L-treonin merupakan bentuk aktif dari threonine yang memiliki konfigurasi-L dan peran sebagai, mikronutrien, nutraceutical, metabolit saccharomyces cerevisiae, metabolit tumbuhan, metabolit Escherichia coli, metabolit manusia, metabolit alga, dan metabolit tikus.

Informasi

L-treonin dapat digunakan sebagai obat untuk perawatan berbagai penyakit dengan indikasi adanya kontraksi di tungkai bawah, pengerasan yang tidak normal dari jaringan tubuh, dan kekakuan progresif di kaki bagian bawah. Indikasi tersebut biasanya terjadi pada penyakit multiple sclerosis (MS), Familia Spastic Paraparesis (FSP),  dan amyotropic lateral sclerosis (ASL). Selain itu L-treonin juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan gangguan sistem saraf, kelenturan tulang belakang, depresi, skizofrenia (gangguan yang mempengaruhi seseorang dalam berpikir, merasakan, dan berperilaku), asma, alergi, efek samping radiasi, , alkoholisme, penyakit neuron motorik, dan kerusakan hati.

l-treonin
L-treonin merupakan bentuk aktif dari threonine yang memiliki konfigurasi-L dan peran salah satunya sebagai metabolit manusia.

Obat ini sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan, jauhkan dari pancaran panas matahari secara langsung, dan tidak diperkenankan untuk membekukan. L-treonin tergolong obat keras, sehingga, jauhkanlah dari jangkauan anak-anak. Untuk menghindari adanya kontaminasi dengan lingkungan, disarankan untuk tidak membuang obat ini di sembarang tempat, seperti di toilet dan memasukkan ke saluran air.

Dosis

Familia Spastic Paraparesis (FSP), dosis yang diperlukan untuk perawatan kelainan bawaan yang ditandai dengan kelemahan dan kekakuan pada kaki/tungkai bawah ini adalah sebanyak 1,5 gram – 2 gram, digunakan tiga kali sehari.

Multiple sclerosis (MS), dosis yang digunakan untuk perawatan progresif yang muncul akibat sistem imun yang keliru adalah sebanyak 2,5 gram, digunakan tiga kali sehari selama 8 minggu.

Amyotrophic lateral sclerosis (ALS), dosis untuk penyakit sistem saraf yang melemahkan otot-otot dan mempengaruhi fungsi fisik yakni sebanyak 2 gram – 4 gram dan digunakan setiap hari selama 12 bulan. Yang perlu dikhawatirkan, penggunaan L-treonin secara terus menerus dapat mengakibatkan terganggunya fungsi paru-paru penderita ALS.

Gangguan kontrol otot, dengan menggunakan 2 gram, tiga kali dalam sehari dapat membantu mengurangi kontraksi otot pada orang dengan kelenturan tulang belakang.

Dalam penentuan takaran penggunaan L-treonin harus tepat, tidak boleh kurang bahkan berlebihan. Penggunaan  melebihi dosis yang tertera pada resep atau kemasan tidak akan meredakan gejala penyakit, justru mengakibatkan keracunan yang berdampak buruk terhadap penderita.

Dalam pemberian dosis obat disesuaikan dengan usia dan kondisi penderita, jadi tidak disarankan untuk memberikan obat kepada sembarang orang, karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Sebelum mengkonsumsi obat ini hendaknya memberikan informasi lengkap kepada dokter atau tenaga medis lainnya. Karena dikhawatirkan jika penderita sedang mengkonsumsi suplemen, vitamin atau obat-obatan lain akan berpengaruh dan meningkatkan risiko efek samping.

Obat-obatan yang sebaiknya dihindari saat menggunakan L-treonin adalah amitriptyline (obat yang bermanfaat untuk mengatasi depresi), aspirin (obat yang digunakan untuk mencegah penggumpalan darah),  paroxetine (obat yang digunakan untuk mengobati depresi, serangan panik, gangguan obsesif-kompulsif, gangguan kecemasan, dan gangguan stres pasca trauma),  propoxyphene (obat penghambat potensial saluran natrium membran jantung), selegiline (obat yang digunakan untuk meredakan penyakit parkinson), vortioxetine (obat yang dimanfaatkan untuk mengobati depresi pada orang dewasa), naproxen (obat yang digunakan untuk meredakan rasa sakit, kram, dan penyakit radang), fluticasone nasal (obat yang digunakan untuk menyembuhkan polip, rhinitis alergi, dermatitis, dan asma), ubiquinone, dan acetaminophen (obat pereda demam dan nyeri).

Kelompok Orang Berisiko

Obat ini tidak diperkenankan dikonsumsi secara bebas,terutama pada ibu hamil dan menyusui. Harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu L-treonin akan berakibat buruk jika digunakan oleh seseorang yang mengalami kondisi hipersensitivitas, yaitu adanya reaksi berlebihan terhadap respon imun (merusak, dan menghasilkan ketidaknyamanan). Tidak disarankan pula untuk seseorang yang memiliki riwayat alergi, dan asidosis metabolik (suatu kondisi adanya penumpukan asam amino di dalam tubuh). Apabila seseorang hendak atau pasca melakukan operasi, sebaiknya  juga memberikan informasi tersebut kepada dokter atau ahli medis lainnya, agar tepat dalam penanganan.

Efek Samping

Efek yang dapat ditimbulkan dalam obat yang mengandung  L-treonin diantaranya rasa kantuk dan pusing. Jika mengalami gejala tersebut tidak aman untuk berkendara dan mengoperasikan alat berat. Selain gejala tersebut, ada efek lain yang mungkin dapat terjadi saat menggunakan obat L-treonin yaitu mual, sakit perut, hipotensi, dan ruam pada kulit. Jika gejala tersebut tidak kunjung hilang dan semakin serius, maka sebaiknya segera mengunjungi dokter terdekat. Seandainya tidak mengalami efek samping yang disebutkan di atas, penderita juga hendaknya berkonsultasi kepada dokter atau apoteker. Karena efek yang ditimbulkan sesuai dengan kondisi masing-masing tubuh seseorang.

Cara Konsumsi

Obat ini berbentuk bubuk kristal putih, tidak beraroma dan memiliki rasa agak manis. Adapun cara mengkonsumsinya yaitu dengan cara dilarutkan ke dalam infus. Obat ini termasuk obat keras sehingga dalam penggunaannya harus sesuai anjuran dari dokter atau aturan pakai yang tertera pada label kemasan obat.

Baca juga: 10 Daftar Makanan yang Mengandung Tinggi Serat

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?