fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf HKontrol Tekanan Darah saat Liburan dengan 4 Jenis Olahraga Ini

Menjelang akhir tahun, saatnya menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Namun, tetap waspada akan penyakit yang mengintai saat liburan. Pola hidup yang berubah secara tiba-tiba dapat berdampak pada kesehatan Anda. Terutama bagi Anda penderita hipertensi, perlu untuk berhati-hati pada periode ini agar tekanan darah tidak naik.

Tekanan darah tinggi, atau juga disebut hipertensi, berbahaya karena membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah keluar ke tubuh dan berkontribusi pada pengerasan arteri, atau aterosklerosis, hingga stroke, penyakit ginjal, dan gagal jantung.

Sejauh ini, penyebab pasti dari tekanan darah tinggi belum diketahui. Hipertensi jenis ini disebut juga hipertensi primer (esensial), cenderung berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun. Diyakini beberapa faktor seperti merokok, obesitas, dan genetik berperan dalam jenis hipertensi ini.

Namun, ada beberapa orang memiliki tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kondisi khusus. Jenis tekanan darah tinggi ini, yang disebut hipertensi sekunder, cenderung muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah lebih tinggi daripada hipertensi primer.

Salah satu cara untuk menjaga tekanan darah tetap normal adalah dengan melakukan olahraga rutin. Namun, jenis olahraga yang dilakukan juga berperan penting untuk mendapat hasil yang efektif. Jenis olahraga untuk tekanan darah tinggi apa saja yang bisa dilakukan saat liburan? 

Yuk, simak 4 jenis olahraga untuk tekanan darah tinggi berikut ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Jalan kaki 

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau kelebihan berat badan, jalan kaki dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tekanan darah ditemukan menurun secara signifikan tepat setelah Anda berolahraga. Hal ini dikarenakan olahraga dapat menurunkan tekanan darah dengan mengurangi kekakuan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih mudah. 

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di Korea yang menunjukkan bahwa berjalan kaki hanya 40 menit sehari dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Anda juga dapat memecah periode olahraga menjadi 10 menit sebanyak 2-3 kali sehari jika tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Saat liburan, Anda dapat lakukan jalan kaki jika destinasi yang ditempuh cukup dekat. Selain menjaga tekanan darah, Anda juga berkontribusi dalam pengurangan gas emisi karena lebih ramah lingkungan.

2. Mendaki

Kekuatan otot yang dibutuhkan untuk mendaki jalan di tanjakan, bukit, atau gunung dapat membantu Anda mencapai tingkat kebugaran yang lebih baik. Aktivitas fisik seperti hiking dapat menurunkan tekanan darah hingga 10 poin.

Selain berolahraga, Anda juga dapat menyegarkan pikiran dengan pemandangan alam yang indah. Mendaki bersama anggota keluarga atau teman dekat dapat menjadi kegiatan liburan yang menyenangkan dan menyehatkan.

3. Bersepeda

Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala, dan hanya sebagian penderita yang dapat mengontrol penyakit ini. Kebanyakan, para penderita tidak mengetahui bahwa mereka menderita hipertensi hingga mengalami serangan jantung atau stroke. Itu sebabnya dokter menyebut tekanan darah tinggi sebagai penyakit yang membunuh secara diam-diam atau silent killer

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain berjalan kaki dan mendaki, bersepeda di pagi hari 10-15 menit untuk olahraga ringan juga dapat menjadi olahraga untuk hipertensi yang mudah dilakukan saat liburan. Sebab, selain baik untuk paru-paru, persendian, otot, dan pembuluh darah, penelitian menyarankan menggunakan sepeda untuk olahraga sedang dan konsisten dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Berenang

Penelitian yang ada menunjukkan bahwa olahraga renang yang dilakukan secara rutin sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Hal ini dapat dicapai dengan intensitas (ringan hingga sedang) dan frekuensi (tiga kali seminggu) renang yang dapat dilakukan oleh kebanyakan orang dewasa. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Besarnya penurunan tekanan darah dengan olahraga renang sama dengan olahraga jogging dan bersepeda. Bahkan satu kali latihan di kolam renang dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Tidak hanya itu, berenang juga dapat menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. 

Itulah jenis olahraga untuk tekanan darah tinggi yang dapat dilakukan saat liburan. Selain jadi lebih sehat, kegiatan olahraga di atas juga dapat jadi alternatif kegiatan bersama keluarga. Anda juga dapat berkonsultasi gratis dengan dokter Lifepack terlebih dahulu untuk mendapatkan saran olahraga yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Namun, jika tekanan darah sudah terlanjur naik, Anda dapat mengonsumsi obat hipertensi seperti Dopamet 250 mg (Rp260.000) yang dapat ditebus dengan resep dokter di Lifepack. Anda juga dapat tebus obat hipertensi lainnya tanpa antri di apotek online Lifepack.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai hipertensi? Unduh aplikasi Lifepack. Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Berbagai makanan dapat menjadi pemicu hipertensi saat perayaan tahun baru

5 Makanan Pemicu Hipertensi Saat Tahun Baru

5 Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

direktoriPenyakit   30/11/2021

Happy Hypoxia: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   19/11/2021

Penyakit Heat Stroke: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi

syok-hivopolemik

Syok Hipovolemik: Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman