan pasangan. Hal ini bisa terjadi lantaran aliran darah ke bagian kelamin menjadi lebih meningkat.

Selain mengkonsumsi buah, makan lain seperti cokelat pun dapat membawa manfaat yang sama. Cokelat sendiri memang mampu membuat pelepasan serotonin serta phenylethylamine  ke dalam tubuh.

Efek yang dihasilkan, suasana menjadi membaik. Selain itu coklat juga memiliki efek psikologi yang dapat membantu hubungan seks menjadi lebih baik.

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok juga menjadi penyebab mengapa libido menjadi menurun dan kehidupan seks pun menjadi terganggu. Merokok sendiri memiliki dampak pada kardiovaskular. Padahal, jantung memiliki peran yang penting dalam hubungan seks, coba lah untuk berhenti merokok sementara waktu supaya masalah hubungan seksual Anda bisa teratasi.

Olahraga Teratur

Menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga secara teratur adalah hal yang baik untuk menjaga kualitas hubungan intim itu sendiri. Seks sendiri memang sering dianggap sebagai olahraga karena kemampuannya untuk membakar kalori.

Dalam studi yang dilakukan di tahun 2015 silam mengungkap jika olahraga yang dilakukan secara teratur ternyata mampu membuat libido menjadi terjaga. Pria yang rutin melakukan olahraga dapat terhindar dari masalah tingkat libido yang rendah.

Lakukan Foreplay

Kesalahan yang sering dilakukan pasangan ketika melakukan hubungan seks adalah melakukan penetrasi secara langsung tanpa adanya foreplay terlebih dahulu. Padahal ini begitu penting supaya libido pasangan dapat tetap menggebu.

Bagi wanita, foreplay sendiri sangat penting untuk dapat mencapai orgasme. Ada sekitar 18% wanita yang mengalami orgasme hanya dari melakukan hubungan seksual saja. Namun ada sekitar 33,6% wanita yang dapat mencapai orgasme karena adanya stimulus pada daerah klitoris. Bukan hanya perempuan, laki-laki pun dapat menyukai foreplay. Pastikan untuk saling berkomunikasi untuk melakukan foreplay ini.

Lakukan tips di atas agar kembali bergairah bersama pasangan ya. Selamat mencoba. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis