fbpx

Lactobacillus acidophilus

Okt 1, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf L | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Lactobacillus acidophilus merupakan jenis prebiotik yaitu bakteri baik yang hidup di dalam sistem pencernaan manusia. Ia mempunyai manfaat untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme berbahaya penyebab terjadinya diare (Baca juga Cara Mudah Mengobati Diare di Rumah). Selain itu Lactobacillus acidophilus juga hidup di area genital dan saluran kemih manusia tanpa menyebabkan manusia itu sakit.

Informasi

Selain digunakan untuk pengobatan maupun pencegahan diare, dapat pula digunakan dalam pengobatan kelainan dan infeksi kulit. Lactobacillus acidophilus dapat juga dipakai dalam mengatasi penyakit yang ada hubungannya dengan kolesterol. Lactobacillus acidophilus juga mempunyai peranan untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh manusia. Biasanya Lactobacillus acidophilus dapat dijumpai pada produk hasil fermentasi seperti yoghurt atau minuman susu fermentasi. 

Dosis

Dosis yang digunakan dalam penggunaan Lactobacillus acidophilus yaitu dengan satuan pembentuk koloni atau disebut juga colony forming units (CFU).Dosis tetap untuk Lactobacillus acidophilus memang belum ada, tapi dosis yang dianjurkan adalah 1-10 milyar CFU per hari dan dibagi dalam 3-4 kali jadwal konsumsinya. Bagi orang dewasa, diperbolehkan mengonsumsi suplemen ini satu hingga 15 (lima belas) juta colony forming units (CFUs) per hari untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh, jika Anda dalam keadaan tubuh yang sehat. Jika meminumnya dalam dosis yang sangat tinggi nantinya bisa menimbulkan masalah pada pencernaan. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang kurang (rendah) kemungkinan tidak bisa mencukupi kebutuhan tubuh.

Sebaiknya tanyakan pada dokter atau baca terlebih dahulu keterangan pada kemasan obat. Berikan jarak 2 (dua) hingga 3 (jam) bila diminum bersama dengan antibiotik.

Suplemen Lactobacillus acidophilus tersedia dalam beberapa bentuk, diantaranya :

  • Tablet salut selaput atau kapsul
  • Tablet kunyah
  • Serbuk atau granule
  • Produk susu fermentasi misalnya yoghurt atau susu acidophilus
  • Cair (berupa suppositoria vaginal) biasa dipakai dalam keperluan medis pada alat kelamin perempuan.

Setiap sediaan di atas mengandung 500 juta sampai 10 miliar kultur organisme bakteri Lactobacillus acidophilus.

Kontraindikasi

lactobacillus-acidophillus

Suplemen ini dapat berinteraksi jika diminum bersama dengan antibiotik, membuat efektivitas dari obat menjadi berkurang. 

Interaksi dengan Obat Lain

Jika diminum bersama dengan obat maag atau antacid maka obat maag tersebut harus diminum 30  – 60 menit sebelum mengonsumsi suplemen Lactobacillus acidophilus. Azulfidine akan berinteraksi dengan Lactobacillus acidophilus  jika diminum bersamaan, sehingga mengurangi efektivitas dari azulfidine. 

Jangan diminum bersamaan dengan golongan imunosupresan seperti tacrolimus, azathioprine, cyclosporine ataupun antineoplastik. Dapat meningkatkan pengaruh warfarin jika dikonsumsi secara bersamaan dengan Lactobacillus acidophilus. Lactobacillus acidophilus mampu menurunkan efektivitas penyerapan bawang yaitu bawang putih apabila dikonsumsinya secara bersamaan. Sebaiknya berikan jeda waktu minimal 3 (tiga) jam.

Kelompok Orang Yang Berisiko 

Anak yang usianya kurang dari tiga tahun, namun jika memang diperlukan harus di bawah pengawasan atau anjuran dokter.

  • Ibu menyusui
  • Penderita atau ada riwayat sindrom usus pendek atau short bowel syndrome
  • Alergi atau intoleran terhadap laktosa
  • Mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Mengalami diare sudah lebih dari dua hari
  • Memiliki penyakit gangguan perut
  • Mengalami infeksi vagina ataupun saluran kemih
  • Sedang dalam pengobatan dengan mengonsumsi obat kortikosteroid
  • Pasien post operasi transplantasi organ
  • Ketika sedang mengonsumsi suplemen lain atay sedang mengonsumsi obat herbal

Hal terpenting adalah jika setelah mengonsumsi suplemen Lactobacillus acidophilus ini Anda mengalami keluhan atau efek samping, atau mengalami over dosis, segera menghubungi dokter.

Efek Samping

Efek samping yang sering muncul setelah meminum suplemen ini diantaranya sakit perut, kembung, diare. Ada beberapa kondisi yang bisa terjadi yang harus segera mendapat pertolongan dokter diantaranya jika mengalami sesak napas, biduran, terjadi pembengkakan pada wajah, mulut, lidah atau tenggorokan. Dapat juga menimbulkan infeksi yang serius yaitu bacteremia yaitu orang yang menderita kelainan sistem imun tubuh.

Cara Konsumsi

Yang perlu diperhatikan saat meminum suplemen Lactobacillus acidophilus tentunya harus dengan anjuran dokter dan lebih baiknya  baca keterangan pada kemasan obat terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Bentuk dari suplemen ini tablet salut selaput. Jadi harus ditelan utuh, tidak boleh dikunyah atau pun dibelah.Boleh diminum sebelum makan ataupun sesudah makan, namun sangat disarankan meminumnya bersamaan dengan jus buah atau dengan susu.

Sedangkan untuk Lactobacillus acidophilus dalam bentuk serbuk (granule) dikonsumsi dengan cara langsung diminum, namun ada juga beberapa yang harus dicampur dengan air. Maka dari itu baca terlebih dahulu aturan pakai dalam kemasan dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pengobatan, suplemen Lactobacillus acidophilus harus dikonsumsi secara rutin. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa anjuran dari dokter. Apabila gejala tidak kunjung reda hendaknya segera menghubungi dokter.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis