fbpx

L-Lysine Monoacetate

Nov 6, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf L | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

L-Lysine Monoacetate tidak akan dijumpai dan dijual bebas di apotek. Karena nama zat ini bukanlah nama obat yang tertera di bungkus, selain itu dalam proses konsumsinya perlu mendapat pengawasan dokter dan diberikan sesuai dosisi yang tepat. 

Lysine Acetate, dikenal sebagai asam 2,6-Diaminohexanoic, adalah asam amino esensial yang berperan dalam ikatan hidrogen dan dapat digunakan sebagai basa dalam katalisis. Memiliki rumus kimia HO2CCH (NH2) (CH2) 4NH2. Tubuh manusia tidak dapat mensintesis jenis asam amino ini karena merupakan salah satu jenis esensial. L-Lisin bersifat basa, seperti halnya arginin dan histidin (Baca juga 5 Faktor Penyebab Munculnya Alergi yang Perlu Anda Waspadai).

Informasi

Garam L-Lysine Acetate diindikasikan untuk perawatan luka dingin, meningkatkan kinerja atletik dan kondisi lainnya. Lisin ini memiliki sinonim: L-2, 6-Diaminohexanoic Acid Acetate, L-Lysine Monoacetate, L-LYS AC, L-LYSINE AC, H-LYS-OH ACOH, LYSINE ACETATE, LYSINE ACETATE, USP, Lysine Monoacetate, L-LYSINE ACETATE USP, L-Lysine monoacetate, laevo-lysine acetate, dan L-LYSINE ACETATE SALT.

Dalam dunia farmasi, L- Lysine Monoacetate digunakan dalam perawatan, kontrol, pencegahan, & perbaikan penyakit, kondisi dan gejala luka dingin, dapat juga digunakan untuk meningkatkan kinerja atletik. Beberapa indikasi yang mungkin muncul sebagai pertanda terjadinya luka dingin diantaranya: perasaan geli, gatal, lecet, mengalir, pengerasan kulit, demam, gusi yang terkikis menyakitkan, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, atau pembengkakan kelenjar getah bening. 

l-lysine monoacetate
L-Lysine Monoacetate digunakan dalam perawatan, kontrol, pencegahan, perbaikan penyakit, serta meningkatkan kinerja atletik.

Luka dingin mungkin tidak menunjukkan gejala fisik dan masih ada pada pasien. Luka dingin paling umum disebabkan oleh: infeksi virus herpes simpleks, berbagi peralatan makan dengan orang yang terinfeksi, berbagi pisau cukur bekas, berbagi handuk personel, atau melakukan seks oral. 

 Obat ini dapat dijumpai di pasaran atau apotek terdekat dengan merk dagang: Aminoral, Prorenal, Lycalvit, lisovit, Keto-G, kolesteril, ferofort, Ferobion, Aminefron, dan Aminoral.

Dosis

Dosis harian sebagai suplemen untuk orang dewasa adalah sebanyak 500 – 1.000 mg. 

Sedangkan untuk dosis yang dianjurkan pada penderita herpes simplex adalah 3.000 – 9.000 mg sehari, dengan dosis yang dibagi. Dapat diminum tiga kali sehari dengan dosis 1000 mg setiap kali minum.

Penggunaan obat kimia dalam upaya penyembuhan ketika sakit bisa jadi lebih baik daripada penggunaan obat tradisional yang belum melalui uji klinis untuk membuktikan khasiat obat tersebut. Namun perlu dilakukan konsultasi langsung dengan dokter agar mendapat obat yang tepat dan dosis yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk pencegahan, dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 500 – 1.500 mg sehari. Sedangkan dosis lysine untuk anak-anak belum ada. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak.

Lysine tersedia dalam dosis kapsul oral: 500 mg dan 1000 mg.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan suplemen kalsium dengan lysine dapat berhubungan dengan peningkatan penyerapan dan penurunan eliminasi kalsium. Penggunaan suplementasi lysine dapat meningkatkan Toksisitas Aminoglycoside

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi. Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol bersama obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Hindari memakan jeruk bali merah (grapefruit) atau meminum jus jeruk bali merah saat menggunakan obat, termasuk ketika mengonsumsi L-Lysine Monoacetate kecuali diizinkan dokter.

Jeruk bali merah dan obat-obatan dapat meningkatkan risiko terjadinya interaksi. Perlu konsultasi lebih lanjut dengan adanya risiko ini. Adanya masalah kesehatan lain dalam tubuh dapat mempengaruhi penggunaan obat ini.

Kelompok Orang Berisiko

Pasien sebaiknya memberitahu dokter jika memiliki masalah kesehatan lain, khususnya: penyakit jantung dan kadar kolesterol tinggi. Penyakit jantung memiliki risiko lebih tinggi terhadap efek samping L-Lysine Monoacetate. Begitu pula orang dengan riwayat kadar kolesterol tinggi. Dokter akan mempertimbangkan dengan lebih baik penggunaan obat ini dan menakarnya dalam dosisi khusus jika memang diperlukan.

Efek Samping

Berikut adalah daftar efek samping yang memungkinkan yang dapat terjadi dalam obat-obat yang mengandung L-Lysine Monoacetate Ini bukanlah daftar yang komprehensif. Efek-efek samping ini memungkinkan, tetapi tidak selalu terjadi. Gejala yang mungkin terjadi pada satu orang belum tentu sama dengan yang terjadi pada orang lain. Beberapa efek samping ini tidak lazim tetapi serius. 

Jika terjadi gejala berikut, terutama jika efek samping tidak hilang maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter, efek samping tersebut: diare, mual, sakit perut, kadar gula darah turun, ruam kulit, kesulitan bernapas, pembengkakan di wajah, lidah, bibir, atau tenggorokan. Sebaiknya berhati-hati dengan pengobatan spontan tanpa pertimbangan klinis dari dokter atau petugas medis.

Daftar efek samping tersebut dapat juga tidak muncul sama sekali pada sebagian orang. Belum ada uji klinis yang membuktikan efek samping penggunaan obat ini yang muncul di saat atau kondisi tertentu.

Cara Konsumsi

Obat ini dapat diminum dengan atau tanpa bantuan makanan. Pada sebagian orang mengonsumsi obat membutuhkan makanan seperti pisang matang untuk dimakan bersama obat. Sebagian yang lain cukup dibantu dengan air.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis