fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf KKolesterol Naik Saat Liburan? Ini 5 Obat Penurun Kolesterol yang Perlu Kamu Tahu

Menjelang akhir tahun, saatnya menikmati liburan dan bersenang-senang bersama keluarga. Sayangnya, seringkali pola makan menjadi tidak sehat saat di masa liburan ini. Berkedok wisata kuliner, jangan sampai Anda menjadi lengah terhadap kandungan kolesterol dalam makanan lezat yang dikonsumsi.

obat-penurun-kolesterol

Kolesterol jahat (LDL) biasa timbul karena pola makan tinggi lemak dan jarang berolahraga. Terutama saat liburan, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat membuat kadar kolesterol naik dan  mengganggu waktu berkualitas Anda dengan keluarga. 

Oleh karena itu, selalu siap sedia obat untuk kolesterol sebagai antisipasi keadaan terburuk. Simak obat penurun kolesterol yang perlu Anda tahu berikut ini.

1. Statin

Statin merupakan obat penurun kolesterol yang paling sering diresepkan oleh dokter. Bekerja dengan menurunkan produksi kolesterol di hati, obat jenis ini membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari pembuluh darah. 

Sementara statin sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL, obat ini hanya sedikit meningkatkan kadar kolesterol HDL. Obat kolesterol simvastatin adalah salah satu dari obat yang mengandung statin. Selain itu, masih ada obat lainnya seperti atorvastatin dan rosuvastatin Calcium. 

Salah satu obat kolesterol simvastatin adalah Cholestat 10 mg (Rp362.100) yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah penyakit kardiovaskular. Obat ini masuk ke dalam golongan HMG-CoA reductase inhibitor yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan kolesterol.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Resin Pengikat Asam Empedu

Tubuh menggunakan kolesterol untuk membuat empedu, yang digunakan dalam proses pencernaan. Seperti namanya, kelas obat ini mengikat empedu. Kandungan ini mencegah empedu diserap selama pencernaan dan membantu tubuh membuang kolesterol LDL. 

Semakin banyak empedu yang dihasilkan, semakin banyak kolesterol yang digunakan tubuh. Inilah yang bantu turunkan jumlah kolesterol dalam aliran darah Anda. Karena merupakan obat kolesterol tinggi, Anda hanya dapat mengonsumsi obat jenis ini dengan resep dokter.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Fibrat

Obat dengan kandungan fibrat dapat bantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar lemak baik HDL (High Density Lipoprotein). Fibrat bekerja dengan cara mengaktifkan lipase lipoprotein sehingga terjadi peningkatan katabolisme kolesterol dan meningkatkan HDL.

Contoh obat yang mengandung fibrat adalah clofibrate, gemfibrozil, fenofibrat. Namun, penggunaan fibrat tidak disarankan pada orang dengan masalah ginjal, penyakit kandung empedu, atau penyakit hati. Anda bisa mendapatkan Evothyl 100 mg (Rp198.500) dengan resep dokter di Lifepack.

4. Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak ini dapat meningkatkan kesehatan kulit, serta kondisi kulit tertentu, seperti eksim dan jerawat.

Selain meningkatkan kesehatan kulit, asam lemak omega-3 diketahui dapat mengurangi kadar trigliserida darah secara signifikan. Sehingga, selain kulit yang lebih sehat, Anda dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah sekaligus hanya dengan satu suplemen. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda dapat temukan minyak ikan dalam makanan sehat seperti tuna dan ikan segar lainnya, ataupun suplemen minyak ikan seperti Blackmores Evening Primrose Oil & Fish Oil (Rp347.998). Blackmores Evening Primrose adalah suplemen dengan kombinasi yang tepat untuk dukung kesehatan kulit, tulang, rambut dan membantu menurunkan kolesterol. 

5. Asam Nikotinat (Niacin)

Asam nikotinat merupakan vitamin B yang digunakan oleh tubuh Anda untuk mengubah makanan menjadi energi. Asam nikotinat juga meningkatkan kolesterol HDL dan dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dengan menghambat sintesisnya, oleh karena itu dapat digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit kolesterol 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Biasanya, asam nikotinat disarankan untuk digunakan bersama dengan statin apabila statin tunggal tidak cukup untuk mengendalikan dislipidemia (kolesterol LDL meningkat, triglyceridemia, dan kolesterol HDL rendah). 

Asam nikotinat juga dapat digunakan sebagai pengobatan tunggal apabila pasien tidak dapat mentoleransi statin. Namun, jangan mengkonsumsi niacin tanpa mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu karena niacin dapat menyebabkan efek samping yang serius jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Itulah beberapa rekomendasi obat rutin kolesterol yang dapat Anda siapkan untuk antisipasi kolesterol naik saat berlibur. Walaupun sulit untuk menahan diri untuk mengonsumsi makanan enak, tetaplah jaga pola makan untuk tubuh yang lebih sehat. 

Tebus Obat Lebih Mudah dengan Lifepack

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat kolesterol di atas. Anda dapat melakukan konsultasi gratis dengan tim dokter di Lifepack dan tebus obat kolesterol dengan mudah dari rumah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan tebus obat di Lifepack, Anda mendapatkan jaminan obat asli dengan harga terjangkau bebas antri. Unduh aplikasi Lifepack di Google Play Store maupun App Store sekarang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

5 Penyebab Kolesterol Naik Drastis Saat Liburan

cara-mencegah-kolesterol-naik-saat-natal

Cegah Kolesterol Naik Saat Natal dengan 4 Langkah Ini

Rayakan Natal, Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kolesterol Naik

kardiomegali

Penyakit Kardiomegali: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi

Jenis-Jenis Penyakit Kronis

Jenis-Jenis Penyakit Kronis: Gejala dan Pengobatannya

direktoriPenyakit   08/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman