fbpx

Fructo Oligosaccharide Prebiotic

Nov 6, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Fructo oligosaccharide prebiotic atau disebut juga FOS dalam kesehariannya adalah sejenis karbohidrat yang terdapat di beberapa tanaman alami. Misalnya saja tanaman pisang, bawang dan artichoke.

Fructo oligosaccharide prebiotic disebut juga oligo fructose atau oligo fructan, yang merupakan fruktan oligosaccharide, yang umum digunakan untuk pemanis alternatif atau buatan. 

Prebiotik disini adalah bahan pangan yang tidak dapat dicerna oleh saluran pencernaan, namun keberadaannya bermanfaat bagi tubuh karena prebiotik merupakan makanan untuk bakteri baik di usus dan menjaga keseimbangan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus yaitu usus besar. Dengan adanya mereka, mikroorganisme berbahaya penyebab diare dapat dihentikan pertumbuhannya.

Fructo oligosaccharide prebiotic merupakan senyawa prebiotik yang diperoleh dengan cara menambahkan air pada bahan kimia atau menghidrolisis inulin.

Jadi frukto oligosakarida prebiotik disini adalah penambahan pemanis pada produk pangan yang mana tujuannya untuk meningkatkan kandungan dari serat dan memperlancar proses pencernaan.

Informasi

FOS ini tingkat kemanisannya antara 30 (tiga puluh) dan 50 (lima puluh) persen gula. Biasanya dalam bentuk cair (sirup) siap jual atau siap pakai. Ia digunakan sebagai pengganti sukrosa karena rendah kalori, biasa ditambahkan dalam produk susu, permen, kue, roti, makanan bayi, cookies serta beberapa minuman. 

Berkembangnya zaman membuat masyarakat menjadi sadar akan kebutuhan makanan sehat, maka dari itu berbagai metode mulai dikembangkan, contoh konkretnya adalah minuman yang ditambahkan probiotik L.casei strain Shirota, terbukti memberikan efek positif kesehatan yaitu meningkatkan daya efektivitas Natural Killer pada manusia sehingga meningkatkan sistem imun pada manusia.

fructo oligosaccharide prebiotic
Fructo oligosaccharide prebiotic disebut juga oligo fructose yang merupakan fruktan oligosaccharide, yang digunakan untuk pemanis buatan.

Selain manfaat di atas dengan mengonsumsi prebiotik akan mendapatkan manfaat lain, yaitu menghambat patogen sehingga membantu proses pertumbuhan probiotic yaitu bakteri baik dalam tubuh, dapat membantu mencegah kanker usus, meningkatkan daya serap kalsium sehingga tubuh juga akan lebih sehat.

Prebiotik ini aman dikonsumsi semua golongan, asalkan dalam kondisi sehat. Namun bagi ibu hamil sebaiknya pada usia kehamilan di atas tujuh bulan, sedang untuk bayi minimal umur enam bulan, namun lebih baiknya ketika umur satu tahun. 

Dosis

Dosis pemberian atau konsumsi dari FOS ini untuk standarnya belum ada, karena jumlah kebutuhan yang berbeda-beda tergantung kebiasaan penduduk di setiap negara. Namun untuk mendapatkan efek prebiotic, orang dewasa dapat mengonsumsinya 5 – 8 g/ hari dari fruktosa oligosakarida (FOS).

Namun ada juga negara yang memberikan aturan FOS dalam makanan sebesar minimal 3 gram prebiotik pada per penyajian yaitu di Afrika Selatan. Ada juga yang menuliskan bahwasanya jumlah prebiotik yang efektif untuk anak-anak adalah 1 – 3 g/hari sedangkan untuk dewasa adalah 5 – 15 g/hari. 

Dalam percobaan klinis yang pernah diuji coba adalah kisaran  3 – 20 gram/hari untuk dewasa dan 0.4 – 3 g/hari untuk balita. Itu adalah dosis amannya, sesuai dengan yang terkandung alami pada buah dan sayuran.

Sedangkan untuk mendapatkan efek bifidogenic minimal 4 – 10 gram/hari.

Kontraindikasi

Kelompok orang yang berisiko terhadap konsumsi FOS di antaranya adalah orang yang mempunyai gangguan sistem pencernaan misalnya IBS atau irritable bowel syndrome, orang yang mengalami kegemukan atau obesitas, orang memiliki masalah atau gangguan pada gigi, orang yang mempunyai penyakit diabetes atau gula, orang yang tekanan darahnya tinggi, orang yang berpenyakit jantung, orang yang mempunyai penyakit degeneratif. Mereka diharapkan berhati-hati dalam mengonsumsi FOS.

Dalam menggunakan atau mengonsumsi prebiotik tidak memiliki interaksi dengan suplemen atau obat lainnya. Namun jika diberikan dengan antibiotik dianjurkan untuk memberikan jeda waktu yaitu sekitar satu hingga dua jam.

Efek Samping

Efek sensitif saat memakan makanan yang mempunyai kandungan FOS ini misalnya pusing, rasa ingin muntah, mual, kram, kembung, radang tenggorokan yang menyebabkan gatal di tenggorokan dan serak, batuk, reaksi lainnya adalah gatal-gatal. Biasanya dengan berhenti mengonsumsinya rasa tersebut juga akan hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak membaik harus segera periksa pada dokter.

Konsumsi jumlah yang berlebihan yaitu lebih dari 20 g/hari yang dikonsumsi dikhawatirkan berefek laksatif proses pengeluaran di sistem pencernaan dan membuat sisa pencernaan menjadi lebih lunak (diare) dan keracunan. Reaksi yang lebih fatal karena alergi FOS adalah syok anafilaksis.

Cara Konsumsi

Untuk mengonsumsi FOS prebiotik ini tidak bisa secara langsung biasanya dicampurkan dalam pangan lain, jika dicampurkan dalam minuman, kita tinggal meminumnya sesuai sajian, biasanya dalam kemasan botol atau kotak kedap udara yang steril. Jika dalam sediaan makanan kita tinggal memakannya sesuai anjuran pada kemasan, biasanya pada setiap label kemasan terdapat jumlah FOS-nya, baik per pcs nya atau nilai keseluruhan isi. Ada baiknya wajib membaca label informasi pada kemasan agar terhindar dari sesuatu hal berlebihan dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Ada juga dalam bentuk sediaan kapsul atau tablet, biasanya sudah tertera cara mengonsumsinya berapa takaran yang boleh diminum dalam sehari. Namun untuk pemberian pada balita harus tetap atas rekomendasi dokter. Dapat juga didapatkan dari makanan alami langsung seperti buah dan sayuran, itu terbukti lebih aman.

Baca juga: 10 Daftar Makanan yang Mengandung Tinggi Serat

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis